ETH Zurich, Pilihan Utama Kuliah Teknik Sipil (Civil Engineering) Jenjang Sarjana dan Master di Swiss

Selain sebagai salah satu universitas ternama di dunia, ETH Zurich juga terdepan dalam bidang teknologi dan juga bidang ilmu-ilmu alam. Universitas yang termasuk dalam 10 besar universitas terbaik untuk bidang teknik ini terkenal akan sistem pendidikannya yang luar biasa bagus dan juga penelitian-penelitian dengan hasil yang sangat tajam serta mendasar dan bisa langsung diterapkan hasilnya pada kehdupan nyata.

ETH Zurich didirikan pada tahun 1855 yang hingga saat ini mempunyai lebih dari 18 ribu mahasiswa dari seluruh dunia. Pada tahun 2014 saja mahasiswa dari ETH Zurich tercatat sebanyak 18,616 yang berasal dari total 110 negara di dunia. Selain itu jumlah profesor sebagai pengajar di kampus ini ada sebanyak 498 pada tahun yang sama.


Selain itu hingga saat ini sejumlah 21 orang penerima penghargaan Nobel juga ternyata berkaitan dengan ETH Zurich. Mereka menempuh studi, mengajar, atau melakukan penelitian di ETH Zurich. Hal ini tentu menambah lagi popularitas dari universitas ini yang memang sebelunya juga sudah terkenal di dunia. Fakta bahwa bagi para peneliti kampus ini menawarkan satu lingkungan yang penuh dengan inspirasi serta bagi mahasiswa kampus ini memberikan pendidikan yang menyeluruh serta lengkap membuatnya sangat layak dijadikan pilihan untuk menempuh studi khususnya dalam bidang Teknik Sipil (Civil Engineering).

Saat ini semakin banyak sumber daya alam yang sangat dibutuhkan manusia mulai berkurang dan oleh karena itu program studi Teknik Sipil di ETH Zurich menyambutnya dengan tangan terbuka dan penuh antusias. Harapannya tentu adalah nantinya akan ada lulusan dari program ini yang mampu memberikan hasil-hasil studi dan penemuan-penemuan baru untuk menyiasati masalah-masalah tersebut.

Program studi Teknik Sipil di ETH Zurich menggunakan dasar sistem studi jenjang Sarjana dan Master tingkat internasional. Studi jenjang Sarjana bisa diselesaikan hanya dalam waktu 6 semester untuk kemudian lulusannya akan bisa melanjutkan untuk jenjang Master di ETH Zurich juga atau di universitas  lain di Swiss atau bahkan di negara-negara lain. Setelah mendapatkan gelar MSc ETH in Civil Engineering dari ETH Zurich bisa kemudian langsung meneruskan studi jenjang Doktor di ETH Zurich atau universitas lain. Selain itu bisa juga jika dikehendaki untuk langsung meniti karir dalam bidang yang sesuai.


Bachelor of Civil Engineering
Dalam jenjang ini mahasiswa harus menyelesaikan sebanyak 180 ECTS (European Credit Transfer System) sebelum mendapatkan gelarnya. Setiap poin ECTS berarti mahasiswa tersebut sudah melalui sebanyak 25 hingga 30 jam kuliah, latihan, tugas, dan juga ujian akhir. Jadi totalnya minimal untuk mendapatkan gelar Sarjana mahasiswa harus menempuh 4500 jam.

Pada tahun pertama untuk jenjang studi ini mahasiswa akan mempelajari berbagai dasar dari bidang-bidang yang meliputi mathematics, mechanics, computer science, chemistry, dan geology. Semua bidang tersebut akan memiliki ujian akhirnya pada akhir tahun pertama nanti. Kemudian pada tahun kedua dan ketiga mahasiswa mulai mempelajari bidang-bidang yang lebih spesifik untuk keperluan studi lanjutan nantinya. Bidang-bidang meliputi physics, hydrology, hydraulics, materials science and engineering-specific fundamentals of construction, structural engineering, geotechnical engineering, construction engineering, transport, dan hydraulics and water management.

Pada semester kelima mahasiswa wajib memulai tahap awal proyek konstruksinya sesuai dengan minat dalam bidang-bidang yang dipelajari. Nantinya untuk tesis yang memang merupakan hasil akhir dari studi jenjang Sarjana ini mahasiswa akan bisa mengerjakan proyeknya tersebut yang sudah dimulai tahapan awalnya pada semester kelima. Dalam proses perkuliahannya kebanyakan mata kuliah akan disampaikan dalam bahasa Jerman.

Setelah mahasiswa lulus dan mendapatkan gelar Sarjana akan ada penawaran untuk akses langsung ke studi jenjang Master dalam program studi Civil Engineering di ETH Zurich. Lulusan studi jenjang Sarjana ini juga bisa menempuh studi lanjutan dalam bidang lain seperti Special Development and Infrastructure Systems, Technology, Integrated Building Systems, Economics, atau Management yang mungkin akan ada persyaratan tambahan yang diperlukan untuk dipenuhi terlebih dahulu.

Master of Civil Engineering
Dalam jenjang Master ini lulusan Sarjana harus memilih 2 dari 6 spesialisasi untuk studinya. Dalam setiap spesialisasi yang sudah dipilih harus ada proyek yang dikerjakan dalam masa studinya. Tujuan utama dari diwajibkannya proyek dalam masing-masing spesialisasi yang dipilih adalah untuk mengenalkan metode-metode kerja dalam bidang Civil Engineering. Studi jenjang Master ini akan dinyatakan selesai jika mahasiswa sudah menempuh sebanyak 120 ECTS dan juga mengerjakan tesis Master. Program spesialisasi yang bisa dipilih dalam jenjang studi ini meliputi Construction and Maintenance Management, Geotechnical Engineering, Structural Engineering, Transport Systems, Hydraulic Engineering and Water Resources Management, dan Materials dan Mechanics.

Pada awal studi jenjang Master mahasiswa masih bisa memilih 2 spesialisasi dengan total 2x27 ECTS tersedia untuk didapatkan. Dalam setiap spesialisasi yang dipilih harus ada semacam proyek tertulis yang nantinya diselesaikan pada semester 2 dan 3. Satu proyek tertulis biasanya boleh dikerjakan dalam waktu 1 semester saja. Setelah selesai akan diberikan 9 ECTS untuk proyek tertulis yang diambil mahasiswa. Untuk melewati bagian ini mahasiswa harus mendapatkan 18 ECTS yang memang berarti dari 2 proyek untuk 2 spesialisasi.

Proyek atau tugas akhir dari jenjang studi Master di program studi Civil Engineering ETH Zurich ini adalah berupa tesis master. Lamanya waktu pengerjaan tesis Master ini bisa satu semester penuh. Selama minimal 16 minggu dengan pengawasan dari profesor dari spesialisasi yang dipilih pada awal studi Master ini. Total 24 ECTS akan diberikan kepada mahasiswa yang sudah berhasil menyelesaikan tesis Master dengan hasil yang memuaskan.


Itu tadi mengenai studi jenjang Sarjana dan Master untuk bidang studi Teknik Sipil (Civil Engineering) di ETH Zurich yang termasuk dalam 10 besar universitas terbai di dunia untuk bidang studi Teknik Sipil. Informasi lebih lanjut seputar Teknik Sipil (Civil Engineering) di ETH Zurich bisa didapat di halaman ETH Zurich Civil Engineering. Untuk bisa berkomunikasi dengan pihak kampus berikut halaman kontak resmi ETH Zurich Civil Engineering.

Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.