Mau Kuliah di Malaysia? Pahami Urusan Visa Pelajar atau Student Pass di Malaysia

Malaysia bisa jadi merupakan satu negara pilihan kamu untuk melanjutkan kuliah dan bahkan nantinya bekerja disana. Satu hal yang perlu diing...

Malaysia bisa jadi merupakan satu negara pilihan kamu untuk melanjutkan kuliah dan bahkan nantinya bekerja disana. Satu hal yang perlu diingat dan diperhatikan terlebih dahulu tentunya adalah masalah visa karena memang di Malaysia diperlukan visa untuk izin tinggal bagi siapapun yang berasal dari luar kawasan Malaysia. Tentunya jika kamu melanjutkan kuliah ke Malaysia kamu harus tinggal disana selama masa studi yang kamu tempuh berlangsung. Tergantung dari jenjang studi yang kamu ambil maka waktu tinggalmu di Malaysia juga akan berbeda-beda. Sangat penting untuk memastikan urusan visa ini sudah beres terlebih dahulu tentunya sebelum kamu mulai beraktifitas di Malaysia. Kali ini akan dibahas mengenai visa khususnya untuk pelajar yang disebut dengan Student Pass yang memang sangat penting perannya dalam studi yang kamu ambil di Malaysia.

Ketika berurusan dengan masalah visa satu hal yang sering menjadi kekhawatiran adalah prosesnya yang ribet. Akan teta[i hal tersebut tidak terjadi dengan proses pengurusan visa di Malaysia. Secara umum dalam proses pembuatan visa untuk pelajar internasional di Malaysia relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang terkenal lebih ketat dalam hal visa bagi pendatang. Nah kamu bisa meninggalkan kekhawatiranmu dalam hal visa seketika.



Proses pengurusan visa di Malaysia khususnya untuk visa pelajar bisa menjadi sangat mudah karena pada dasarnya pihak universitas dimana kamu diterima untuk menempuh studi akan membantu kamu. Dengan adanya bantuan dari universitas yang berarti merupakan pihak dalam negeri Malaysia tentu sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak akan mengalami kesulitan sama sekali untuk bisa mendapatkan visa pelajar untuk kuliah di Malaysia.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah bahwa kamu memang sudah diterima di salah satu universitas atau institusi pendidikan di Malaysia. Pastikan kamu sudah membereskan semua hal mengenai penerimaan mahasiswa baru di universitas dimana kamu akan menempuh studi di Malaysia. Universitas atau institusi pendidikan yang kamu pilih tersebut haruslah yang memang mendapatkan ijin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar internasional. 

Begitu kamu sudah resmi diterima di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Malaysia, pihak dari universitas atau perguruan tinggi akan mengajukan sebuah formulir yang bernama Student Pass Application Form kepada pihak imigrasi Malaysia guna mendapatkan Student Pass. Nah dengan mendapatkan Student Pass yang kemudian diberikan kepada kamu tersebut maka nantinya kamu sudah bisa memasuki wilayah Malaysia dan tinggal disana dengan status pelajar internasional.

Kaitannya dengan keperluan pembuatan Student Pass tersebut yang dibantu oleh pihak universitas atau perguruan tinggi dalam mengajukan permohonannya ke pihak imigrasi, kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang memang diperlukan dalam pembuatan Student Pass tersebut. Pastikan bahwa dokumen yang kamu siapkan sudah sesuai termasuk format dan juga jumlahnya masing-masing.

Dalam hal ini kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen yang meliputi:
Pas foto terbaru ukuran paspor
Fotokopi paspor atau dokumen perjalanan
Surat dari Universitas yang menerima kamu sebagai mahasiswa di Malaysia
Surat pernyataan kesanggupan secara finansial
Surat keterangan sehat

Selain visa, jika kamu menjadi mahasiswa di Malaysia sedangkan kamu berasal dari luar Malaysia maka kamu perlu juga mempunyai yang namanya Personal Bond. Universitas atau institusi dimana kamu diterima untuk kuliah di Malaysia akan mewakili kamu dalam menanda-tangani Personal Bond ini. Pada dasarnya Personal Bond ini adalah semacam surat tanggungan dengan biaya yang bervariasi tergantung dari negara asal kamu. Pelajar internasional dari Indonesia akan diharuskan membayar sebesar RM500 yang nantinya akan dikembalikan jika proses perkuliahan di Malaysia sudah selesai. Surat ini menjadi semacam jaminan yang menyatakan bahwa kamu memenuhi semua syarat keimigrasian untuk tinggal dan menempuh studi di Malaysia.

