Universitas di Jerman yang Bisa Memberikan Bantuan Keuangan yang Wajib Kamu Coba!

Sumber:  hotcourses.co.id Perjuangan untuk bisa diterima di universitas luar negeri bisa dibilang adalah pertempuran yang luar biasa untuk...

Sumber: hotcourses.co.id

Perjuangan untuk bisa diterima di universitas luar negeri bisa dibilang adalah pertempuran yang luar biasa untuk sebagian besar mahasiswa Indonesia. Apalagi jika memikirkan bagaimana nantinya membiayai pendidikan mereka di luar negeri, yang jauh lebih besar dari biaya hidup di Indonesia sendiri. Bagi pelajar yang beruntung, orangtua mereka bisa membiayai atau mereka menerima beasiswa penuh sebelum diterima di universitas. Bisa juga mereka membiayai kuliah dan hidup mereka selama di luar negeri dengan bekerja paruh waktu atau cara-cara lainnya.

Salah satu cara yang bisa diambil untuk membiayai kuliah maupun hidup kita di luar negeri adalah dengan menggunakan student loan. Sayangnya, cara ini adalah salah satu cara yang tidak sering diambil oleh mahasiswa Indonesia. Hal ini sebenarnya dikeranakan ketakutan jika mereka tidak bisa mengembalikan pinjaman tersebut tepat waktu. Padahal pilihan ini termasuk yang popular di kalangan mahasiswa asing lainnya (dari Afrika, Timur Tengah atau dari Amerika Selatan).

Salah satu negara yang cukup mendukung program student loan ini adalah Jerman. Pemerintah Jerman sangat mendukung pendidikan, bahkan untuk mahasiswa internasional. Selain beasiswa dan pinjaman dari pemerintah negara tersebut dan pinjaman dari bank swasta, banyak universitas swasta di Jerman yang menawarkan pinjaman yang ‘ringan’ atau bisa dibilang ‘Debt without Guilt’. Dikatakan ringan karena tempo pengembaliannya panjang, bunga sangat rendah, dan kita juga diizinkan untuk tetap tinggal di Jerman dan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Bahkan saat kuliah pun, kita diperkenankan bekerja paruh waktu, yang pendapatannya bisa membantu untuk meringankan biaya hidup sehari-hari. Tertarik mencoba student loan dari universitas ini? Jika kamu tertarik, berikut ini adalah beberapa contoh universitas yang menawarkan financial aid (bantuan pinjaman uang).

1. Jacobs University of Bremen

Jacobs University of Bremen merupakan salah satu universitas swasta nirlaba di Jerman yang membiayai biaya operasionalnya melalui sponsor keluarga pemilik perusahaan kopi Jacobs dan biaya kuliah dari mahasiswanya. Universitas ini menawarkan berbagai bantuan internal universitas, seperti Grant (Tunjangan), Beasiswa, dan juga Tuition Postponement (Penundaan Biaya Kuliah). Namun perlu diingat, hal yang terpenting dari proses bantuan keuangan yang harus kamu lakukan adalah MENDAFTAR dan DITERIMA di universitas ini. Karena kamu tidak bisa meminta bantuan keuangan ini tanpa mendapatkan Admission Letter dari pihak universitas. Paket bantuan keuangan Jacobs University of Bremen akan berbeda antar mahasiswa, karena besarnya bantuan keuangan yang diberikan tergantung dengan berapa banyak pendapatan keluargamu.

Perlu kamu ketahui, bantuan ini berjumlah terbatas lho! Oleh karena itu, Jacobs University sangat menganjurkan mahasiswa melamar bantuan keuangan setelah mendapat kabar bahwa mereka diterima di universitas tersebut. Untuk informasi tentang bantuan keuangan ini dan cara mendaftarnya, kamu bisa langsung melihat di situs resmi universitas ini.

2. Heidelberg University

Heidelberg University adalah salah satu universitas tertua di Jerman, yang menduduki peringkat ke 38 di Times Higher Education World Reputation 2015. Universitas ini berorientasi pada penelitian, jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin mengambil master research atau PhD di sini.

Untuk perkara bantuan keuangan, universitas ini memberikan bantuan keuangan dan beasiswa internal yang sangat spesifik. Walaupun pilihannya cukup bervariasi, kalian harus membaca secara rinci untuk bisa mendaftar bantuan keuangan tersebut. Beberapa bantuan yang ditawarkan termasuk "Deutschlandstipendium". Untuk pilihan bantuan keuangannya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Universitaet Heidelberg.

3. University of Regensburg

University of Regensburg didirikan tahun 1962, dan terletak di kampus modern di bagian selatan kota bersejarah pada abad pertengahan. Universitas ini menawarkan kondisi perkuliahan yang sangat bagus dengan layanan mentor dan bantuan untuk mahasiswa internasional khususnya. Saat ini University of Regensburg menduduki peringkat 1 untuk kategori kualitas hidup rata-rata lho! Selain itu, universitas ini terpilih sebagai tempat tinggal terbaik di Eropa untuk mahasiswa internasional. Secara keseluruhan, universitas ini menempati 10 universitas terbaik di Jerman. Sedangkan untuk kualitas pendidikan, universitas ini menempati peringkat ke 2 terbaik di Jerman. Universitas ini menawarkan Student Grand for international students in financial need. Mau tahu informasi lebih lanjut? Silahkan langsung mengunjungi situs resmi universitas yang satu ini. 

4. Technische Universitaet Muenchen (TUM)

TUM merupakan salah satu universitas terbaik di Eropa yang berorientasi terhadap penelitian dan pengajaran. Pantas saja jika universitas yang satu ini telah melahirkan banyak ilmuwan. Sebagai salah satu universitas terkemuka di Jerman, universitas ini juga memiliki banyak koneksi dengan perusahaan besar dan institusi sains dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Dan tahukah kamu, Universitas ini adalah universitas pertama di Jerman yang menerima gelar University of Excellence lho!

Tak sekedar menjadi universitas terkemuka, TUM juga cukup ramah pada mahasiswanya. Terhitung ada beberapa alternatif bantuan keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswanya.
•    Pinjaman KFW (Kreditanstalt fuer Wiederaufbau) untuk mahasiswa yang baru masuk
•    Pinjaman Edukasi (Educational Loan) untuk mahasiswa tengah semester
•    Pinjaman Semester Akhir (Final Semester Loan)
•    Pinjaman dari bank (Loan from Private Bank)
Pinjaman dari universitas ini pun sangat sederhana dengan bunga yang sangat rendah. Selain itu, pinjaman ini juga cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan si peminjam. Begitu juga pengembaliannya. Untuk tahu lebih lanjut tentang bantuan keuangan ini kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya.

5. University of Mannheim

University of Mannheim adalah salah satu universitas terkemuka di Jerman. Hal ini dibuktikan dari penghargaan yang diterimanya, yaitu the National Excellence Initiative. Dari penghargaan tersebut, akhirnya fakultas Ekonomi dan Sains Pascasarjana universitas ini mendapat sponsor. Prestasi universitas ini tidak berhenti di situ saja lho! Universitas ini juga menduduki peringkat tinggi dan mendapatkan berbagai penghargaan karena kualitas penelitian dan pengajarannya.

Bukan hanya itu, kampus university of Mannheim juga termasuk salah satu kampus yang paling indah di Jerman. Terletak di kerajaan Mannheim, ruang-ruang perkuliahan dekat dengan pusat kota, dan juga sungai Rhine yang begitu indah menambah daya tarik universitas yang satu ini.

Untuk perkara bantuan keuangan, universitas ini menawarkan beberapa bantuan keuangan ini:
•    Vodafone Chancen Stipendium
Bantuan ini adalah bantuan keuang untuk program sarjana. Khususnya untuk mahasiswa yang baru masuk tahun pertama. Tunjangan yang diterima oleh mahasiswa melalui bantuan keuangan ini adalah 1000 Euro/bulan.
•    The Graduation Scholarship (Studienabschlussstipendium)
Beasiswa ini adalah untuk mahasiswa tahun terakhir, yaitu untuk membantu mereka menyelesaikan thesis (skripsi) dan ujian akhir. Tujuannya adalah mahasiswa bisa fokus terhadap penyelesaian studi tanpa khawatir bagaimana membiayai hidup.

6. Kiel University

Jumlah mahasiswa yang kuliah di Kiel university ada sekitar 20.000 orang. Jurusan-jurusan yang ditawarkan pun juga sangat banyak, termasuk ekonomi, ilmu pengetahuan (sains), pertanian, teknik, dan pendidikan.

Universitas ini adalah salah satu universitas yang menawarkan program khusus bantuan mahasiswa dari luar uni Eropa. Beberapa bantuan keuangan tersebut adalah:
•    Interim Financial Aid (Ueberbrueckungsbeihilfe)
Universitas ini diperuntukkan mahasiswa dari luar negara-negara Uni Eropa.
•    University Endowments
Bantuan ini untuk mahasiswa internasional yang jumlahnya terbatas. Jadi, untuk mendapatkannya, mahasiswa harus mendaftar secepat mungkin.
•    Student Parishes and Organizatuions
Paket bantuan keuangan ini mirip dengan interim financial aid. Hanya saja, bedanya bantuan ini diberikan oleh paroki Protestan dan Katolik.

7. Rurh Universitaet Bochum

Rurh Universitaet Bochum kini telah menjadi universitas terdepan di antara universitas-universitas abad 21 di Eropa lainnya. Hampir semua jurusan yang ditawarkan pada program S1 dan S2 juga berfokus terhadap penelitian. Tak heran dengan penelitian tersebut, universitas ini mencapai puncaknya. Penelitian-penilitian di bidang ilmu hayati, ilmu alam, teknik, dan humaniora, & ilmu social telah membuat nama universitas ini semakin melambung.

Untuk bantuan keuangan, The Ruhr University Bochum memiliki yayasan sendiri untuk membantu para mahasiswanya. Yayasan ini bernama Bildungsfonds der RUB. Untuk melihat cara mendaftar, kalian bisa baca selengkapnya pada situs resmi universitas ini.

8. University of Freiburg

Salah satu keunggulan dari University of Freiburg adalah banyaknya filsuf terkenal, peneliti terkemuka, dan bahkan pemenang hadiah Nobel mengajar dan melakukan penelitian di sini. Kesuksesan university of Freiburg baru-baru ini juga dibuktikan di Excellence competitions, tahun 2007. Maka tidak berlebihan rasnya jika menyebut hal tersebut adalah pembuktian bahwa universitas ini adalah salah satu universitas terkemuka abad 21.

Lebih dari 21.000 mahasiswa dari lebih dari 100 negara diterima di 160 program, di dalam 11 fakultas. Universitas ini juga memiliki lebih dari 5000 profesor dan dosen yang mendedikasikan diri mereka untuk menjadikan pengalaman belajar mahasiswa di universitas ini luar biasa.
Universitas ini secara langsung menawarkan bantuan keuangan untuk  mahasiswa internasional. Karena bantuan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, yang ingin mendapatkannya harus mendaftar segera di departemen bantuan keuangan University of Freiburg.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Universitas di Jerman yang Bisa Memberikan Bantuan Keuangan yang Wajib Kamu Coba!
Universitas di Jerman yang Bisa Memberikan Bantuan Keuangan yang Wajib Kamu Coba!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUtDzGOXfCDoittJydTmmbIZQ_9mK1_Pd_xeYE4gbl7RiBoipTxxqL5UGVd0Qyuvzz2q6PmZYb8AK4zUtJtYCfNlo-fq5mdsG1pvqYPpIx17-6LJIh2mgXgIdM-hPHnQuGHIDuz0eXqVI/s640/Jacobs_University_Bremen_Campus.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUtDzGOXfCDoittJydTmmbIZQ_9mK1_Pd_xeYE4gbl7RiBoipTxxqL5UGVd0Qyuvzz2q6PmZYb8AK4zUtJtYCfNlo-fq5mdsG1pvqYPpIx17-6LJIh2mgXgIdM-hPHnQuGHIDuz0eXqVI/s72-c/Jacobs_University_Bremen_Campus.JPG
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/universitas-di-jerman-yang-bisa.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/universitas-di-jerman-yang-bisa.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy