Usaha-Usaha yang Layak Kamu Lakukan Sekeras Mungkin Demi Skor TOEFL yang Memuaskan

Faktanya, skor TOEFL memang sangat layak dan wajib kamu perjuangkan saat ini. Kenapa demikian? Sertifikat TOEFL dengan skor yang mumpuni aka...

Faktanya, skor TOEFL memang sangat layak dan wajib kamu perjuangkan saat ini. Kenapa demikian? Sertifikat TOEFL dengan skor yang mumpuni akan memberimu lebih banyak peluang dalam berbagai hal. Entah itu dalam hal mencari pekerjaan, mengajukan permohonan beasiswa khususnya keluar negeri, dan bahkan sekedar untuk bisa mendapatkan promosi jabatan dalam pekerjaanmu, skor TOEFL yang tinggi bisa jadi satu dari beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

TOEFL itu sendiri sebenarnya bukan satu-satunya tes uji kemampuan penggunaan bahasa Inggris yang bisa diambil. Ada juga tes yang disebut IELTS lalu juga ada TOEIC. Namun, TOEFL adalah yang paling umum dan mendasar yang digunakan dalam berbagai keperluan seperti yang sudah disebutkan tadi.

Satu lagi fakta yang sudah terkenal menakutkan sehubungan dengan TOEFL adalah bahwa skor yang tinggi itu sangat sulit dicapai. Hal ini sangat tepat apabila sebelumnya tidak pernah menggunakan bahasa Inggris secara intensif namun tiba-tiba harus mengikuti test TOEFL untuk keperluan tertentu. Nah, diluar sana pasti banyak lembaga-lembaga yang membantu mengajarkan seluk beluk TOEFL agar supaya mendapatkan skor yang tinggi. Tentu saja biayanya tidak murah, belum lagi tes TOEFL itu sendiri juga tidak murah apalagi yang sertifikatnya diakui secara internasional.



Nah, berikut ini adalah hal-hal yang sangat pantas, layak, dan bahkan wajib kamu lakukan dan perjuangkan sekeras mungkin demi tercapainya skor TOEFL yang tinggi. Simak baik-baik ya

1. Mulai dengan Buku TOEFL yang Berkualitas

Satu hal yang seolah sudah menjadi kewajiban bagi siapapun yang hendak mengikuti tes TOEFL yaitu les untuk persiapan TOEFL atau yang lebih populer dengan nama TOEFL preparation class. Perlu diingat bahwa hal itu bukanlah satu-satunya cara untuk bisa membantumu mengikuti tes TOEFL dan menghasilkan skor yang mumpuni. Kamu mungkin merasa terlalu sibuk untuk bisa mengikuti les seperti itu. Mungkin kamu juga sayang dengan uang yang harus kamu keluarkan untuk les. Solusinya adalah kamu bisa mulai mempelajari segala sesuatu tentang TOEFL dari buku-buku TOEFL. Pastikan kamu membeli buku TOEFL yang memang berkualitas jadi kamu bisa mendapatkan hasil belajar dari buku itu secara maksimal. Dari belajar secara otodidak melalui buku-buku TOEFL yang berkualitas, kamu bisa lho mendapatkan skor yang mumpuni dalam tes TOEFL.

2. Wajib Belajar TOEFL Minimal 2 Jam Setiap Hari

Ketika kamu sudah pasti harus mengikuti tes TOEFL, mulailah melakukan countdown. Sejak kamu mulai melakukan countdown, mulailah juga melakukan wajib belajar TOEFL dengan waktu minimal 2 jam setiap harinya. Hal ini akan mencegah kamu lupa materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Paling tidak ya sampai hari tes TOEFL tiba, kamu harus melakukan ini setiap hari. Sesibuk apapun kamu, pasti akan ada waktu jika memang kamu sudah serius ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

3. Latih Kepekaan Pendengaranmu terhadap Bahasa Inggris

Salah satu bagian dari tes TOEFL adalah listening yang tentu membutuhkan kepekaan yang luar biasa dari pendengaranmu. Faktanya, kamu belum tentu peka terhadap kata-kata yang diucapkan dalam bahasa Inggris karena memang itu bukan bahasa aslimu. Jadi, kamu harus meningkatkan kepekaan pendengaranmu juga jika ingin bisa memaksimalkan skor TOEFL kamu nantiya. Bagaimana caranya? Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris lalu menebak-nebak kata-kata yang ada dalam lagu tersebut kemudian engartikannya juga. Selain itu kamu juga bisa menonton film-film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Lakukan hal ini secara berkala dari countdown yang kamu mulai tadi untuk memastikan bahwa pada saat hari tes TOEFL tiba, kemampuan pendengaranmu sudah meningkat dalam hal bahasa Inggris.

4. Kenali tes TOEFL dengan Tes Simulasi TOEFL

Ada sebuah fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk membiasakan diri kamu terhadap tes TOEFL selum benar-benar mengikutinya nanti. Tes simulasi yang juga disediakan oleh berbagai pihak karena memang tidak memberikan sertifikat resmi ini sangat bisa membantumu meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan tes TOEFL. Kamu akan bisa mengenal dan membiasakan diri dengan waktu yang terbatas lalu suasana ruangan tes yang sedemikian rupa guna memaksimalkan hasil tes yang sesungguhnya nanti. Biasanya untuk tes simulasi TOEFL akan dikenakan biaya antara Rp 15.000 hingga Rp 60.000 sekali tes. Selain membiasakan diri dengan tes TOEFL, hal ini juga bisa melihat kemampuanmu juga. Jika skor yang kamu dapat masih rendah berarti kamu masih harus belajar lebih giat.

5. Menjaga Konsentrasi Saat Sesi Listening

Satu hal yang sangat penting pada sesi listening dari tes TOEFL adalah bahwa rekaman suara hanya diputar sekali saja. Bisa jadi ketika kamu sibuk dengan lembar jawab kamu justru tertinggal dalam satu atau dua soalnya. Oleh karena itu, cukup tandai saja jawaban yang kamu pilih dan lakukan penyelesaian dalam menandai jawaban sesuai aturan yang ada nanti setelah sampai di akhir sesi listening.



6. Baca Soal Terlebih Dahulu

Satu lagi hal yang kamu bisa lakukan dalam tes TOEFL agar hasilnya maksimal adalah dengan membaca soalnya terlebih dahulu khususnya dalam sesi reading. Bacaan dalam sesi ini biasanya cukup panjang dan dengan kata-kata yang seringnya sulit dipahami. Dengan kamu membaca soalnya terlebih dahulu, kamu tidak akan menghabiskan waktu untuk membaca bacaannya dua kali. Sering sekali para peserta tes TOEFL mengeluh kehabisan waktu dalam sesi reading yang ternyata disebabkan oleh fakta bahwa mereka membaca bacaannya terlebih dahulu, kemudian membaca soal, dan membaca bacaannya lagi untuk menemukan jawaban yang tepat.

7. Fokus pada Bagian dengan Skor Tinggi

Dalam TOEFL meskipun ada beberapa sesi dengan nilai masing-masing, perbandingannya tidak rata. Maksudnya adalah bahwa ada bagian dengan skor yang lebih tinggi yaitu listening dan structure. Dengan adanya fakta bahwa waktu pengerjaan tes TOEFL itu terbatas, akan lebih baik jika kamu benar-benar fokus untuk bisa mengerjakan bagian dengan skor tinggi dengan maksimal. Oleh karena itu kamu harus memaksimalkan kemampuanmu dalam hal structure dan listening agar nilai atau skor TOEFL yang kamu dapat nanti maksimal.

8. Jangan Berhenti pada Soal yang Sulit

Hal ini sangat sering terjadi bahkan dalam berbagai jenis tes atau ujian. Peserta tes atau ujian terpaku dan kemudian berhenti pada satu soal yang sulit. Akibatnya adalah justru soal-soal lain yang kemungkinan ada yang lebih mudah malah belum dikerjakan dan waktu sudah habis. Ingat selalu untuk melewati soal yang sulit dan memberi tanda pada jawaban yang saat itu kamu pikirkan. Meskipun hal ini tidak bisa dilakukan di semua sesi, tetapi tetap saja akan lebih membantumu untuk memanfaatkan waktu tes TOEFL dengan lebih baik.

9. Koreksi Ulang Jawaban

Dalam hal ini kamu tidak perlu melakukan koreksi dari semua soal. Ada satu fakta bahwa soal-soal dalam tes TOEFL itu yang susah dikerjakan ada pada nomer-nomer akhir. Jadi ketika kamu sudah menyelesaikan pengerjaan soal dan masih ada waktu tersisa atau memang diberi kesempatan memeriksa jawaban, lakukan koreksi untuk nomer-nomer akhir saja. Bisa jadi ada jawaban yang kamu salah memberi tanda atau bahkan kamu salah dalam mengerjakan.

10. Perhatikan Makanan yang Kamu Makan

Saat kamu mulai countdown menuju hari tes TOEFL, akan lebih baik juga untuk kamu menjaga tubuhmu. Hal ini termasuk memperhatikan jenis-jenis makanan yang kamu makan. Usahakan mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh dan tidak akan ada efek negatifnya. Jangan sampai kamu justru sakit karena mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu hingga pada hari tes TOEFL kamu belum sembuh.

11. Be On Time

Hal ini sangat penting untuk dilakukan pada hari tes TOEFL yang kamu sudah rencanakan. Hindari datang terlambat atau bahkan mepet dengan waktu tes TOEFL itu sendiri. Dengan datang lebih awal kamu bisa mengkondisikan dirimu sendiri untuk berada dalam kondisi yang sudah siap berkonsentrasi tanpa gangguan. Jika kamu datang mepet dengan jam tes TOEFL, bisa jadi kamu masih butuh waktu untuk berkonsentrasi dan lain-lain.



Disamping hal-hal utama tersebut masih ada banyak hal lain yang kamu bisa lakukan guna menunjang tes TOEFL yang kamu ambil. Faktanya adalah tanpa les persiapan TOEFL sekalipun jika kamu tekun dan rajin, kamu bisa meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa Inggrismu dan bahkan mendapatkan skor TOEFL yang memuaskan.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Usaha-Usaha yang Layak Kamu Lakukan Sekeras Mungkin Demi Skor TOEFL yang Memuaskan
Usaha-Usaha yang Layak Kamu Lakukan Sekeras Mungkin Demi Skor TOEFL yang Memuaskan
https://4.bp.blogspot.com/-1295p7npOas/VmkgybJHCjI/AAAAAAAAAW4/qacLuTduDQw/s640/Snap%2B2015-12-10%2Bat%2B13.46.30.png
https://4.bp.blogspot.com/-1295p7npOas/VmkgybJHCjI/AAAAAAAAAW4/qacLuTduDQw/s72-c/Snap%2B2015-12-10%2Bat%2B13.46.30.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/usaha-usaha-yang-layak-kamu-lakukan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/usaha-usaha-yang-layak-kamu-lakukan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy