Beasiswa Perdamaian

Setiap tahun, Rotary memilih 100 orang dari seluruh dunia untuk mendapatkan beasiswa penuh di salah satu lembaga pusat perdamaian. Beasiswa ini meliputi pembiayaan perkuliahan, biaya residensi, biaya transportasi, biaya magang, dan biaya praktek lapangan.

Kurang lebih selama satu dekade, Pusat Perdamaian Rotary telah membina 900 penerima beasiswa untuk misi membangun perdamian. Banyak dari mereka menjadi pemimpin di berbaga lembaga pemerintahan, NGO, militer, lembaga penegakan hukum, dan organisasi internasional seperti PBB atau Bank Dunia.


Terdapat dua jenis beasiswa perdamaian dari Rotary:

1. Gelar magister (S-2)
Pusat Perdamaian Rotary memberikan beasiswa belajar di universitas yang menjadi garda depan dalam misi membangun perdamaian, serta pencegahan dan resolusi konflik. Program beasiswa ini berlangsung selama 15 hingga 24 bulan. Program ini juga mensyaratkan adanya magang di lapangan selama dua hingga tiga bulan di masa liburan akademik. Setiap tahunnya, kami memberikan 50 beasiswa magister di universitas-universitas berikut ini:
a. Duke University and University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat
b. International Christian University, Jepang 
c. University of Bradford, Inggris
d. University of Queensland, Australia
e. Uppsala University, Swedia

2. Sertifikasi pengembangan bagi para profesional
Bagi individu-individu yang sedang bekerja dan memiliki pengalaman banyak di kerja perdamaian, Pusat Perdamaian Rotary memberikan program 3 bulan bagi mereka untuk mengembangkan ilmunya. Program perdamaian, serta pencegahan dan resolusi konflik yang ditawarkan ini diadakan di Chulalongkorn University di Thailand. Program ini menggabungkan beberapa studi di lapangan selama dua hingga tiga minggu. Kami memberikan 50 beasiswa setiap tahunnya untuk program ini.

Kami menerima aplikasi beasiswa Anda untuk program Beasiswa Perdamaian Rotary 2017-2018. Para calon penerima beasiswa dipersilahkan mendaftar hingga tanggal 31 Mei di Negara masing-masing. Setiap Negara akan memasukkan pendaftaran ke The Rotary Foundation di tanggal 1 Juli. 

Apakah beasiswa perdamian tepat untuk saya?


Kami memilih penerima beasiswa melalui proses seleksi yang kompetitif secara global, berdasarkan kemampuan pemohon untuk memiliki dampak positif yang signifikan pada dunia.

Proses aplikasi dimulai secara online, di mana Anda akan menemukan informasi tentang bagaimana bekerja dengan sponsor Rotary di Negara Anda. Ditambah juga dengan bahan tambahan yang Anda perlukan untuk menyelesaikan aplikasi Anda. Batas waktu untuk mengirimkan aplikasi Anda ke Rotary tiap Negara dapat bervariasi (umumnya Maret-Juni), tapi batas waktu untuk mengirimkan ke Rotary International adalah 1 Juli.


Profil aktivis perdamaian: PATH HEANG


Masa kecil Path dihabiskan dengan kerja keras di ladang sawah selama masa Khmer Merah. Pengalamannya memberikan motivasi untuk membantu negaranya bebas dari trauma selama masa-masa kebrutalan Khmer Merah yang menewaskan sekitar dua juta warga Kamboja. Path adalah penerima beasiswa yang saat ini bekerja sebagai kepala lapangan UNICEF. “Saya mendapatkan posisi saya ini karena kemampuan analisis dan pengamatan yang saya pelajari selama menjalani program beasiswa perdamaian dari Rotary. Saat ini saya mampu mempengaruhi kebijakan nasional untuk kepentingan masyarakat miskin Kamboja.”


Profil aktivis perdamaian: MARIA EFFENDI


Maria adalah penerima beasiwa perdamian dari Rotary. Ia saat ini bekerja sebagai asisten profesor dalam dalam studi perdamaian dan konflik di National Defense University (NDU) di Islamabad:

“Saya memberikan pengetahuan mengenai analisis konflik, menerapkan resolusi konflik, transformasi konflik, dan pembangunan perdamian di program master (S-3). NDU adalah lembaga pelopor yang mengenalkan studi perdamian dan resolusi konflik sebagai disiplin ilmu untuk sistem pendidikan Pakistan pada tahun 2008. Dan saya bergabung di awal tahun 2009 dengan tim NDU untuk mengembangkan lebih jauh kurikulum dan departemen ini."

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Program Beasiswa Perdamaian Rotary, dapat diakses di https://goo.gl/RbrVJr.
Share on Google Plus

About Inspira Imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.