Artikel Terbaru

Selamat, Osvaldo Rio Juara The Remix Dapat Beasiswa Musik di Amerika Serikat!

Belakangan, nama Osvaldo Rio cukup banyak dibicarakan oleh orang-orang. Hal ini terkait dengan kemenangannya dalam sebuah acara televisi. Dalam acara tersebut, Osvaldo memenangkan tempat pertama sebagai remixer terbaik. Bakatnya di ranah electronic dance music lah yang mengantarkannya menjadi juara.


Meskipun saat ini orang mengenalinya dari bakatnya yang mumpuni di dunia “electronic dance music”, tapi tidak banyak orang yang mengenalnya sebelum acara The Remix ditayangkan salah satu televisi swasta nasional itu. Namun setelah menjadi juara, bahkan dalam sistem pencarian internet, namanya cukup diburu banyak penggemar.

Setelah menjadi juara, ternyata bakat Osvaldo kemudian mulai dilirik oleh orang-orang dari negeri Paman Sam. Bahkan belakangan diketahui, ia mendapatkan beasiswa musik dari salah satu perguruan tinggi musik di sana. Hal ini memang tak jauh-jauh karena debutnya di The Remix.

Dalam acara tersebut, Osvaldo ini berpasangan dengan Melly, mantan vokalis SHE untuk membentuk Monostereo. Kiprah keduanya tidak hanya mencuri perhatian penikmat musik di Indonesia namun juga penikmat musik di Amerika. Hal ini karena tadinya ia sama sekali tidak diunggulkan, namun selama cara tersebut berlangsung ia menunjukkan kualitasnya sebagai remixer.

Bahkan kini talentanya telah dibidik label internasional, yaitu Electronic Dance Music (EDM) Amerika. Lebih mencengangkan lagi, kini ia tercatat sebagai musisi Indonesia pertama yang dikontrak EDM asal Amerika Serikat. Sebenarnya, jauh sebelum acara The Remix, nama Osvaldo ini sudah menjadi jaminan bagi kualitas musik di dunia musik.

Dengan talentanya tersebut, kini beberapa singlenya yang telah tercipta diantaranya Bondowoso, Retreat, Ego, Restless dan lainnya sudah dapat dinikmati khalayak luas. Kerennya lagi, salah satu lagunya berhasil menduduki peringkat 7 dalam situs beatport.com lho! Padahal situs tersebut adalah salah satu situs online musik terbesar di dunia.

Jika kita mau kembali ke belakang sebentar, kita kan melihat bagaimana kehidupan pendidikan dari Osvaldo. Saat ini, ia masih tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Namun setelah kiprahnya di The remix, baru-baru ini ia mendapat tawaran beasiswa untuk kuliah musik di  Berklee College of Music di Boston Amerika Serikat.


Dengan beasiswa tersebut, kemungkinan tahun depan ia akan menetap di Amerika Serikat dan meninggalkan kuliahnya di Indonesia. Apalagi dengan hijrah ke Amerika Serikat, ia bisa lebih serius mengejar karir musiknya di negeri paman Sam itu.  Awal mula dirinya mendapatkan beasiswa ini setelah mengumpulkan demo untuk diikutsertakan dalam persyaratan beasiswa dan ia terpilih dari sekian banyak peserta.

Talenta besar Osvaldo tidak terbentuk begitu saja. Ia melakukan banyak latihan hingga bisa sampai sekarang ini. Bahkan, selain mahir memainkan busik elektronik, Osvaldo juga menguasai sejumlah alat musik seperti drum dan piano. Maklum sejak usia 4 tahun, Valdo sudah dikenalkan alat musik drum oleh pamannya.

Saat ini, di antara musisi EDM, Osvaldo tercatat sebagai musisi yang paling aktif. Ia bahkan telah menyadari dan fokus terhadap bakatnya tersebut sejak tahun 2003 lalu. Tak heran jika ia pernah menjadi club resident di Beijing, China dengan style Trance yang menjadi ciri khasnya hingga saat ini.

Prestasi Osvaldo tak hanya itu saja lho! Album pertamanya sudah mulai dikeluarkan pada tahun 2008 dengan title Escapade001 dan terbilang sukses. Kemudian menyusul ia mengeluarkan album keduanya dengan tajuk Escapade002. Bahkan, Osvaldo juga pernah tercatat pernah menjadi pemenang Paranoia Award yang merupakan ajang bergengsi bagi musisi EDM yang digelar oleh Hard Rock FM. Diantaranya pada tahun 2011 (Local Dance Track- Erase Una Ves), Producer of the year (2012), juga pada tahun 2014 pada kategori Trance DJ of the Year. Di tahun 2015, Osvaldo juga menjadi nominasi pada ketegori DJ OF THE YEAR (DJOTY) yang masih dalam tahap penjurian. Selain berbagai penghargaan itu, OSvaldo juga pernah meraih penghargaan REDMA Awards for Track of the Year pada 2011 dan Remix of the Year (by DTX).

Tak heran jika akhirnya ia mendapatkan beasiswa musik untuk kuliah musik di  Berklee College of Music di Boston Amerika Serikat. Wah, Selamat ya Osvaldo!

Diolah dari berbagai sumber aktualita.co dan kapanlagi.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top