Dalam permohonan Student Pass untuk menempuh studi di Malaysia waktu yang dbutuhkan biasanya adalah dua minggu saja.Waktunya memang sangat cepat dibandingkan beberapa negara lain yang lebih lama. Nantinya pihak imigrasi akan memberikan surat tanda bukti bahwa permohonannya diterima untuk kamu melalui pihak universitas. Sebelum berangkat ke Malaysia pastikan kamu sudah mengantongi surat tanda bukti tersebut jika tidak ingin mengalami masalah dalam hal pengurusan visa atau Student Pass untuk studi di Malaysia.

Selain memastikan bahwa kamu sudah mendapatkan surat tanda bukti diterimanya permohonan Student Pass untuk tinggal di Malaysia sebagai mahasiswa, kamu juga harus menginformasikan tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan kamu di Malaysia jadi pihak universitas akan bisa menyediakan fasilitas penjemputan nantinya. Tentu kamu tidak mau repot dalam hal transportasi menuju universitas setibanya kamu di Malaysia bukan?

Setibanya kamu di Malaysia dengan memastikan bahwa kamu sudah membawa bukti penerimaan universitas dan juga bukti penerimaan permohonan Student Pass, kamu harus menunjukkan surat bukti penerimaan permohonan Student Pass kepada pihak imigrasi. Setelah ditunjukkan kepada pihak imigrasi maka paspor yang kamu miliki akan diproses dan nantinya akan ditempeli Student Pass yang menunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa internasional yang sedang menempuh studi di Malaysia. Proses ini akan berlangsung selama beberapa minggu kedepan. Biasanya juga pihak universitas yang akan menyelesaikan perihal ini jadi kamu tidak perlu ribet dalam mengurusnya asalkan memang semua syaratnya sudah lengkap dan memang tidak bermasalah.



Setelah prosesnya selesai kamu akan bisa membawa paspormu kembali yang tentu sudah mendapatkan semacam tempelan tanda yang menunjukkan bahwa kamu memiliki Student Pass sebagai mahasiswa internasional di Malaysia. Student Pass ini tidak berlaku selamanya karena harus diperbarui setiap tahunnya. Untuk proses memperbarui Student Pass ini kamu harus membayar sebesar RM50. Biaya untuk proses pembuatan Student Pass itu sendiri akan bervariasi tergantung dari negara asal pemohon. Kisaran biayanya adalah antara RM15 hingga RM90. Kamu harus memastikan bahwa kamu tidak lupa dalam memperbarui Student Pass tersebut ya demi kenyamanan tinggalmu di Malaysia selama proses menempuh studi disana.

Khusus untuk proses memperbarui atau perpanjangan Student Pass yang kamu miliki tersebut kamu perlu melaporkan ke pihak universitas dalam waktu paling lambat dua bulan sebelum masa berlakunya habis. Kamu cukup melaporkan kepada pihak universitas karena mereka akan membantumu untuk proses perpanjangannya sampai selesai. Pastikan kamu menghubungi bagian layanan untuk pelajar internasional di universitasmu ya jika kamu ingin mendapatkan bantuan dalam hal ini.

Nah itu tadi adalah mengenai visa pelajar atau Student Pass yang harus kamu miliki untuk kuliah di Malaysia. Prosesnya sangat gampang karena kamu akan sangat dibantu oleh pihak universitas jika memang kamu sudah diterima di universitas pilihanmu. Meskipun prosesnya sangat mudah dengan adanya bantuan dari pihak universitas, kamu harus memastikan bahwa kamu memahami segala hal mengenai Student Pass tersebut mulai dari persyaratan, biaya, lalu juga batasan-batasan waktu khususnya untuk perpanjangan.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mau Kuliah di Malaysia? Pahami Urusan Visa Pelajar atau Student Pass di Malaysia
Mau Kuliah di Malaysia? Pahami Urusan Visa Pelajar atau Student Pass di Malaysia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0I_DCD-gp24nYLnwGLegLoy9ZN9o6VBwiwE_WhF15C1CjqJpY4nnmbKOK2oceICUMlMl4CX68-GYZQoUPJ8tM1OQO5JWIQWWyS_uCl5e6CTEZOVKXVDcrfYoihuqEfpgyoN8nEz87lB8/s640/Snap+2016-01-09+at+13.18.22.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0I_DCD-gp24nYLnwGLegLoy9ZN9o6VBwiwE_WhF15C1CjqJpY4nnmbKOK2oceICUMlMl4CX68-GYZQoUPJ8tM1OQO5JWIQWWyS_uCl5e6CTEZOVKXVDcrfYoihuqEfpgyoN8nEz87lB8/s72-c/Snap+2016-01-09+at+13.18.22.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/01/mau-kuliah-di-malaysia-pahami-urusan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/01/mau-kuliah-di-malaysia-pahami-urusan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy