Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Swedia

Satu lagi negara yang sangat bisa untuk kamu jadikan pilihan kuliah ke luar negeri adalah Swedia. Negara ini terletak di kawasan Eropa bagia...

Satu lagi negara yang sangat bisa untuk kamu jadikan pilihan kuliah ke luar negeri adalah Swedia. Negara ini terletak di kawasan Eropa bagian utara dan termasuk dalam kelompok negara-negara Skandinavia. Negara ini memiliki budaya yang unik yang akan menjadikan kamu merasa nyaman untuk menempuh disana sebagai mahasiswa internasional. Selain itu dalam hal kualitas hidup Swedia juga selalu konstan berada dalam peringkat tertinggi di dunia. Pemandangan alam Swedia yang sangat luar biasa indah merupakan bonus yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih Swedia sebagai tempat melanjutkan studi khususnya jenjang kuliah baik itu sarjana atau pascasarjana.



Biaya Kuliah
Sangat penting untuk mengetahui kisaran dan perkiraan biaya kuliah yang dibutuhkan jika kamu berniat untuk melanjutkan studi di Swedia. Perkiraan biaya berikut ini akan ditampilkan dalam satuan mata uang asli Swedia yaitu Krona Swedia (SEK) meskipun memang Swedia juga termasuk dalam kelompok negara Uni Eropa yang biasanya menggunakan mata uang Euro (EUR).

Dalam hal biaya kuliah akan ada perbedaan jika kamu berasal dari kawasan Uni Eropa. Jika kamu berasal dari negara Uni Eropa maka kamu tidak dikategorikan sebagai mahasiswa internasional. Hal ini akan memberikan kamu keuntungan dalam hal pembiayaan yaitu tidak perlu membayar biaya pendidikan atau biaya kuliah baik itu untuk jenjang sarjana maupun jenjang pascasarjana. Visa pelajar juga tidak diperlukan yang pada dasarnya memang membutuhkan sejumlah uang juga untuk mendapatkannya. Sebagai mahasiswa yang berasal dari kawasan Uni Eropa hanya akan diminta membayar biaya administrasi sebesar SEK 50 – SEK 350 untuk setiap semester.



1. Program Sarjana
Sebagai mahasiswa yang berasal dari luar kawasan Uni Eropa tentu kamu harus mempertimbangkan dan mempersiapkan pembiayaan untuk kuliah di Swedia. Setiap semester ada biaya yang wajib dibayarkan mahasiswa internasional ke Swedish University Admissions Body yaitu biaya administrasi dan biaya pendaftaran total sebesar SEK 900. Seandainya kamu mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Swedia, biaya tersebut tetap harus dibayarkan. Selain biaya wajib tersebut tentu ada juga biaya kuliah yang harus dibayarkan langsung ke pihak universitas dimana kamu menempuh studi. Setiap universitas dan juga program studi akan mempunyai jumlah pembiayaan yang berbeda-beda. Kisaran biayanya adalah antara SEK 80,000 – SEK 140,000 setiap tahunnya. Sebagai gambaran dan perkiraan, pada tahu ajaran 2014/2015 pembiayaan program sarjana di Lund University adalah sebesar SEK 140,000 untuk satu tahun. Sementara itu untuk bidang Humaniora, Hukum, dan Ilmu Sosial di Stockholm University biaya yang dibutuhkan dalam satu tahun adalah SEK 90,000 pada tahun ajaran yang sama. Sedangkan untuk bidang sains biayanya adalah SEK 140,000. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal pembiayaan untuk program sarjana adalah bahwa ada biaya pendidikan spesial untuk jurusan Pendidikan, Fisikologi, Pekerjaan Sosial, Wartawan, serta Media dan Komunikasi. Kamu bisa mencoba untuk mendaftarkan diri dalam berbagai program beasiswa yang ada baik itu melalui pihak universitas langsung atau melalui The Swedish Institute.

2. Program Pascasarjana
Khusus untuk program pascasarjana tidak ada biaya pendidikan spesial seperti di beberapa bidang atau jurusan dalam program sarjana. Masing-masing universitas bebas mengatur pembiayaan untuk jenjang pascasarjana ini. Kisaran biayanya adalah SEK 80,000 – SEK 140,000 untuk setiap tahunnya. Biaya tersebut tentu tidak  termasuk biaya pendaftaran dan biaya administrasi sekitar SEK 900 seperti pada jenjang sarjana. Stockholm University membebankan jumlah biaya yang sama dalam jurusan yang sama juga untuk jenjang pascasarjana dengan jenjang sarjana. Tidak demikian dengan Lund University yang membebankan jumlah biaya yang berbeda untuk jenjang pascasarjana yaitu:
Kimia: SEK 140,000
Ekonomi: SEK 110,000
Finansial (program dua tahun): SEK 110,000
Matematika: SEK 140,000
Literatur: SEK 100,000
Contoh pembiayaan tersebut adalah pada periode tahun ajaran 2014/2015 lalu yang bisa kamu jadikan acuan untuk tahun selanjutnya. Sama halnya dengan jenjang sarjana, ada beasiswa-beasiswa yang bisa kamu coba dapatkan di jenjang pascasarjana baik itu melalui The Swedish Institute atau juga melalui masing-masing universitas.

