Artikel Terbaru

Ketahui Perkiraan Biaya Kuliah di Irlandia serta Biaya Berbagai Kebutuhan Hidup

Kawasan benua Eropa memang mempunyai banyak negara yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi. Salah satunya adalah Republik Irlandia yang lokasinya berdekatan dengan Inggris. Kawasan Republik Irlandia mencakup 5/6 dari seluruh Pulau Irlandia yang ada di bagian barat laut Eropa. Republik Irlandia sendiri tergabung dalam Uni Eropa sehingga menggunakan mata uang Euro (EUR) sebagai alat pembayarannya. Kawasan di Republik Irlandia dibagi menjadi beberapa bagian yang bsia digunakan untuk berbagai keperluan statistik. Bagian-bagian tersebut meliputi Border, West, Midland, Mid-East, Dublin, South-East, South-West, dan Mid-West.

Dalam bidang pendidikan, Irlandia sangat bisa kamu jadikan pilihan untuk lokasi kuliah dengan total 32 perguruan tinggi yang ada menurut 4icu. Dikategorikan dalam 2015 University Web Ranking oleh 4icu, posisi paling atas dalam daftar tersebut adalah Trinity College Dublin University of Dublin. Selanjutnya ada University College Dublin, University College Cork, Dublin City University, dan juga University of Limerick dalam peringkat 5 besar pada daftar tersebut. Trinity College Dublin sendiri dalam QS World University Rankings 2015/2016 berada pada posisi 76.

Dublin

Salah satu hal yang paling penting untuk diketahui ketika hendak melanjutkan sekolah tentu adalah biaya yang nantinya diperlukan selama sekolah tersebut. Hal ini tentu menjadi lebih penting jika lokasinya ada di luar negeri. Sebagai calon mahasiswa internasional yang berencana kuliah di Irlandia nanti, kamu harus mengetahui perkiraan biaya yang harus kamu siapkan untuk bisa menjalani studi di salah satu universitas di Irlandia.

Biaya Kuliah
Dari jumlah total 32 universitas yang ada di Irlandia, masing-masing tentu memiliki rangkaian pembiayaannya masing-masing dalam jumlah yang berbeda-beda. Hal ini harus kamu ketahui dengan pasti yang caranya adalah dengan memantau informasi terbaru dari universitas yang akan kamu pilih. Selain itu sebagai mahasiswa nanti kamu juga harus bersiap bahwa biaya tersebut bisa berubah pada waktu yang akan datang. Berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah yang harus kamu bayarkan ke pihak universitas di Irlandia jika kamu nanti melanjutkan studi disana.

1. Program Sarjana
Tersedia berbagai pilihan program sarjana dalam bidang yang bermacam-macam untuk kamu ambil dalam studi di Irlandia. Perbedaan bidang studi yang diambil tentu memberikan perbedaan juga pada biaya yang harus dibayarkan.
Kedokteran: EUR 31,000 – EUR 49,135
Teknik: EUR 9,100 – EUR 20,300
Sains: EUR 9,100 – EUR 16,500
Seni & Humaniora: EUR 9,100 – EUR 15,500
Bisnis: EUR 9,000 – EUR 15,500
Jumlah tersebut hanyalah perkiraan secara umum saja. Lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi halaman web resmi dari universitas yang akan kamu pilih untuk studi di Irlandia.

2. Program Pascasarjana
Seperti juga dengan program sarjana, dalam program pascasarjana ada beberapa bidang studi yang bisa kamu ambil. Masing-masing bidang studi tentu memiliki pembiayaan masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain.
Kedokteran: EUR 12,035 – EUR 37,000
Teknik: EUR 9,150 – EUR 19,500
Sains: EUR 9,150 – EUR 18,000
Seni & Humaniora: EUR 8,900 – EUR 20,000
Bisnis: EUR 9,150 – EUR 30,000
Selain mengunjungi website resmi dari masing-masing universitas, kamu juga bisa menghubungi kontak resmi yang tercantum pada website untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar biaya kuliah.


Biaya Hidup
Beban pembiayaan yang harus kamu siapkan ketika kuliah di luar negeri selain biaya kuliah adalah biaya hidup. Tempat atau lokasi kuliah serta jenis akomodasi yang kamu pilih akan sangat mempengaruhi biaya hidup yang kamu perlukan di Irlandia. Pada dasarnya akan selalu ada pilihan untuk bisa mengurangi beban biaya yang harus kamu bayar. Perkiraan biaya hidup di Dublin yang sudah mencakup berbagai hal adalah EUR 8,000 – EUR 12,100. Perkiraan jumlah tersebut sudah termasuk akomodasi, makan, listrik, buku, obat-obatan, laundry, transportasi, serta hiburan. Satu hal yang cukup menyenangkan adalah dari statistik terbaru, biaya hidup di Irlandia saat ini sedang engalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

1. Akomodasi
Khusus biaya akomodasi atau tempat tinggal dalam 1 tahun di Irlandia bisa saja mencapai angka EUR 7,803. Jumlah tersebut juga bisa saja belum termasuk biaya listrik, air, dan lain sebagainya. Jumlah tersebut masih bisa bertambah jika musim dingin karena kamu akan membutuhkan biaya pemanas sebesar EUR 57 – EUR 140 setiap bulannya. Selain itu biaya listrik ketika musim dingin juga lebih tinggi. Hal ini dikarenakan matahari yang relatif lebih cepat tenggelam karena biasanya pada musim dingin akan terbit pada jam 8.30 pagi dan sudah tenggelam pada jam 4.30 sore. Hal ini tentu perlu kamu antisipasi mengenai pembiayaannya.

2. Transportasi
Lokasi tempat kamu tinggal di Irlandia akan mempengaruhi biaya transportasi yang harus kamu tanggung. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencari tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kuliah serta jika memungkinkan dekat dengan berbagai fasilitas yang kamu butuhkan. Jika kamu berniat menggunakan bis untuk sarana transportasi kamu harus membayar sebesar EUR 1,25 untuk sekali jalan. Kamu juga bisa membeli tiket mingguan atau bulanan dengan harga yang lebih murah. Student Travel Card seharga EUR 15 bisa kamu gunakan untuk mendapatkan diskon dalam hal transportasi. Selain itu jka kamu ingin lebih berhemat dan juga sekaligus olah raga, kamu bisa menggunakan sepeda. Jangan khawatir mengenai jalanan di Irlandia karena disediakan jalur khusus sepeda disana. Ada juga kereta yang bisa kamu gunakan dengan tarif harian EUR 11,10, mingguan EUR 27,50, dan bulanan EUR 119.

3. Makanan
Setiap hari tentu kamu perlu makan untuk bertahan hidup dan menyelesaikan studi di Irlandia. Dalam hal biaya untuk makanan, kamu bisa saja menghabiskan EUR 70 – EUR 100 setiap minggunya. Beberapa hal yang sangat lazim kamu beli dalam kaitannya dengan makanan dan minuman antara lain susu (EUR 1,22), roti (EUR 1,69), mentega (EUR 1,80 per 500 gram), gula (EUR 1,99 per kilogram), kopi (EUR 3,99 per 200 gram), teh (EUR 6,19 per 160 kantong teh celup), coca cola (EUR 1,69 per 2 liter), dan menu big mac (EUR 6,30). Beberapa tempat memberlakukan diskon dan potongan harga untuk pembelian bahan makanan dalam jumlah banyak. Jadi bisa saja kamu berbelanja dengan teman-temanmu agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga normalnya.

4. Asuransi Kesehatan
Hal ini juga biasanya merupakan salah satu yang wajib dipenuhi dan ditanggung oleh mahasiswa internasional. Hal ini diwajibkan oleh Irish Naturalism and Immigration Services agar kondisi kesehatanmu selama kuliah di Irlandia terjamin. Pelayanan kesehatan di Irlandia untuk mahasiswa internasional akan sama dengan warga lokal yaitu dengan tarif EUR 100 untuk layanan IGD dan EUR 75 sebagai biaya rawat inap per hari dengan waktu maksimal 10 hari yang selebihnya tidak dikenakan biaya. Hal ini akan berlaku jika memang studi yang kamu ambil di Irlandia lebih dari 1 tahun lamanya.

5. Hiburan
Nah hal ini juga sangat penting untuk kamu lakukan selama kuliah di Irlandia. Hiburan akan membantu kamu melalui masa-masa sulit dan juga ketika kamu sedang membutuhkan semangat tambahan. Akan tetapi kamu juga harus memikirkan biaya yang harus kamu tanggung seperti tiket bioskop (EUR 7,50 – EUR 12) atau masuk klub malam (EUR 7 – EUR 15). Dengan menunjukkan kartu mahasiswa yang kamu miliki kamu bisa saja mendapatkan diskon khusus. Selain itu dengan membuat International Student Identity Card atau ISIC kamu bisa mendapatkan diskon yang lebih banyak lagi.


Hal-hal tersebut adalah yang memang disebut sebagai kebutuhan pokok dan membutuhkan biaya ketika kamu kuliah di Irlandia. Selain itu masih ada lagi biaya-biaya lain seperti internet yang harganya EUR 36,19 per bulan dengan kuota unlimited, telepon sebesar EUR 0,23 per menit tanpa menggunakan paket, dan juga listrik serta gas sebesar EUR 145 setiap bulan jika belum termasuk dalam biaya sewa akomodasi. Kuncinya adalah jangan merubah jumlah-jumlah tersebut menjadi Rupiah karena tentu akan terasa mahal dikarenakan perbedaan nilai tukar mata uangnya. Jika ingin membandingkannya maka lebih baik dengan negara-negara lain yang juga menjadi favorit tujuan kuliah seperti Inggris dan Amerika Serikat atau juga Australia.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top