Artikel Terbaru

Mengenal Dunia Pendidikan di Hong Kong

Meskipun bukan merupakan sebuah negara, Hong Kong sering dikira sebagai satu negara di kawasan Asia. Faktanya Hong Kong adalah sebuah kawasan yang berada di bawah kendali pemerintahan Tiongkok. Nama resminya adalah Hong Kong Special Administrative Region of the People’s Republic of China. Hong Kong terletak di bagian selatan dari Tiongkok yaitu di Pearl River Estuary dan South China Sea. Bagian utara dari Hong Kong berbatasan dengan Guangdong Province of Mainland China. Sekitar 7,2 juta penduduk dari beragam latar belakang terdaftar sebagai penghuni Hong Kong yang terkenal akan pelabuhannya. Berdasarkan jumlah penghuni yang terdaftar tersebut Hong Kong termasuk dalam salah satu kota terpadat di dunia.

Sebagai satu kota yang memang sudah sangat terkenal di dunia, Hong Kong juga menjadi pilihan tujuan kuliah di luar negeri bagi banyak mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia. Sistem pendidikannya masih sangat terpengaruh oleh Inggris karena dulunya wilayah Hong Kong termasuk dalam wilayah koloni Inggris. Pengetahuan luas, pembelajaran keahlian khusus, kemampuan interpersonal, penerapan pengetahuan dalam praktek, dan juga topik-topik sosial budaya merupakan karakteristik dari fokus dalam sistem pendidikan yang ada di Hong Kong. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di Hong Kong, akan sangat lebih baik jika kamu sudah memahami berbagai hal mengenai sistem pendidikannya. Dengan demikian kamu tidak akan merasa kaget bahwa ternyata kamu tidak cocok dengan sistem pendidikan disana.


Institusi Pendidikan
Hong Kong memiliki cukup banyak institusi pendidikan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi disana meskipun memang tergolong sebagai kawasan yang kecil. Total ada 11 institusi pendidikan yang ada di Hong Kong berdasarkan daftar 2016 University Web Ranking dari 4icu. Dari berbagai institusi pendidikan tersebut gelar yang nantinya bisa didapat juga tentu beraneka ragam.

1. Institusi Swasta
Salah satu kategori dari institusi pendidikan yang ada di Hong Kong adalah institusi swasta. Pendidikan umum, spesialis, dan juga yang lebih technical dalam berbagai bidang ada dan ditawarkan oleh institusi swasta di Hong Kong. Salah satu contohnya adalah Seni Pertunjukan yang tersedia di Hong Kong Academy for Performing Arts.

2. Kolese Post-Sekunder yang Diakui
Selain adanya institusi pendidikan swasta, di Hong Kong ada juga pilihan Kolese Post-Sekunder yang memang sudah diakui dalam hal keberadaannya dan hasil lulusannya nanti. Ada banyak macam kualifikasi yang diberikan oleh jenis institusi pendidikan ini mulai dari gelar sarjana hingga sekedar sertifikat saja. Beberapa nama bahkan diperbolehkan menggunakan sebutan universitas secara resmi. Hong Kong Shue Yan University dan hang Seng Management College merupakan contoh dari institusi jenis ini.

3. Lembaga Anggota Vocational Training Council
Pada dasarnya yang termasuk dalam kelompok ini adalah politeknik-politeknik yang mempunyai fokus studi pada keahlian-keahlian yang bisa langsung diterapkan dalam banyak bidang umum seperti misalnya seni dan juga sains. Gelar yang ditawarkan oleh kelompok institusi ini mulai dari Diploma Lanjutan hingga Sarjana. Total di Hong Kong ada 13 lembaga yang termasuk dalam kelompok ini namun hanya 3 saja yang menawarkan program studi internasional yaitu Hong Kong Design Institute, Hong Kong Institute of Vocational Education, dan Technological and Higher Education Institute of Hong Kong.

4. Universitas
Total di Hong Kong ada 8 universitas yang memang didanai secara resmi oleh pihak pemerintah Hong Kong. Program yang ditawarkan meliputi Diploma, Sarjana, Master, dan juga Doktorat. Studi di universitas semuanya disampaikan dalam bahasa Inggris. Pada tahun 2012 banyak program studi yang awalnya hanya 3 tahun dirubah menjadi 4 tahun agar lebih bisa memastikan bahwa mahasiswanya benar-benar siap bersaing setelah lulus nanti. 