Biaya Hidup
Dalam hal biaya hidup, Swedia bisa dikategorikan dalam negara yang cukup mahal karena memang berada dalam posisi 7 sebagai negara terkaya di dunia menurut Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Tentu juga seperti di negara lain, jika tinggal di kota besar seperti Stockholm maka biaya hidupnya jelas lebih tinggi dibanding kota-kota lain yang lebih kecil. Pihak Swedish Migration Board akan mewajibkan kamu sebagai mahasiswa internasional untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa kamu mampu menyiapkan dana sebesar SEK 7,300 setiap bulannya untuk jangka waktu minimal 10 bulan.

1. Makanan
Sebagai kebutuhan pokok yang setiap hari harus dipenuhi, kamu harus benar-benar mengetahui pembiayaan untuk makanan di Swedia. Dalam membeli makanan kamu harus memperhitungkan lokasi membeli, lokasi tinggal, dan juga jumlah yang dibeli karena itu akan mempengaruhi harga akhirnya nanti. Berikut adalah daftar harga makanan di Swedia untuk kamu jadikan acuan:
Susu SEK 8 per liter
Roti SEK 20 per 500 gram
Beras SEK 18 per kilogram
Telur SEK 25 per lusin
Keju lokal Swedia SEK 80 per kilogram
Dada ayam tanpa tulang & kulit SEK 80 per kilogram
Apel SEK 20 per kilogram
Jeruk SEK 19,25 per kilogram
Tomat SEK 20,50 per kilogram
Kentang SEK 7 per kilogram
Aie mineral SEK 14 per 1,5 liter
Anggur SEK 79 per botol untuk kelas menengah
Bir lokal SEK 15 per 500 ml (SEK 50 di restoran)
Bir impor SEK 15 per 330 ml (SEK 50 di restoran)
Cappuccino SEK 30 kemasan reguler di restoran
Selain itu jika kamu berniat untuk makan ditempat seperti restoran kamu juga harus mengetahui kisaran harganya. Satu set atau porsi makanan lengkap dengan softdrink, salad atau teh dan kopi bisa seharga antara SEK 55 – SEK 85. Itu tadi adalah perkiraan dari biaya makanan yang ada di Swedia.



2. Akomodasi
Selain biaya untuk makanan yang merupakan kebutuhan pokok sehari-hari kamu juga harus menyiapkan biaya untuk tempat tinggal atau akomodasi. Jika dalam hal akomodasi kamu bisa menunjukkan dan membuktikan ke pihak Swedish Migration Board bahwa kamu sudah mempunyai tempat tinggal gratis untuk kuliah di Swedia, maka kamu tidak perlu menyiapkan hingga SEK 7,300 setiap bulannya. Perkiraan untuk biaya akomodasi mahasiswa yang ada di Swedia bisa sangat tinggi.
Akomodasi di kota kecil antara SEK 2,000 – SEK 3,500 per kamar untuk sebulan
Akomodasi di kota sedang antara SEK 2,300 – SEK 4,300 per kamar untuk sebulan
Akomodasi di kota besar SEK 2,500 – SEK 4,500 per kamar untuk sebulan

3. Lain-Lain
Selanjutnya juga selalu ada biaya lain-lain yang harus disiapkan untuk menunjang hidup dan kuliahmu di Swedia. Berikut ini adalah beberapa biaya lain-lain untuk kamu gunakan sebagai acuan:
Transportasi bulanan: SEK 3,200
Biaya listrik, gas, air, dan sampah: SEK 1,000
Biaya telepon seluler pra bayar untuk panggilan lokal: SEK 0,89
Biaya internet dengan kecepatan 6 Mbps kuota unlimited: SEK 250
Biaya perkumpulan mahasiswa: SEK 60 – SEK 70
Biaya asuransi kesehatan: SEK 250

Pastikan untuk menyiapkan pembiayaan-pembiayaan tersebut jika kamu ingin kuliah di Swedia. Faktanya adalah memang biaya pendidikannya relatif murah namun dalam hal biaya hidup bisa begitu tinggi jika kamu kuliah di Swedia. Sangat disarankan untuk mencari bantuan pembiayaan seperti beasiswa misalnya agar kamu hanya perlu menyiapkan biaya hidup saja.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Swedia
Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Swedia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNkcFjVnXW33JKYQqRvRLWDwoGztgmhsnrAjiq4xzHeFuDzts4qKxKPTXWJN-Mn_fKNZ4pmXgkBr1fms1ejinbIMFPSwOSlicyX7qM6XsCvNJlEvNThSJOYhRmYD_L0ZCVONPQuh3B69A/s640/Snap+2016-01-22+at+14.36.58.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNkcFjVnXW33JKYQqRvRLWDwoGztgmhsnrAjiq4xzHeFuDzts4qKxKPTXWJN-Mn_fKNZ4pmXgkBr1fms1ejinbIMFPSwOSlicyX7qM6XsCvNJlEvNThSJOYhRmYD_L0ZCVONPQuh3B69A/s72-c/Snap+2016-01-22+at+14.36.58.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/01/biaya-kuliah-dan-biaya-hidup-di-swedia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/01/biaya-kuliah-dan-biaya-hidup-di-swedia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy