Irlandia, Sebuah Negara di Kawasan Eropa yang Sangat Menarik untuk Tujuan Kuliah di Luar Negeri

Kamu berniat melanjutkan kuliah di luar negeri tetapi masing bingung ingin kemana? Salah satu pilihan yang harus kamu ambil tentu adalah neg...

Kamu berniat melanjutkan kuliah di luar negeri tetapi masing bingung ingin kemana? Salah satu pilihan yang harus kamu ambil tentu adalah negara dimana kamu akan melanjutkan kuliah di laur negeri tersebut. Kawasan Eropa merupakan favorit dari banyak mahasiswa internasional khususnya Indonesia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Inggris dengan banyak universitas favorit sudah pasti dijadikan pilihan utama banyak mahasiswa internasional. Jika kamu menginginkan pilihan lain maka kamu bisa mempertimbangkan Irlandia sebagai negara tujuan untuk kuliah di luar negeri. Irlandia sendiri diketahui memiliki sejarah yang positif dalam kaitannya dengan dunia pendidikan. Irlandia sangat menghargai pendidikan dalam kualitas yang tinggi. Irlandia juga selalu berusaha menjaga reputasi yang tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi khususnya bagi para mahasiswa internasional yang memutuskan untuk mnempuh studi lanjutan di irlandia.

Dulunya dikenal ada banyak cendekiawan yang ternyata merupakan hasil didikan sistem pendidikan Irlandia. Hal tersebut menjadikan Irlandia mempunyai tradisi yang panjang dan kuat dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang luar biasa berkualitas. Hingga saat ini Irlandia masih selalu berusaha menjaga dan bahkan perlahan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang bisa dilihat dari adanya banyak pilihan gelar dan juga kualifikasi tertentu dalam penawaran-penawaran dari berbagai institusi pendidikan di Irlandia. Terakhir kali pada tahun lalu Irlandia menerima total 25.000 mahasiswa internasional yang setengah dari jumlah tersebut merupakan mahasiswa yang berasa bukan dari kawasan Uni Eropa. Sangat luar biasa bukan?

Jika melihat Irlandia sebagai tujuan kuliah mahasiswa internasional, ada cukup banyak faktor yang bisa meyakinkan kamu untuk juga menuju Irlandia untuk kuliah. Budaya Irlandia yang sangat dijunjung tinggi, pemandangan alam yang sangat indah, dan juga masyarakat atau warga asli Irlandia yang cenderung ramah pada pendatang hanya sebagian dari hal-hal yang membuat kamu akan merasa nyaman dan semangat dalam menempuh studi lanjutan di Irlandia. Jumlah yang bisa dibilang banyak dari mahasiswa internasional yang ada di Irlandia juga merupakan faktor pendukung yang harus kamu pertimbangkan. Banyaknya mahasiswa internasional dengan bermacam-macam latar belakang tentu akan meningkatkan kemamuanmu untuk bisa membaur dalam keanekaragaman.



Sebagai satu negara yang bisa dibilang masih cukup muda dan tentunya bersemangat untuk terus berkembang, Irlandia menyediakan total 7 pilihan universitas yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan kuliah di luar negeri. Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Inggris dengan aksen Irlandia yang sangat terasa. Jika kamu baru pertama kali kesana dan berbicara dengan orang asli Irlandia kamu mungkin akan sedikit kesulitan dalam memahami bahasa Inggris yang digunakan. Selain bahasa Inggris ada juga bahasa Gael yang digunakan oleh sebagian dari 4 juta warga Irlandia saat ini.

Fakta bahwa mayoritas penduduk Irlandia saat ini berusia kurang dari 30 tahun adalah hal yang sangat menarik. Hal tersebut berarti bahwa Irlandia akan bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi kamu muda seperti kamu yang sedang menempuh studi lanjutan di irlandia. Selain itu Irlandia juga berada dalam peringkat tinggi untuk Global Peace Index atau yang berarti Indeks Keamanan Dunia. Sudah tentu keamanan selama kamu tinggal dan menjalani kehidupan disana akan sangat terjamin. Sudah bisa disimpulkan bahwa kamu akan mendapati sebuah suasana belajar yang sangat menyenangkan dengan memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Irlandia.



Pendidikan di Irlandia
Dalam hal pendidikannya sendiri di irlandia ada beberapa pihak yang menjadi penyedia layanan pendidikan. Universitas, pihak swasta, kolese pendidikan, dan juga berbagai institut teknologi ada di Irlandia adalah merupakan pihak-pihak yang menawarkan layanan pendidikan baik itu bagi mahasiswa Irlandia maupun mahasiswa internasional. Jika kamu kuliah di Irlandia kamu harus memahami bahwa disana tahun akademis dimulai pada bulan September dan akan berakhir pada bulan Juni. Selama satu tahun akademis tersebut bisa ada dua atau tiga semester dengan jeda libur pada saat perayaan Paskah dan juga perayaan Natal.

1. Universitas
Irlandia memang hanya menawarkan total 7 universitas yang bisa kamu jadikan pilihan melanjutkan kuliah, akan tetapi pilihan bidang studi dan gelarnya bervariasi. Jika kamu memutuskan untuk kuliah di Irlandia kamu bisa mempertimbangkan untuk kuliah di University College Cork, University of Limerick, National University of Ireland Galway, Dublin City University, Trinity College Dublin, National University of Ireland Maynooth, dan University College Dublin. Universitas paling tua di Irlandia adalah Trinity College Dublin. Program-program kuliah yang bisa kamu pilih diantaranya adalah jenjang S1, S2, S3, serta juga D3. Sebagian besar dari program kuliah dalam jenjang S1 diselenggarakan dalam format perkuliahan dan juga tutorial di kampus-kampus universitas yang bersangkutan. Kemudian untuk studi jenjang S2 dan S3 lebih berbasis pada penelitian sehingga tidak terlalu banyak kegiatan perkuliahan yang dilakukan.

2. Institut Teknologi
Berbeda dengan universitas yang hanya ada 7, Irlandia menawarkan total 14 institut teknologi dengan program-program yang ditawarkan meliputi diploma dan sertifikat, sertifikat, lalu juga program khusus gelar sarjana. Adanya keahlian-keahlian khusus atau spesialisasi yang ditawarkan sebagai program studi di berbagai institut teknologi di Irlandia disebabkan oleh permintaan tenaga ahli seperti pada sektor farmasi dan kimia di Irlandia. Berbagai institut teknologi di Irlandia tersebut menawarkan program mulai dari tingkat 6 hingga tingkat 10 sesuai yang tercantum dan dirumuskan dalam National Framework of Qualifications.

3. Perguruan Tinggi Independen
Selain universitas yang bisa dibilang menyediakan layanan pendidikan dibawah pemerintah Irlandia, ada juga pilihan perguruan tinggi independen. Seperti juga di Indonesia yang mempunyai banyak universitas atau perguruan tinggi swasta, Irlandia menawarkan pilihan perguruan tinggi swasta dengan berbagai program serta kualifikasi tertentu. Pihak Higher Education and Training Awards Council atau HETAC merupakan pihak yang bertugas mengawasi program-program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi independen dalam hal studi tersebut. 



Selanjutnya jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di salah satu institusi pendidikan di Irlandia kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Hal ini bisa dinilai dengan mengikuti ujian TOEFL dengan skor minimal adalah 550. Jika kamu merasa masih membutuhkan bimbingan dalam menggunakan bahasa Inggris maka sebaiknya mengambil les terlebih dahulu. 

Termasuk dalam program-program kuliah yang ditawarkan di Irlandia adalah gelar sarjana atau S1 yang disebut sebagai Bachelor dan Bachelor (Hons). Gelar tersebut bisa didapatkan setelah menempuh studi selama tiga tahun penuh. Selain itu ada juga program purna waktu selama dua tahun dengan Higher Certificate yang nantinya akan diberikan setelah selesai. Selain itu ada gelar Graduate Diploma yang bisa diselesaikan dalam waktu hanya satu tahun saja. Gelar Master untuk jenjang S2 bisa didapatkan melalui program kuliah atau penelitian selama maksimal dua tahun. Setelah itu ada juga gelar jenjang S3 atau PhD yang bisa didapatkan setelah menempuh studi selama tiga tahun.

Bagaimana? Masih bingung atau sudah yakin untuk menjadikan Irlandia menjadi negara tujuan kuliah di luar negeri? 

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Irlandia, Sebuah Negara di Kawasan Eropa yang Sangat Menarik untuk Tujuan Kuliah di Luar Negeri
Irlandia, Sebuah Negara di Kawasan Eropa yang Sangat Menarik untuk Tujuan Kuliah di Luar Negeri
https://4.bp.blogspot.com/-lrisUchWdgQ/VqhdINNSNdI/AAAAAAAAAnI/phyT67EkLpQ/s640/Snap%2B2016-01-27%2Bat%2B12.59.49.png
https://4.bp.blogspot.com/-lrisUchWdgQ/VqhdINNSNdI/AAAAAAAAAnI/phyT67EkLpQ/s72-c/Snap%2B2016-01-27%2Bat%2B12.59.49.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/01/irlandia-sebuah-negara-di-kawasan-eropa.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/01/irlandia-sebuah-negara-di-kawasan-eropa.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy