Artikel Terbaru

Pilihan Akomodasi yang Bisa Kamu Pilih Waktu Kuliah di Irlandia!

Irlandia adalah salah satu negara paling berpendidikan di Eropa. Tidak heran banyak sekali pelajar internasional yang menjadikan negara ini salah satu destinasi kuliahnya. Dengan banyaknya pelajar internasional disana, mencari akomodasi harus dimulai sedari awal. Bahkan sebaiknya kamu segera sesudah menerima surat penawaran tempat dari universitas. Mungkin kalau langsung mencari akomodasi kamu akan bingung, untuk itu berikut ini kami akan memberikan sedikit penjelasan dan kisaran harga mengenai jenis akomodasi di Irlandia. Sebagai catatan, €1 = £0.83 = US$1.39.

Akomodasi Dalam Kampus

Untuk kamu ketahui, semua universitas di Irlandia memiliki asrama. Namun sayangnya, permintaan untuk asrama kampus ini sangat tinggi. Inilh yang kemudian menjadikan harganya cukup mahal. Biaya kamar asrama ini berkisar antara €500-€600 (US$693-US$832) per bulan. Selain itu, untuk bisa meggunakan asrama kampus ini kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Jarak antara pendaftaran hingga penggunaan asramanya pun terhitung lama. Pendaftaran untuk asrama kampus telah dimulai pada bulan April untuk semester pertama yang dimulai di bulan September pada tahun yang sama.

Mahalnya asrama kampus di Irlandia juga bisa kamu lihat dari contoh berikut. Biaya sewa akomodasi untuk satu semester pada tahun 2013-2014 di Trinity College Dublin adalah €4,901 (US$6794). Biaya tersebut sudah termasuk biaya asuransi, listrik, air dan lain-lain. Biasanya asrama menyediakan fasilitas bersama seperti dapur yang digunakan bersama dengan 4 hingga 8 orang. Umumnya, biaya sewa dibayarkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan September dan Febuari.

Kalau kamu agak keberatan untuk menggunakan asrama kampus, kamu bisa meminta bantuan pada Student Unions (Serikat Mahasiswa). Kebanyakan Student Unions (Serikat Mahasiswa) juga mengelola layanan akomodasi. Biasanya mereka bisa membantu kamu untuk menemukan akomodasi luar kampus. Beberapa universitas seperti University College Dublin bahkan juga memberikan subsidi akomodasi untuk keadaan tertentu. Untuk itu, bagi kamu yang akan kuliah di Irlandia disarankan untuk menghubungi universitas mengenai detail akomodasi.


Akomodasi Luar Kampus

Seperti yang telah dijelaskan si atas, kebanyakan universitas menyediakan bantuan bagi mahasiswanya untuk mencari akomodasi di luar kampus. Misalnya University College Cork, mereka memberikan panduan dan bantuan bagi mahasiswa internasional untuk mencari akomodasi luar kampus sebelum mereka tiba di Irlandia.

Selain meminta bantuan dari pihak universitas, kamu juga bisa meminta bantuan agen properti untuk mencari akomodasi. Umumnya, biaya sewa untuk kamar satu orang di luar kampus berkisar antara €130-€140 (US$180-US$194) per minggu, ditambah dengan €20 (US$28) per minggu untuk biaya listrik, air, dan lain-lain. Sedangkan untuk kamar berdua, biaya sewa berkisar antara €110 (US$152) per orang per minggu termasuk fasilitas. Di Irlandia, kamu akan diminta membayarkan deposit sebesar €600 (US$832) sebelum menempati akomodasi. Deposit ini akan dikembalikan pada saat masa sewamu berakhir, jika tidak ditemukan kerusakan di akomodasi tersebut.

Jika kamu merasa segan untuk meminta bantuan universitas maupun agen properti, kamu juga bisa mencari akomodasi secara online. Beberapa situs yang bisa kamu kunjung di antaranya Daft.ie, AccomodationForStudents.com, dan Dublin Student Rooms.

Homestay

Homestay sering menjadi pilihan bagi para mahasiswa internasional. Salah satu alasannya adalah agar mereka bisa melihat dan mengenal kebudayaan Irlandia secara langsung. Biaya per bulan untuk homestay adalah sekitar € 125- € 150 (US$ 173- US$ 208) per bulan. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan akomodasi yang satu ini, kamu bisa mencari keluarga yang menawarkan homestays di situs-situs akomodasi mahasiswa. Biasanya mereka memasang iklan di situs-situs akomodasi mahasiswa tersebut.


Menyewa Properti Swasta

Salah satu akomodai yang bisa kamu pilih di Irlandia adalah properti milik swasta. Untuk menyewa properti swasta ini kamu bisa meminta bantuan agen properti. Di Irlandia banyak agen properti yang dapat membantu mahasiswa internasional untuk mencari akomodasi. Namun untuk memilih agen properti yang bik, pastikan agen properti yang kamu gunakan memiliki ijin resmi.

Untuk kontrak minimal dari properti swasta ini biasanya berkisar antara 9 hingga 12 bulan. Kalau kamu sudah mau pindah dari properti tersebut, kamu diharuskan untuk memberitahukannya kepada pemilik properti satu bulan sebelumnya. Biaya sewanya sendiri bervariasi. Biaya sewa akomodasi di Dublin, misalnya, berkisar antara €389 (US$ 539) per bulan untuk kamar seorang. Jika kamar dua orang atau lebih, biaya sewa berkisar antara €300 (US$ 416) seorang. Untuk akomodasi yang lebih mewah, biaya sewa bisa mencapai to €700 (US$970) per bulan. Pada umumnya, biaya sewa ini untuk kamar berukuran kecil di apartemen adalah sekitar €140 (US$194) per bulan, termasuk fasilitas.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top