Artikel Terbaru

Kuliah di Selandia Baru? Kenapa Tidak?

Selandia Baru yang bisa diartikan sebagai Tanah Berawan Putih dalam bahasa Maori dengan sebutan Aoteaora adalah sebuah negara yang terletak kira-kira pada 1.500 kilometer di sebelah tenggara Australia. Terdiri dari 2 pulau besar dan beberapa pulau kecil lainnya, negara ini merupakan negara kecil dalam hal luas wilayahnya. Selain itu Selandia Baru juga merupakan kepulauan terakhir yang dihuni oleh manusia karena memang letaknya yang paling jauh.

Dibandingkan dengan Indonesia tentu Selandia Baru adalah sebuah negara yang sangat kecil. Akan tetapi, kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri bisa memilih Selandia Baru sebagai pilihan negara tujuanmu. Hal yang pasti akan membantumu mempertimbangkan pilihan untuk kuliah di Selandia Baru adalah letaknya yang bisa dibilang tidak jauh dari Indonesia. Jika ada yang dekat, kenapa harus memilih yang jauh? Benar bukan?


Jika kamu memutuskan untuk kuliah di Selandia Baru, maka kamu harus mempertimbangkan juga lokasi tempat tinggalmu nanti disana. Pada dasarnya Selandia Baru terbagi menjadi 2 yaitu kepulauan Utara dan Selatan. Kawasan Utara lebih ramai karena ada kota terbesarnya yaitu Auckland. Perbandingan populasi untuk Utara dan Selatan adalah 75 banding 25. Namun tentu saja bahwa biaya hidup di bagian Utara dari Selandia Baru akan lebih mahal. 

Dalam hal pendidikannya, tahun akademis di Selandia Baru sedikit berbeda dengan Inggris dan juga Amerika. Selandia Baru membagi tahun akademisnya menjadi 2 semester. Semester pertama akan berlangsung pada bulan Februari hingga Juni dengan pendaftaran maksimal pada bulan November. Semester kedua berlangsung pada bulan Juli hingga November dengan pendaftaran maksimal pada bulan Mei. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mendaftarkan kuliah di Selandia Baru.

Nah disamping lokasi yang bisa dibilang dekat dengan Indonesia, ada juga beberapa hal lainnya yang membuatmu harus benar-benar mempertimbangkan pilihan untuk bisa melanjutkan kuliah di Selandia Baru. Hal-hal apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Pilihan Universitas di Selandia Baru Sedikit
Biasanya dalam hal memilih universitas untuk melanjutkan studi, jika ada semakin banyak pilihan akan semakin bagus. Akan tetapi faktanya adalah bahwa terlalu banyak pilihan justru bisa memusingkan proses memilihnya. Contoh yang paling jelas adalah di Inggris dan Amerika Serikat yang disana ada banyak sekali universitas, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan yang membuka peluang bagi para mahasiswa internasional untuk menempuh studi disana. Selandia Baru disisi lain hanya memiliki sedikit pilihan yaitu 8 seperti yang terdaftar dalam daftar universitas di Selandia Baru. Jadi ketika kamu sudah memutuskan untuk kuliah di Selandia Baru kamu seharusnya tidak akan membutuhkan waktu lama dalam menentukan universitas mana yang kamu tuju.

2. Banyak Contoh Nyata dan Aktual
Hal ini sangat berguna bagi mahasiswa internasional yang mengambil kuliah dalam bidang yang berkaitan dengan alam. Selandia Baru menyediakan banyak sekali elemen alam yang masih benar-benar alami dan langsung bisa dijumpai di lokasi aslinya. Selain itu juga Selandia Baru tergolong lokasi dengan kemungkinan atau resiko gempa bumi cukup tinggi. Jika kamu mengambil kuliah dalam bidang Geografi atau Ilmu Lingkungan Hidup tentu akan sangat menyenangkan bisa melihat berbagai hal secara langsung. Hal ini jelas sangat berguna karena memang benar bahwa kuliah di kelas sering tidak begitu bisa membuat mahasiswa paham akan materi yang disampaikan. Dengan adanya kemungkinan pengamatan secara langsung maka peluangmu untuk bisa memahami berbagai hal dalam kuliahmu juga akan lebih besar.

3. Sistem Pendidikan yang Semakin Berkembang
Sebagai kawasan yang paling terakhir dihuni manusia tentu ada kemungkinan bahwa perkembangan disana sedikit tertinggal dibanding kawasan lain. Faktanya bahwa dengan perkembangan yang masih terus berlangsung dalam berbagai hal termasuk sistem pendidikannya, kamu bisa selalu menemukan peningkatan selama kamu menempuh studi di Selandia Baru. Selandia Baru juga selalu berusaha meningkatkan kedatangan mahasiswa internasional untuk kuliah disana agar kualitas sistem pendidikan dari Selandia Baru juga semakin meningkat. Satu hal lagi adalah dengan adanya fakta bahwa sistem pendidikan Selandia Baru masih dalam tahap berkembang, persaingan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi di Selandia Baru tidak akan ketat seperti di Inggris atau Amerika.


Biaya Kuliah di Selandia Baru
Hal lain yang tentu juga akan menjadi bahan pertimbangan ketika kamu memutuskan untuk kuliah di Selandia Baru adalah biaya kuliah. Sebelum bisa kuliah di Selandia Baru, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu mempunyai kemampuan dan kondisi keuangan yang sesuai dengan syarat untuk kuliah di Selandia Baru. Program sarjana maupun juga program pascasarjana mengharuskan calon mahasiswanya untuk mempunyai kemampuan finansial sebesar NZD 1,250 per bulan untuk jangka waktu belajar kurang dari 9 bulan dan NZD 15,000 per tahun untuk masa studi diatas 9 bulan. Mahasiswa internasional di Selandia Baru bisa bekerja sambilan selama 20 jam per minggu asal memang kondisi visa mereka sesuai untuk bisa bekerja. Gaji minimal di Selandia Baru adalah NZD 13 per jam.

1. Program Sarjana
Berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah untuk jenjang sarjana sebagai bahan pertimbangan untuk kamu memutuskan kuliah di Selandia Baru atau tidak. Satu universitas dengan yang lainnya tentu bisa berbeda oleh karena itu sangat disarankan untuk mengunjungi website resmi masing-masing universitas.
Bidang Seni dan Ilmu Sosial – NZD 20,000 per tahun
Bidang Sains dan Teknik – NZD 25,000 per tahun
Bidang Kedokteran Gigi dan Kedokteran – NZD 75,000 per tahun
Itu tadi adalah perkiraan secara umum untuk biaya kuliah di Selandia Baru. Berikut ini adalah contoh biaya kuliah pada tahun 2013 di University of Otago yang bisa kamu jadikan patokan tambahan juga:
Bidang Seni dan Humaniora – NZD 21,000
Bidang Perdagangan dan Administrasi – NZD 22,300
Bidang Kmunikasi dan Media – NZD 21,000
Bidang Ilmu Kesehatan dan Obat-obatan, Dokter Hewan, Fisioterapi, Farmasi – NZD 27,225
Bidang Hukum – NZD 24,000

2. Program Pascasarjana
Selain jenjang sarjana kamu bisa juga memilih untuk melanjutkan kuliah di Selandia Baru dalam jenjang yang lebih tinggi yaitu pascasarjana. Seperti juga untuk jenjang sarjana, pada jenjang pascasarjana akan terdapat perbedaan biaya dari satu universitas dengan universitas lainnya. Berikut ini adalah contoh biaya kuliah tahunan untuk jenjang pascasarjana di University of Auckland:
Bidang Seni, Humaniora, dan Ilmu Sosial – NZD 22,080 sampai NZD 33,720
Bidang Perdagangan dan Administrasi – NZD 28,680
Bidang Pendidikan – NZD 22,080 sampai NZD 33,720
Bidang Teknik – NZD 33,720
Bidang Hukum – NZD 28,680
Bidang Kedokteran – NZD 37,080
Pada dasarnya untuk jenjang pascasarjana mahasiswa akan diminta untuk membayar biaya penuh selama program studinya dan bukan biaya tahunan. Biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa internasional di Selandia Baru akan sama jumlahnya dengan yang dibayarkan pelajar lokal Selandia Baru.


Dalam hal pembiayaan kuliah ini pelajar internasional bisa mencoba untuk mengajukan bantuan keuangan dan juga program beasiswa yang masing-masing universitas akan memiliki pilihannya masing-masing. Pada akhirnya sangat dianjurkan untuk mengunjungi website resmi dari masing-masing universitas di Selandia Baru untuk memastikan biaya yang harus dibayarkan untuk program dan jenjang yang akan diambil.

Jadi, kenapa masih ragu untuk memutuskan kuliah di Selandia Baru? Kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak akan kamu temukan di negara lain jika kuliah di Selandia Baru. Kamu akan lebih dekat dengan alam itu sudah pasti. Perkiraan biaya sudah ada juga yang bisa kamu gunakan untuk memperhitungkan apakah kamu akan bisa menanggung pembiayaan sejumlah itu ketika kuliah di Selandia Baru atau tidak. Pilihan ada dalam diri kamu sendiri. Semoga berhasil.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top