Kuliah Teknik Sipil? Pilih California Institute of Technology (Caltech)

Salah satu perguruan tinggi di dunia yang sangat bisa kamu jadikan pilihan jika kamu ingin benar-benar mendalami bidang Teknik Sipil adalah California Institute of Technology atau Caltech. Menurut www.thecivilengg.com Caltech berada pada peringkat 9 perguruan tinggi terbaik di dunia untuk bidang Teknik Sipil pada tahun ajaran 2015/2016. Situs www.thecivilengg.com itu sendiri merupakan pusat informasi segala hal yang berkaitan dengan Teknik Sipil termasuk tentuya perguruan tinggi atau universitas terbaik dalam bidang tersebut.

California Institute of Technology memang lebih dikenal dengan nama singkatnya yaitu Caltech. Di perguruan tinggi ini baik fakultasnya dan juga mahasiswanya sangat bersemangat dalam mencari jawaban paling tepat untuk berbagai pertanyaan seputar Teknik Sipil. Bermacam pengetahuan baru juga senantiasa diungkapkan guna menciptakan inovasi-inovasi dalam bidang Teknik Sipil demi masa depan dunia dan kehidupan yang lebih baik.

Kampus dari Caltech terletak di kawasan Pasadena, California, Amerika Serikat dengan luas 124-acre. Hingga tahun 1920, perguruan tinggi ini bernama Throop University sejak didirikan pada tahun 1891. Selanjutnya setelah berganti nama menjadi California Institute of Technology, tidak ada lagi pergantian nama hingga saat ini.


Caltech sangat berdedikasi untuk mencerdaskan dan memperluas pengetahuan bagi manusia dengan cara melakukan penelitian-penelitian yang terintegrasi erat dengan penyampaian pendidikannya. Berbagai rumusan masalah yang paling rumit merupakan santapan dari Caltech bersama para mahasiswanya yang bertujuan akhir untuk menghasilkan lulusan yang pandai serta kreatif ketika nanti harus berinteraksi dengan masyarakat serta lingkungan terkait dengan bidang Teknik Sipil itu sendiri.

Saat ini di Caltech terdapat kurang lebih 300 staff pengajar resmi yang memberikan perbandingan 3:1 untuk mahasiswa dengan staff pengajarnya. Disamping itu ada juga sekitar 600 staff peneliti yang beraktifitas di Caltech. Dalam hal jumlah mahasiswanya, saat ini terdapat 1,001 mahasiswa jenjang sarjana dan 1,254 mahasiswa jenjang pascasarjana. Lulusan dari Caltech saat ini tersebar di seluruh penjuru dunia yang berjumlah total sekitar 22,930 orang.

Tidak meragukan juga tentu jika Caltech masuk dalam dafta universitas terbaik untuk bidang Teknik Sipil karena memang bermacam penghargaan sudah berhasil diraih oleh lulusan dan mahasiswanya. Penerima penghargaan Nobel ada 34 orang dari Caltech. Selain itu ada 58 orang yang mendapatkan National Medal of Science dan 13 orang penerima National Medal of Technology and Innovation.

Fasilitas Internasional Caltech
Selain aktif dalam kegiatan kuliah di lokasi kampusnya sendiri, Caltech juga mempunyai fasilitas-fasilitas pendukung yang lingkupnya sudah internasional. Jet Propulsion Laboratory atau yang dikena juga sebagai JPL merupakan salah satu fasilitas internasional Caltech yang dikelola oleh NASA sejak tahun 1958. Total sekitar 5,000 orang menjadi staff di JPL yang hingga saat ii sudah mengorbitkan 19 pesawat luar angkasa beserta 8 instrumen pendukung tentu untuk misi luar angkasa. Total lebih dari 100 penelitian dan kerjasama dalam berbagai misi sudah dijalin dan dilakukan bersama pihak dari kampus Caltech. Beberapa misi terbaru dari JPL antara lain Juno, Mars Science Laboratory, NuSTAR, dan Aquarius.


Selain JPL ada juga Caltech Seismological Laboratory yang sudah dikenal mendunia dalam hal penelitian untuk bidang geophysical. Fasilitas ini merupakan pusat dari berbagai penelitian untuk seismic studies, mineral physics, dan juga high-performance computing. Fasilitas ini juga menjadi sumber terpercaya untuk berbagai informasi mengenai gempa bumi khususnya di wilayah Southern California dan bahkan secara umum di seluruh dunia juga.
Caltech juga mempunyai semacam cabang dari jaringan International Observatory Network yang bereada di beberapa lokasi. Fungsinya tentu untuk bisa saling memberikan perkembangan terbaru terkait dengan bidang ilmu yang menjadi fokus Caltech. Cabang-cabang dari International Observatory Network Caltech antara lain:
W. M. Keck Observatory (Hawaii)
Palomar Observatory (California)
W. M. Keck Array (Antartica)
Owens Valley Radio Observatory (California)
Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (Washington & Louisiana)
Cerro Chajnantor Atacama Telescope (Chile 2017)
Thirty Meter Telescope (Hawai 2020) 

Pembagian Divisi Studi di Caltech
Menentukan bidang yang lebih spesifik sebelum mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa di sebuah universitas atau perguruan tinggi itu sangat penting. Begitu juga jika kamu berniat menjadi mahasiswa di Caltech nantinya. Berikut ini adalah pembagian cabang dari program studi yang tersedia di Caltech yang dinamakan sebagai divisi studi.
Division of Biology and Biological Engineering (Biology and Biological Engineering)
Division of Chemistry and Chemical Engineering (Chemistry and Chemical Engineering)
Division of Engineering and Applied Sciences (Engineering and Applied Sciences)
Division of Geological and Planetary Sciences (Geological and Planetary Sciences)
Division of Humanities and Social Sciences (Humanities and Social Sciences)
Division of Physics, Mathematics, and Astronomy (Physics, Mathematics, and Astronomy)


Pendaftaran
Selanjutnya jika kamu sudah menentukan bidang studi yang akan kamu ambil di Caltech, kamu harus mengikuti dan melakukan prosedur pendaftaran yang sesuai dengan studi yang akan kamu tempuh di Caltech. Universitas ini menyediakan studi jenjang sarjana dan pascasarjana yang tentu saja metode dan prosedur pendaftarannya akan berbeda. Buka halaman-halaman berikut ini untuk mengetahui prosedur pendaftaran dari masing-masing jenjang yang mana yang akan kamu ambil.
Jenjang sarjana (undergraduate admissions)
Jenjang pascasarjana (graduate admissions)
Tidak perlu khawatir mengenai pembiayaan studi di Caltech karena ternyata juga ada program bantuan pembiayaan yang ditawarkan oleh pihak Caltech. Selengkapnya mengenai hal tersebut bisa menuju ke halaman bantuan keuangan dari Caltech.

Kontak Resmi Caltech
Merupakan satu hal yang sangat mungkin dan wajar jika kamu berniat mencari dan menanyakan informasi-informasi mengenai Caltech secara langsung. Jika demikian, kamu bisa menggunakan kontak-kontak berikut ini sesuai dengan bagian dan divisinya masing-masing tentunya.
Pencarian Orang atau Kantor Divisi
direktori pencarian Caltech
Mendaftar ke Caltech
E-mail: ugadmissions@caltech.edu (sarjana)
pendaftaran jenjang pascasarjana (pascasarjana)
Mengirimkan Ide Kreatif
E-mail: newsoffice@caltech.edu 
Menghubungi Media Relations (HuMas)
E-mail: mr@caltech.edu
Alamat surat resmi
1200 E. Calivornia Blvd., Pasadena, CA 91125
Telepon: (626) 395-6811

Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.