Artikel Terbaru

Studeren in Nederland: Beasiswa yang Bisa Membantumu Mewujudkan Mimpi Kuliah di Belanda

Belanda adalah salah satu negara di Eropa yang baling banyak diburu untuk dijadikan destinasi kuliah. Salah satu alasannya adalah kedekatan historis dengan Indonesia pada waktu dulu. Alasan lainnya karena memang Belanda menawarkan banyak pilihan program unggulan. Di samping itu, Belanda juga terkenal sebagai negara yang ramah terhadap mahasiswa internasional. Bahkan, Belanda terbilang sering menawarkan program beasiswa untuk para mahasiswa internasional.

Salah satu beasiswa yang cukup sering jadi incara para mahasiswa internasional asal Indonesia adalah Studeren in Nederland atau yang juga lazim disebut dengan StuNed. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang diburu oleh mahasiswa asal Indonesia. Nah, sebenarnya apa sih Syu Ned itu?

StuNed atau Studeren in Nederland adalah program beasiswa yang merupakan bagian integral dari kerjasama bilateral antara Pemerintah Belanda dan Indonesia. Tujuan utama dari StuNed adalah untuk memperkuat sumber daya manusia dalam organisasi Indonesia dan hubungan bilateral antara Belanda dan Indonesia pada waktu yang sama. StuNed ini sendiri dimulai pada tahun 2000 dan telah memasuki fase ke-4 pada tahun 2010. Rata-rata lebih dari 200 mahasiswa Indonesia per tahun diberikan beasiswa StuNed. Program ini dilaksanakan oleh Nuffic Neso Indonesia atas nama Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia.

Prioritas

StuNed bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia dari dengan fokus pada mahasiswa Indonesia yang sangat baik dan profesional. Selanjutnya, program beasiswa memfasilitasi kontak antara orang dan organisasi dari Indonesia dan Belanda, sehingga memperkuat kerjasama bilateral antara kedua negara. StuNed dengan ini berfokus pada bidang-bidang berikut yang menarik untuk Indonesia serta Belanda:

- Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi
- Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur
- Keamanan dan Aturan Hukum
- Air
- Agro-Pangan dan Hortikultura
- Manajemen Kesehatan

Program studi yang memenuhi syarat

Beasiswa StuNed sendiri diberikan dalam tiga modalitas yang berbeda dan pada prinsipnya semua program yang ditawarkan oleh Belanda penyedia pendidikan tinggi dapat memenuhi syarat :
• Program Guru : program magister dengan durasi kurang dari dua tahun , dan dengan hubungan yang jelas dengan tujuan program StuNed .
• Kursus Singkat : kursus singkat dengan durasi lebih dari 2 minggu dan kurang dari 12 minggu dengan hubungan yang jelas dengan tujuan program StuNed .
• Tailor Made Training : Tailor membuat program didefinisikan sebagai program pendek yang khusus disesuaikan berdasarkan permintaan dari lembaga Indonesia . Tanggal mulai , lokasi dan / atau kerangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan lembaga dan akan bervariasi untuk setiap Tailor Made Training . Lembaga Belanda dapat mengungkapkan minat mereka sekali program pelatihan yang dimasukkan ke dalam lelang melalui Nuffic.

Persyaratan Umum

Untuk kamu yang memilih program magister ketika mendaftar aplikasi StuNed, maka kamu harus memenuhi persyaratan berikut ini.

1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Mendapatkan persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
5. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).
7. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
8. Tidak ada batas umur.

Pilihan Program Studi

StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Pengecualian berlaku untuk distance-learning course dan joint-program antar universitas. Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda. Terlampir adalah gambaran tentang beberapa bidang studi terkait bidang prioritas tersebut.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa ini, kamu bisa melihat langsung di situs nesoindonesia.or.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top