Artikel Terbaru

Ini Tips Jitu Daftar Beasiswa dan Dermasiswa yang Bisa Kamu Coba!

Sering kali, keinginan kita untuk berkuliah ke luar negeri menjadi sekedar niat saja. Salah satu faktornya adalah keterbatasan dana untuk menempuh pendidikan tersebut. Namun sebenarnya jika kita jeli mengamati, banyak sekali lho cara-cara untuk mendanai kuliah kita di luar negeri. Misalnya saja dengan mendaftar program beasiswa atau dermasiswa.



Tapi buat bisa lolos program beasiswa ataupun dermasiswa, apa saja sih yang perlu kita siapkan? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mulai mencari beasiswa dan dermasiswa.


1. Cari tahu mengenai beasiswa dan dermasiswa apa saja yang tersedia


Kalau kamu jeli, di luar sana ada banyak sekali kesempatan beasiswa yang ditawarkan. Kamu bisa mulai dengan mencari beasiswa yang secara spesifik merujuk pada jurusan, universitas, atau negara yang ingin kamu tuju. Carilah beasiswa tau dermasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan persyaratannya paling mudah kamu penuhi. Untuk mengetahui semua informasi beasiswa atau dermasiswa, kamu bisa mencarinya ke universitas atau organisasi/badan tertentu.

2. Mulailah pencarian informasi beasiswa atau dermasiswa sedini mungkin

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih kita harus mencari informasi tentang beasiswa atau dermasiswa itu sedini mungkin? Sebenarnya hal ini untuk menggumpulkan persyaratan yang perlu diajukan untuk beasiswa atau dermasiswa tersebut. Biasanya beasiswa dan dermasiswa menetapkan beberapa persyaratan tertentu seperti ujian bahasa atau tes masuk tertentu, di mana kamu perlu menyiapkan diri sebelumnya. Semakin awal kamu memperoleh informasi ini, semakin banyak waktu kamu untuk mempersiapkan diri bukan?


3. Perkirakan biaya hidupmu di sana nanti

Umumnya, saat kita mendaftar sebuah beasiswa atau dermasiswa, kita akan diminta untuk mengisi formulir mengenai kisaran biaya yang kita butuhkan. Kalau kamu masih bingung dengan cara mengisi perkiraan biaya hidup ini, kamu bisa mencari informasi dari blog-blog mahasiswa, katalog universitas, dan sumber terkait lainnya. Hal ini akan sangat membantu untuk kamu memperkirakan semua kebutuhanmu ketika berkuliah di luar negeri.

4. Menulis personal statement

Selain diminta mengisi perkiraan biaya hidup, biasanya kita juga akan diminta untuk menulis personal statement (pernyataan pribadi) untuk disertakan dengan formulir pendaftaran. Di dalam personal statement tersebut kita perlu memberikan alasan kenapa kita berhak dan layak mendapatkan beasiswa/dermasiswa tersebut. Jadi persiapkan personal statement terbaikmu, karena umumnya hal ini sering menjadi sorotan para pemberi beasiswa/dermasiswa.

5. Siap untuk wawancara

Sama halnya dengan personal statement, proses wawancara ini bertujuan untuk menilai mengapa kamu lebih berhak dan juga layak untuk mendapatkan beasiswa daripada kandidat lain. Untuk masalah penilaiannya sendiri sangat tergantung dari pihak penyelenggara, apakah proses penilaian kelayakan untuk mendapatkan beasiswa melibatkan presentasi sekaligus wawancara ataukah hanya wawancara saja.

sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top