Jenjang Kuliah
Seperti di kebanyakan lokasi tujuan kuliah di luar negeri, ada pembagian jenjang secara umum dalam hal kuliah yaitu sarjana dan pascasarjana. Hong Kong sendiri dalam hal kuliah jenjang sarjana dan pascasarjana mempunyai perbedaan yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah disana.

1. Program Sarjana
Karena memang dalam hal sistem pendidikannya masih meneruskan yang dimulai Inggris ketika Hong Kong menjadi koloninya, dalam jenjang sarjana strukturnya sama dengan Inggris. Major atau jurusan utama adalah bidang yang diambil mahasiswa dalam kuliahnya yang selain itu juga boleh mengambil minor atau fokus lain selain major tadi. Dalam jenjang sarjana lama studi biasanya selama 4 tahun khususnya setelah banyak program 4 tahun disamakan menjadi 4 tahun. Kemungkinan untuk mengambil studi dengan gelar ganda sangat bisa di Hong Kong karena ada beberapa institusi yang menawarkan program demikian. Tentu dengan adanya dua gelar yang nanti bisa didapatkan oleh mahasiswa saat lulus maka waktu studi yang harus ditempuh juga lebih lama dari kuliah jenjang sarjana dengan hanya satu gelar saja. Dalam hal SKS untuk jenjang sarjana bisa berbeda-beda antara institusi pendidikan di Hong Kong. Satu contohnya adalah di University of Hong Kong yang setiap mata kuliahnya memiliki nilai 6 SKS dengan total 60 SKS setara untuk waktu studi satu tahun akademik. Seperti juga di Indonesia mahasiswa bisa mengambil lebih banyak atau justru lebih sedikit dari jumlah normal dalam satu tahun untuk SKS.

2. Program Pascasarjana
Melanjutkan jenjang sarjana tentu ada juga jenjang pascasarjana di Hong Kong. Dalam jenjang ini akan ada dua jalur yang bisa dipilih oleh mahasiswanya yaitu jalur penelitian dan jalur pembelajaran. Kedua jalur tersebut tersedia untuk jenjang Master maupun jenjang Doktorat dalam level pascasarjana ini. Dalam jenjang pascasarjana ini lamanya waktu studi adalah satu tahun yang sudah termasuk modul penelitian, pelaksanaan praktek, dan juga penulisan thesis dan disertasi sebagai tugas akhirnya.


Budaya Akademis
Selain mengetahui berbagai pilihan yang ada dalam jenjang kuliah dan juga institusi-institusi pendidikan yang bisa dipilih ketika mengambil studi di Hong Kong, kamu juga paling tidak harus mengenal yang namanya budaya dalam hal dunia akademis di Hong Kong. Hal ini akan membuat kamu mampu mempersiapkan diri ketika nanti harus sudah mulai menjalani kehidupan sebagai mahasiswa internasional di Hong Kong.

Meskipun struktur pada sistem pendidikan di Hong Kong menggunakan dasar seperti Inggris, namun kebudayaan dasar lingkungan di Hong Kong yaitu Tiongkok akan sangat jelas terlihat. Kerja keras selama menempuh studi tanpa mengabaikan nilai-nilai sosial disekitarnya adalah keharusan bagi para mahasiswa di Hong Kong. Mahasiswa harus bisa belajar secara independen dan juga mampu mencari sumber biaya tambahan yang akan bisa digunakan untuk menunjang pembiayaan kuliah mereka. Selain itu dalam hal komunikasi di Hong Kong, gaya komunikasi yang digunakan cenderung sopan dan sangat menghargai orang-orang yang lebih tua atau senior.

Setidaknya hal-hal tersebut adalah yang mendasar dan harus kamu ketahui mengenai pendidikan di Hong Kong. Jika nanti kamu akan melanjutkan studi di Hong Kong, maka kamu sudah paham dengan situasi dan kondisi di Hong Kong kaitannya dengan dunia pendidikan disana.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top