Artikel Terbaru

Packing Ke Inggris? Jangan Lupa Tiga Hal Ini Ya!

Kuliah atau bersekolah di luar negeri adalah impian banyak orang. Salah satu negara yang banyak orang ingin jadikan sebagai tempat belajar adalah Inggris. Namun sering kali persiapan keberangkatan membuat kita stres. Apalagi kalau bukan masalah mengepak barang. Sering kali kita merasa bingung dengan barang bawaan yang akan kita siapkan. Bahkan tidak sedikit yang merasa tidak tahu apa yang harus dibawa atau ditinggalkan. Eits, tapi jangan buru-buru sedih begitu. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips buat kamu yang akan segera tinggal di Black Country ini.


Yang wajib kamu bawa

1. Baju yang sesuai – Sebelum melakukan perjalanan apapun, lebih baik kamu periksa dulu bagaimana musim di tempat yang akan kamu tuju. Buat kamu yang tujuan ke Inggris sebagai mahasiswa atau pelajar, kamu harus tahu kapan perkuliahanmu akan dimulai dan seperti apa musimnya ketika itu. Pada umumnya perkuliahan di Inggris akan dimulai di bulan September yang merupakan musim gugur atau bisa jadi musim salju. Jadi bawalah baju yang sesuai seperti jaket, sepatu boot, dan juga payung. Itu semua akan kamu butuhkan karena pada bulan September, di Inggris cenderung bercurah hujan tinggi. Selain itu kamu juga perlu menyediakan baju T-shirt alias kaos, karena terkadang cuaca di bulan September bisa berubah menjadi cerah. Cuaca di Inggris bisa dibilang sulit untuk diprediksi, oleh karena itu mayoritas warga Inggris gemar memakai jeans, yang cocok untuk dipakai di segala musim.

2. Dokumen Perjalanan – Kalau yang satu ini sudah pasti dong ya! Dokumen perjalananmu harus disiapkan dengan lengkap dan cermat, jangan sampai ada yang tertinggal. Termasuk paspor, visa, surat penerimaan dari universitas dan dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan. Pastikan juga kamu sudah mencari informasi lengkap mengenai apa saja yang harus ditunjukkan pada pihak Imigrasi Inggris. Jangan sampai kamu kena masalah karena urusan dokumen perjalanan yang tidak lengkap. Sebagai satu tips, bawalah dokumen-dokumen tersebut dalam tas bawaan dan bukan dalam bagasi. Hal ini agar kamu lebih mudah mengambil dan mengeceknya. Apalagi, kamu baru bisa mengambil bagasi setelah melewati imigrasi. Satu hal lagi, Imigrasi Inggris terkenal sangat ketat, jadi tanpa dokumen yang tepat kamu bisa saja dideportasi. Untuk itu, sebelum keberangkatan persiapkanlah segala dokumen perjalanan kamu dengan teliti dan lengkap.

3. Gadget – Kayaknya sih kalau jaman sekarang, hal ini nyaris gak perlu diingetin lagi ya! Yap, laptop sama telepon selularmu perlu banget kamu bawa. Kamu akan memerlukannya pada masa kuliahmu misalnya untuk menyelesaikan tugas, mengunduh materi pelajaran, atau bahkan untuk berkomunikasi dengan keluarga tercinta di tanah air. Nah, buat keamanan barang bawaan yang satu ini, jangan simpan di bagasi ya... Bawalah di dalam tas bawaan atau ransel kamu.



4. Poundsterling (GBP) – Namanya saja pergi ke negeri orang, tentu kita harus mempersiapkan mata uang negara tersebut. Akan lebih baik jika kamu menukarkan mata uang tersebut di tanah air. Selain praktis, hal ini buat berjaga-jaga kalau kamu tidak bisa segera menemukan money changer ketika sampai di Inggris. Bawalah GBP (sekitar £200) untuk berjaga-jaga jika transferan telat atau kamu tidak sempat ke bank di Inggris untuk menarik uang. Jadi bawalah uang tunai yang cukup untuk mencukupi kebutuhanmu dalam beberapa hari (misalnya makan, transportasi, keperluan sehari-hari dan lain-lain) sampai kamu bisa mengakses bank.

Yang tidak perlu dibawa

1. Buku dan peralatan tulis – Di Inggris, umumnya tempat tinggal tidak luas. Jadi hindarilah membawa barang yang akan memenuhi ruang hidup kamu. Lagipula buku dan peralatan tulis bisa kamu beli di toko-toko terdekat.

2. Peralatan masak dan peralatan mandi – Hal ini juga sangat perlu kamu perhatikan. Apalagi kamu mungkin akan tinggal di akomodasi dengan fasilitas dapur dan kamar mandi komunal (berbagi dengan orang lain), jadi tidak perlu membawa peralatanmu sendiri.

3. Pigura foto dan foto album – Pigura dan foto album sangat memakan tempat di bagasimu. Daripada menyimpan pigura atau album, akan lebih praktis jika kamu menyimpannya dalam bentuk soft copy di dalam laptop atau gadget lainnya.

Tips Penting Packing ke Inggris

1. Selalu ingat bahwa ada batas berat maksimal untuk bagasi bawaanmu. Tenang, jangan keburu panik! Biasanya informasi ini sudah tertera di tiket pesawat kok! Kamu cuma perlu menimbang bagasimu sebelumnya dan memastikan tidak melebihi batas. Jangan sampai kamu harus membayar lebih hanya untuk kelebihan bagasi atau terpaksa membongkar dan meninggalkan beberapa barang.

2. Penerbangan ke Inggris tidak mengijinkan penumpang untuk membawa barang tajam dan benda cair. Untuk hal ini, sebaiknya kamu mencari informasi melalui agen perjalanan atau internet mengenai daftar barang apa saja yang tidak diboleh dibawa ke dalam pesawat.

3. Steker listrik di tiap negara sering kali berbeda, termasuk juga Inggris. Jadi kamu juga perlu mempersiapkan steker/adaptor yang bisa digunakan di Inggris ya.

Sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top