KARINA GEUMALA PUTRI: Mimpi Tanpa Aksi Maka Tetaplah Mimpi, Tantanglah Diri Untuk Mewujudkannya!

Karina Geumala merupakan salah satu mahasiswa asal Indonesia yang berhasil sampai di Korea Selatan untuk menempuh program master. Kisah pen...

Karina Geumala merupakan salah satu mahasiswa asal Indonesia yang berhasil sampai di Korea Selatan untuk menempuh program master. Kisah pengalamannya selama di Korea Selatan tentu akan sangat menarik dan menginspirasi banyak orang di Indonesia yang juga memiliki impian yang sama untuk kuliah di Korea Selatan. Nah, berikut ini hasil wawancara dengan Karina Geumala seputar pengalamannya kuliah di Korea Selatan.

Introduction

Perkenalkan nama saya Karina Geumala Putri. Asal saya dari Serang, Banten. Saya sedang menempuh pendidikan bahasa Korea selama 1 Tahun di Kangwon National University. Insya Allah awal September ini akan memulai kuliah S2 di Kyung Hee University, Seoul. Jurusan yang saya ambil yaitu Oriental Pharmaceutical Science.



Kangwon National University dan Kyung Hee University

Kangwon National University: 

Kangwon National University (KNU) merupakan salah satu kampus favorit di wilayah Kangwon-do, dan sebagaimana universitas nasional lainnya, untuk permasalahan tuition tidak semahal universitas swasta. KNU merupakan kampus yang sangat luas dan fasilitas yang dimiliki pun lengkap dan tertata dengan baik. selain itu jurusan yang tersedia disini pun cukup banyak.

Kyunghee University:

Kyung Hee University merupakan kampus swasta yang terbilang baru namun academical achievement-nya sudah sangat banyak. Keindahan arsitektur dan lingkungan universitas dari Kyunghee University ini sangat terkenal dikalangan warga Korea dan foreigner.

Saat mulai merasakan kuliah di sana, apakah Kak Karina menemukan ada peraturan yang dirasa unik dan berbeda? Bisa diceritakan Kak, apa saja itu?

Untuk aturan saya rasa hampir semua universitas di sini memiliki peraturan yang cukup sama. universitas di sini sangat ketat mengenai masalah absensi dan jam masuk. Namun, masalah pakaian yang dipergunakan saat kelas umumnya tergantung dari jurusan dan profesor.

Bagaimana untuk masalah fasilitas di kampus tempat Kak Karina kuliah? 

Fasilitas yang dimiliki KNU menurut saya terbilang sangat memuaskan. Di sini perpustakaan dibuat senyaman mungkin bagi mahasiswa untuk belajar karena pada umumnya menjelang ujian, banyak mahasiswa bermalam di perpustakaan untuk belajar. Tidak hanya fasilitas belajar, fasilitas olahraga yang dimiliki pun sangat baik dan memuskan. Di sini yang saya tahu terdapat 4 fasilitas olahraga, lapangan bola sekaligus track lari, tennis field, indoor stadium, dan softball field, dan keseluruhan fasilitas olahraga tersebut memiliki ukuran yang sangat luas. Untuk pelayanan administrasi dan fasilitas lain penunjang kegiatan belajar dalam kampus menurut saya sangatlah lengkap. seperti dormitory, bookstore, stationary store, post office, bank dan masih banyak lagi. hanya saja untuk fasilitas document printing agak sedikit rumit karena harus mempunyai tiket yang hanya bisa dibeli di tempat tertentu dan juga dengan syarat tertentu.

Pengalaman Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa



Saya berkesempatan melanjutkan kuliah S2 di Korea Selatan melalui beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program). Beasiswa KGSP ini cukup terkenal dan meyakinkan karena beasiswa yg ditawarkan merupakan beasiswa full cover baik untuk school tuition dan living cost. untuk mendapatkan beasiswa ini terbilang tidaklah mudah karena aplikan yang mendaftar sangatlah banyak dan perlu diketahui beasiswa ini menawarkan 2 jalur. Jalur pertama adalah kamu mendaftar melalui embassy Korea Selatan di Indonesia, dan jalur kedua adalah kamu mendaftar langsung pada universitas yang kamu tuju. Kamu hanya diizinkan memilih salah satu jalur tersebut dan masing-masing jalur memiliki nilai lebihnya masing-masing.

Saya di sini kebetulan scholars melalui embassy recommendation. Jalur rekomendasi kedubes ini memiliki 3 seleksi dimana seleksi pertama akan dilakukan oleh tim dari kedutaan besar Korea Selatan untuk Indonesia, yang kedua seleksi akan dilakukan oleh tim NIIED (kementrian pendidikan Korea Selatan yang mengurus program beasiswa KGSP). Dan yang terakhir adalah seleksi akan dilakukan oleh kampus yang kamu pilih. Untuk aplikan yang medaftar melalui jalur embassy diizinkan untuk memilih 3 universitas baik dengan jurusan yang sama maupun berbeda, namun aplikan yang memilih jalur rekomendasi universitas hanya diizinkan memilih satu universitas yang diinginkan.

Oleh karena itu saya sarankan disini bagi teman-teman yang sudah merasa yakin akan pilihan universitasnya bisa langsung mendaftar melalui universitas karena pada jalur universitas tidak terdapat seleksi ke-3 yaitu seleksi universitas karena pada seleksi pertama universitas yang dituju akan langsung menyeleksi dokumen kita.

Dan saya juga menyarankan bagi teman-teman yang memiliki mimpi untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Korea agar membaca guideline beasiswa yang telah dipublish oleh tim NIIED secara seksama. Baik itu mengenai dokumen yang harus dipersiapkan maupun aturan-aturan yang ditetapkan oleh pihak pemerintah Korea Selatan.

Kak, apakah di sana ada beasiswa yang disediakan khusus untuk mahasiswa asing? Beasiswa apa saja kak?

Untuk beasiswa khusus dari kampus saya kurang tahu tapi yang saya tahu di sini terdapat beasiswa profesor dimana profesor dari universitas yang kamu tujulah yang akan memberikan kamu beasiswa. Namun untuk lebih lanjutnya saya kurang paham.

Karakter Masyarakat dan Cara Beradaptasi

Masyarakat Korea disini terbilang ramah terhadap pendatang mengingat pendatang disini berasal dari berbagai macam negara. Tentu saja saya memiliki waktu untuk beradaptasi seperti bahasa dan budaya kehidupan disini. mengingat ini Korea Selatan, mereka termasuk negara dengan huruf non-alfabetik jadi bagi teman-teman saya sarankan setidaknya untuk bisa membaca hangul sebelum datang kesini. untuk makanan, makanan korea terbilang beragam dan memiliki rasa cenderung pedas jadi saya rasa bagi teman-teman yang tidak bisa memakan makanan pedas harus bisa menemukan cara untuk mengatasinya seperti memakan makanan bersama radish (makanan sampingan dari lobak yang umumnya disediakan resto-resto Korea) atau dengan meminta pada pemilik resto agar dibuatkan makanan yang tidak begitu pedas.

Kalau saya sendiri permasalahan bahasa merupakan proses adaptasi yang cukup menantang di awal kedatangan saya di sini. Mengapa demikian? Karena setiap harinya kita harus berbicara bahasa Inggris dengan teman-teman scholars lainnya dari berbagai negara dan setelah belajar bahasa Korea, kita harus berbicara dalam bahasa Korea. Setiap harinya kita dipaksa untuk mempergunakan lebih dari 1 bahasa hehe. Cara mengatasinya tidak ada, hanya menunggu diri kita terbiasa untuk melakukan itu setiap harinya. dan jangan takut untuk salah dalam belajar bahasa, karena kita di sini pendatang dengan bahasa utama yang juga bukan bahasa Inggris. Semangat !


Meskipun belum memulai program master, Kak Karina tetap sudah merasakan bagaimana proses belajar mengajar di sana. Apakah Kak Karina sempat menemui kesalahan dengan kegiatan perkuliahan tersebut? Bagaimana cara Kak Karina mengatasinya?

Kegiatan perkuliahan umumnya tidak ada masalah, namun kehidupan belajar dan mengajar di sini sangatlah cepat dan terbilang sangat sibuk. Setiap harinya diberikan PR dan materi-materi yang semakin sulit dan banyak. Namun ketika bosan saya memilih untuk berkumpul dengan teman-teman dan belajar bersama. Stres akan hilang, ilmu pun dapat. win win solution~

Saat menjadi mahasiswa baru, bagaimana pengalaman Kak Karina? Bagaimana cara penyambutan mahasiswa baru di sana Kak?

Sejauh ini orientasi dilakukan indoor dengan memperkenalkan budaya Korea dan memberikan schedule untuk masa perkuliahan yang akan ditempuh. Juga umumnya mereka akan memberikan penjelasan mengenai fasilitas dan hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai proses belajar mengajar (seperti pendaftaran mata kuliah yang dipilih dll).

Motivasi Untuk Pelajar Indonesia

Menurut saya, segala sesuatu memang berawal dari mimpi. Namun bagaimana mimpi itu bisa jadi kenyataan, itu ada di tangan kita. Jadi, mimpi akan selamanya menjadi mimpi kalau kita tidak melakukan apa-apa untuk membuatnya menjadi kenyataan. Untuk teman-teman agar selalu berpikiran positif. Nikmatilah proses belajarmu tidak hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus tapi juga untuk mendapatkan pengalaman hidup. Karena setiap harinya kamu mendapatkan pengalaman yang berharga yang mungkin kita tidak menyadarinya. Jadi... terus bersemangat dan jangan putus asa dalam menggapai mimpi kamu ya~
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: KARINA GEUMALA PUTRI: Mimpi Tanpa Aksi Maka Tetaplah Mimpi, Tantanglah Diri Untuk Mewujudkannya!
KARINA GEUMALA PUTRI: Mimpi Tanpa Aksi Maka Tetaplah Mimpi, Tantanglah Diri Untuk Mewujudkannya!
https://3.bp.blogspot.com/-7kUoFLJCGws/VrMW1PfVV4I/AAAAAAAAJMM/nrqMhgVF8Hg/s640/Geumala%2B1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-7kUoFLJCGws/VrMW1PfVV4I/AAAAAAAAJMM/nrqMhgVF8Hg/s72-c/Geumala%2B1.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/02/karina-geumala-putri-mimpi-tanpa-aksi-tetaplah-mimpi-maka-wujudkanlah.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/02/karina-geumala-putri-mimpi-tanpa-aksi-tetaplah-mimpi-maka-wujudkanlah.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy