Artikel Terbaru

Seluk Beluk Pengajuan Visa Pelajar Internasional untuk Kuliah di Kanada

Salah satu hal penting yang kamu harus pahami sebelum kuliah di Kanada adalah bahwa dibutuhkan visa pelajar internasional atau sering juga disebut sebagai study permit untuk bisa menempuh studi disana. Oleh karena itu jika kamu berniat untuk melanjutkan studi atau kuliah di Kanada kamu harus menyiapkan visa pelajar ini terlebih dahulu. Kamu bisa mengajukan permohonan visa pelajar ini melalui Citizen and Immigration Canada secara online dari Indonesia. Hal ini tentu harus kamu lakukan setelah kamu mendapatkan offer letter atau semacam surat yang menyatakan bahwa kamu bisa mengambil tempat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kanada. Surat ini juga memang menjadi semacam syarat untuk mengajukan study permit jadi memang harus didapatkan terlebih dahulu.


Selanjutnya setelah mengajukan permohonan maka kamu akan diminta untuk mengisi semacam kuesioner singkat yang tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kamu memang memenuhi syarat untuk mendapatkan visa pelajar internasional. Beberapa hal yang ditanyakan dalam kuesioner tersebut seperti alasan untuk memilih melanjutkan kuliah di Kanada, negara asal, dan juga tentu berbagai informasi pribadi lainnya. Setelah mengisi kuesioner tersebut maka akan ada keputusan tentang layak atau tidaknya kamu untuk mengajukan permohonan visa pelajar ini. Pada dasarnya bisa saja kamu dianggap tidak memenuhi syarat pada tahap ini jadi pastikan bahwa kamu mengisi kuesioner dengan sungguh-sungguh.

Jika kamu dinyatakan memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan visa pelajar internasional maka akan ada beberapa pertanyaan lagi yang harus kamu jawab. Beberapa pertanyaan yang biasa diajukan dalam tahapan ini seperti:
Pernahkan kamu dihukum karena tindakan kriminal?
Apakah kamu akan membawa keluarga nantinya?
Apakah kamu sudah menerima pembiayaan atau sponsor yang membiayai kuliah di Kanada?

Dalam tahapan ini kamu juga harus memastikan bahwa kamu menjawab dengan sungguh-sungguh dan memang sesuai adanya saja. Setelah tahapan pertanyaan selesai maka kamu akan diberikan sebuah kode referensi personal, daftar dokumen yang harus kamu sediakan dalam bahasa Inggris atau Perancis yang memang merupakan bahasa pokok di Kanada, berbagai link yang akan berguna dan bisa digunakan kaitannya dengan pengajuan visa pelajar internasional, dan juga tentunya instruksi selanjutnya. Kode referensi personal sangat penting jadi akan lebih baik jika kamu mencetak halaman yang menunjukkan kode tersebut untuk memastikan agar kamu lebih mudah dalam mencari dan mengingat kode tersebut.

Halaman muka website CIC

Dalam proses pengajuan visa ini kamu harus memastikan bahwa kamu benar-benar menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen utama yang harus kamu siapkan seperti sudah sempat disebutkan tadi di awal adalah bukti penerimaan atau juga offer letter dari universitas atau perguruan tinggi di Kanada yang sudah terakreditasi. Selain itu beberapa pemohon visa juga akan diminta mengumpulkan dokumen data biometris sepert sidik jari dan pas foto terbaru yang ternyata dipengaruhi oleh negara asal pemohon. Kamu juga harus menyiapkan surat atau bukti yang menyatakan bahwa kamu sehat jasmani dan rohani. Untuk mendapatkan surat tersebut kamu harus menjalani tes kesehatan terlebih dahulu tentunya. Surat keterangan berkelakuan baik juga wajib dicantumkan karena kamu tidak akan mendapat kesempatan mengajukan visa jika mempunyai catatan tindak kriminal di negara asal. Terakhir adalah surat tanda bukti kesanggupan biaya atau juga bukti penyelesaian pembiayaan yang dapat berupa pernyataan bank dan juga bukti pelunasan biaya kuliah dan akomodasi. Dalam hal keuangan ini kamu perlu menunjukkan bahwa kamu bisa menyediakan biaya sebesar CAD 10,000 setiap tahun selama masa studi yang kamu ambil di Kanada. Pastikan kembali bahwa semua dokumen tersebut sudah sesuai dengan syarat yang diminta sebelum mengirimkan atau mengumpulkan.

Selanjutnya kamu harus mendaftarkan diri untuk electronic credential atau juga dikenal sebagai key kaitannya untuk mendapatkan akses layanan online dari Citizen and Immigration Canada. Layanan tersebut dinamakan MyCIC yang dalam layanan tersebut kamu akan bisa mengajukan permohonan visa secara langsung. Setelah mendapatkan akses tersebut kamu harus mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan tadi, melengkapi proses pendaftaran atau permohonan visa, membayar biaya pendaftaran atau permohonan visa menggunakan kartu kredit, dan kemudian pada akhirnya mengirimkan pengajuan visa pelajar tersebut. Setelah pengajuan dilakukan dan berhasil maka akan ada pemberitahuan pada akun MyCIC yang kamu gunakan tadi.

Setelah proses pengajuan visa diterima dan berhasil maka kamu akan menerima letter of introduction yang terkadang juga diikuti pemberian visa tinggal sementara. Kemudian di bagian imigrasi Kanada nanti kamu harus menunjukkan dokumen yang dikirimkan tersebut bersamaan dengan paspor. Selain itu salinan atau bahkan dokumen asli dari beberapa dokumen yang tadi sudah kamu kirimkan ketika melakukan pengajuan visa pelajar internasional juga harus kamu siapkan dan kamu tunjukkan pada waktu yang bersamaan. Petugas imigrasi kemudian akan memeriksa dan memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut sesuai dan memang berlaku untuk pada akhirnya akan memberikan kamu student permit. Setelah mendapatkan student permit tersebut kamu bisa mulai tinggal di Kanada sebagai pelajar internasional untuk menempuh studi yang kamu ambil.


Dalam proses pengajuan permohonan visa pelajar di Kanada ini kamu akan dikenakan biaya seperti sudah disebutkan tadi. Jumlah biaya yang harus kamu bayarkan adalah sebesar CAD 150. Selain itu bisa juga ada biaya tambahan yang dikenakan setelah petugas imigrasi Kanada menerima dokumen-dokumen yang memang diminta dalam pengajuan visa. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah bahwa kamu mungkin bisa diminta untuk mengikuti wawancara di kantor perwakilan Kanada di negara asal. Jika memang dibutuhkan kamu akan dihubungi dan tentunya kamu wajib datang jika sudah dihubungi untuk mengikuti wawancara.

Nah, semudah itu caranya jika kamu ingin melanjutkan kuliah di Kanada dan harus membuat visa pelajar internasional untuk bisa tinggal di Kanada selama masa kuliah yang kamu ambil.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top