Artikel Terbaru

Pengajuan Visa Pelajar? Siapkan Hal-hal Berikut Ini!

Mendapatkan kabar kita telah di terima di sebuah universitas maupun beasiswa tentu hal yang sangat menggembirakan. Tapi jangan kelewat seneng dulu ya! Soalnya, ada beberapa hal lagi yang perlu kamu siapkan untuk bisa kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah visa. Yap, surat yang menyangkut masalah imigrasi ini adalah bagian paling penting agar kamu bisa tinggal dan belajar di luar negeri. Visa juga diperlukan untuk memastikan kamu akan diijinkan untuk masuk ke negara destinasi kuliahmu.


Proses mendapatkan visa tidak semuanya sama. Hal ini bergantung pada negara destinasi kuliahmu. Selain itu, visa pelajar bisa saja berbeda-beda berdasarkan durasi kuliah, umur, apakah kamu membawa keluarga bersamamu, dan faktor-faktor lainnya. Mungkin semua itu terdengar rumit dan asing buat kamu. Tapi jangan khawatir! Karena biasanya pihak Universitas akan membantumu untuk mengajukan permohonan visa pelajar.

Tapi sebelum mengajukan visa pelajar, ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan. Apa saja sih itu? Hal yang pertama diperlukan untuk membuat pengajuan visa adalah surat konfirmasi penerimaan dari universitas. Selanjutnya kamu hanya perlu mengisi formulir yang ditentukan, dan melampirkan dokumen-dokumen yang diminta. Umumnya, dokumen yang dilampirkan dalam formulir tersebut sebagai berikut.
1. Paspor yang masih berlaku
2. Akte lahir
3. Pasfoto ukuran paspor
4. Bukti bahwa kamu bisa melunasi biaya kuliah (misalnya surat pernyataan bank, atau Anda memiliki beasiswa, atau ada pihak lain yang bisa menanggung)


Setelah proses pengajuan visa pelajar, selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu visa tersebut keluar. Tapi perlu kamu ingat ya, proses pengajuan visa pelajar umumnya memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu sebaiknya kamu memulai pendaftaran ke universitas sesegera mungkin supaya kamu punya waktu yang cukup untuk mengurus visa pelajar tersebut. Pastinya kamu gak mau dong ya kehilangan kesempatan untuk menghadiri permulaan kuliah? Terutama kehilangan acara orientasi di mana kamu akan diperkenalkan dengan para staf dan dosen, mengenal teman-teman baru, dan juga mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal dan peraturan-peraturan yang perlu diketahui selama menjalani perkuliahan di kampus.  

Sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top