Perkiraan Biaya untuk Kuliah di Belanda

Belanda, salah satu negara di kawasan Eropa yang juga memang salah satu anggota dari Uni Eropa ini memang tidak asing di telinga orang Indon...

Belanda, salah satu negara di kawasan Eropa yang juga memang salah satu anggota dari Uni Eropa ini memang tidak asing di telinga orang Indonesia. Faktanya dahulu kala Belanda adalah salah satu negara yang menjajah Indonesia. Memang benar demikian, namun itu dahulu sekali. Saat ini Belanda menjadi salah satu negara pilihan dari para mahasiswa dari Indonesia yang berniat melanjutkan studi di luar negeri. Jika saat ini kamu sedang dalam periode akhir SMA atau kuliah jenjang S1 dan nantinya ingin melanjutkan studi ke luar negeri, sudah sepantasnya kamu mulai mempertimbangkan pilihan-pilihan yang ada dan jangan sampai kamu tidak mengikutkan Belanda dalam pertimbanganmu.

Negara yang mempunyai ibu kota bernama Amsterdam ini tercatat memiliki 56 perguruan tinggi menurut 4icu. Dalam daftar tersebut adalah Technische Universiteit Delft yang berada dalam peringkat pertama di Belanda untuk kategori 2015 University Web Ranking. Sementara itu di QS World University Rangkings 2015/2016, University of Amsterdam berada di peringkat 55 dan yang tertinggi dari universitas-universitas serta perguruan tinggi di Belanda lainnya. Saat ini di Belanda ada lebih dari 80,000 orang mahasiswa internasional yang ada di Belanda untuk melanjutkan studi mereka termasuk diantaranya berasal dari Indonesia. Salah satu alasan untuk kuliah di Belanda adalah bahwa ternyata jika dibandingkan dengan beberapa negara Eropa lainnya, biaya yang diperlukan relatif lebih murah.



Biaya Kuliah
Dalam hal pembiayaan, biaya kuliah adalah yang paling penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk mengikuti proses seleksi dan pendaftaran di berbagai universitas dan perguruan tinggi di Belanda. Berikut adalah perkiraan biaya kuliah di Belanda yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk kuliah di Belanda nantinya. Jika kamu ingin mengetahui biaya yang lebih jelas, rinci, dan akurat, pastikan untuk mengunjungi situs resmi dari universitas-universitas yang ada di Belanda.

1. Program Sarjana
Dalam jenjang studi S1 atau sarjana di Belanda setiap mahasiswa akan dikenakan biaya pendaftaran yang berkisar antara EUR 50 – EUR 100. Selanjutnya tentu ada biaya kuliah itu sendiri yang memang berbeda di setiap universitasnya. Salah satu contohnya adalah di Erasmus University of Rotterdam mahasiwa harus membayar biaya kuliah sebesar EUR 6,900 setiap tahunnya untuk Ilmu Ekologi dan Teknik. Selain itu juga ada berbagai program di Rotterdam School of Management dengan biaya kuliah sebesar EUR 8,200 untuk setiap tahunnya. Salah satu bantuan dalam hal pembiayaan kuliah yang bisa kamu ambil adalah beasiswa untuk mahasiswa dari Nuffic.

2. Program Pascasarjana
Selain jenjang S1 atau sarjana tentu ada juga pilihan program untuk kuliah di Belanda pada jenjang studi S2. Kisaran umum untuk biaya kuliah jenjang pascasarjana di Belanda adalah EUR 8,000 untuk setiap tahunnya. Berikut ini adalah contoh kisaran biaya yang lebih jelas untuk masing-masing bidang yang berdasarkan pada pembiayaan kuliah pascasarjana di Belanda periode tahun ajaran 2013/2014:
Seni dan Sastra EUR 10,500
Ilmu Pendidikan dan Sosial EUR 13,000
Ekonomi dan Bisnis EUR 13,000
Hukum EUR 10,500
Life Sciences EUR 13,000
Sains dan Teknologi EUR 13,000
Ilmu Spasial EUR 10,500

Itu tadi adalah perkiraan biaya untuk kuliah di Belanda yang bisa kamu gunakan juga sebagai salah satu bahan pertimbangan jika kamu berniat untuk kuliah di Belanda nantinya. Hal yang perlu diingat adalah bahwa selalu ada pilihan bantuan beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri baik itu dari Indonesia sendiri maupun dari pihak pemerintah negara tujuan kamu kuliah tersebut. Disamping itu masih ada juga program-program beasiswa dari berbagai organisasi pendidikan yang sangat mungkin kamu ambil dan dapatkan.



Biaya Hidup
Selain biaya kuliah yang menjadi biaya utama untuk ditanggung ketika nanti kamu kuliah di Belanda, kamu juga tentu membutuhkan berbagai macam biaya untuk bisa bertahan hidup di Belanda selama masa studi. Secara umum mahasiswa internasional yang tinggal di Belanda dalam rangka menyelesaikan masa studi kuliahnya akan membutuhkan biaya sebesar EUR 800 hingga EUR 1,100 setiap bulannya untuk bertahan hidup. Biaya tersebut tentu mencakup biaya makan dan akomodasi serta berbagai hal lainnya.

1. Makan
Salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya bahkan ketika kamu berada di Belanda untuk menyelesaikan studi adalah makan. Perkiraannya adalah kamu harus menyiapkan sekitar EUR 200 setiap bulannya hanya untuk biaya makan saja. Jumlah ini tergolong mahal. Beberapa universitas dan perguruan tinggi memiliki kantin dengan harga-harga makanan yang lebih murah dibanding membeli diluar. Jika kamu kuliah di universitas atau perguruan tinggi yang memiliki kantin memang lebih baik untuk membeli makanan di kantin tersebut. Pilihan tersebut bisa menjadi alternatif untuk berhemat sehingga kamu bisa menggunakan uangnya untuk keperluan lain. Satu solusi yang paling tepat untuk berhemat dalam hal makan tentu saja adalah dengan menyiapkan dan memasak makanan sendiri atau dengan teman-teman.

Jika kamu sedang memiliki waktu luang atau memang sedang menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan berjalan-jalan, kamu bisa saja membeli makanan di berbagai tempat. Jajan di Belanda tentu harus kamu perhitungkan juga karena cukup terasa mahal. Beberapa pilihan yang bisa kamu beli ketika jalan-jalan dan ingin jajan seperti bir (EUR 3 per gelas), kopi (EUR 2 per cangkir), burger (EUR 3,15), atau seporsi makanan lengkap di restoran khusus mahasiswa (EUR 12,50).

Dalam hal makanan kamu harus ingat bahwa ada diskon dan potongan harga di beberapa bar dan restoran yangakan diberikan kepada mahasiswa hanya dengan menunjukkan kartu mahasiswa. Selain itu sebagai mahasiswa interasional kamu bisa mengajukan permohonan untuk International Student Identity Card yang akan sangat berguna dalam memperoleh diskon di pertokoan, bioskop, bar, dan banyak restoran.



2. Akomodasi
Selain biaya untuk makan sehari-hari selama kuliah di Belanda, kamu juga harus memikirkan biaya tempat tinggalmu atau akomodasi. Perkiraan kasarnya untuk biaya akomodasi di Belanda adalah EUR 300 – EUR 600 setiap bulannya. Banyak dari universitas dan perguruan tinggi di Belanda justru tidak memiliki akomodasi dalam kampus. Hal ini berawal dari fakta bahwa ternyata banyak yang memilih tinggal diluar kampus meski dulu disediakan asrama. Hal ini kemudian membuat pihak universitas dan perguruan tinggi sering membantu pada mahasiswanya untuk mencari tempat tinggal. Biasanya mereka akan bekerja sama dengan agen perumahan agar bisa memberikan solusi tempat tinggal bagi mahasiswanya.

Salah satu universitas yang memiliki asrama atau tempat tinggal di dalam lingkungan kampus adalah University of Twente yang menyediakan 300 kamar untuk mahasiswa internasionalnya. Contoh perkiraan biaya untuk tempat tinggal adalah untuk sebuah kamar di Calslaan oud pada Acasa residence hall adalah EUR 292,10 yang memiliki fasilitas bersama untuk 11 orang. Sementara itu di Calslaan 26 biayanya EUR 420,66 untuk kamar dengan fasilitas yang sama namun hanya boleh digunakan untuk 7 orang.
University of Leiden dalam hal akomodasi bekerjasama dengan agen perumahan untuk menyediakan tempat tinggal dan bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri dalam hal ini harus membayar EUR 350 terlebih dahulu sebagai jaminan.

Selain pilihan akomodasi tersebut ada juga pilihan tempat tinggal diluar kampus untuk disewa dengan kisaran antara EUR 420 – EUR 670 setiap bulannya. Biaya tersebut untuk amar atau juga studio. Ada juga pilihan student hostels dengan biaya EUR 50 per malam dan EUR 595 untuk 1 semester penuh. Jika menginginkan 1 rumah penuh maka kamu bisa saja menyewa langsung dari warga lokal dengan kisaran biaya EUR 300 – EUR 600 per bulan untuk apartemen di Amsterdam. Disamping itu ada juga sewa kamar di Utrecht dengan biaya sekitar EUR 339 per bulan, di Eindhoven EUR 309 per bulan, dan di Rotterdam EUR 373 perbulan.

3. Lain – Lain
Masih ada lagi berbagai biaya lainnya yang akan membebani keuanganmu juga selama kuliah di Belanda. Dari biaya sewa tempat tinggal yang sudah disebutkan tadi beberapa diantaranya belum termasuk listrik, air, internet, dan telepon. Biaya-biaya tersebut termasuk dalam biaya lain-lain ini tentunya. Biaya hiburan seperti tiket nonton bioskop sebesar EUR 10 setiap filmnya untuk 1 kali tayang juga termasuk dalam biaya lain-lain. Asuransi kesehatan dan transportasi juga harus kamu pertimbangkan untuk setiap bulannya. Jika kamu ingin berhemat dalam hal transportasi kamu bisa membeli sepeda seharga EUR 50 karena memang Belanda adalah salah satu kawasan yang nyaman untuk bersepeda di dalam kota.

Dengan adanya perkiraan berbagai biaya tersebut, tentu kamu bisa mempertimbangkan kondisi keuanganmu seandainya nanti kamu akan menempuh studi di Belanda. Kamu bisa mulai menyiapkan rencana juga dalam hal pembiayaan mulai dari sekarang. Semoga berhasil.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Perkiraan Biaya untuk Kuliah di Belanda
Perkiraan Biaya untuk Kuliah di Belanda
https://4.bp.blogspot.com/-Wvm6Lq2KNhE/VpyMQXbmPjI/AAAAAAAAAi0/KLBj2dqu44k/s640/Snap%2B2016-01-18%2Bat%2B13.53.31.png
https://4.bp.blogspot.com/-Wvm6Lq2KNhE/VpyMQXbmPjI/AAAAAAAAAi0/KLBj2dqu44k/s72-c/Snap%2B2016-01-18%2Bat%2B13.53.31.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/01/perkiraan-biaya-untuk-kuliah-di-belanda.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/01/perkiraan-biaya-untuk-kuliah-di-belanda.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy