Artikel Terbaru

Beberapa Alasan Penting Kenapa Kuliah di Malaysia

Dunia pendidikan dalam lingkup internasional memang sangat luas. Hal tersebut tentu disebabkan oleh banyaknya universitas, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan di berbagai negara yang memberikan kesempatan dan membuka peluang bagi mahasiswa internasional untuk menempuh studi. Selain itu juga ada kemungkinan bahwa sebuah universitas atau perguruan tinggi bisa memiliki cabang di negara lain. Salah satu contohnya adalah The University of Nottingham Malaysia Campus yang merupakan cabang dari University of Nottingham di Inggris. Secara keseluruhan universitas ini berada di tiga lokasi yaitu pusatnya di Inggris dan dua cabang di Malaysia dan Tiongkok. UNMC sendiri bukan cabang yang baru saja beroperasi di karena pada tahun 2015 lalu sudah berusia 15 tahun. Meskipun merupakan cabang dan lokasinya di luar Inggris namun sistem pendidikan yang digunakan di UNMC sepenuhnya menggunakan sistem pendidikan di Inggris. Hal ini merupakan satu dari sekian banyak keunggulan UNMC karena meskipun lokasinya di Malaysia tetapi standar dari sistem pendidikannya setara dengan Inggris.


Khusus buat kamu yang masih bingung menentukan universitas pilihan untuk kuliah di Malaysia atau bahkan masih belum menentukan negara pilihan untuk kuliah ke luar negeri, berikut ini adalah hal-hal yang menjadikan UNMC dan Malaysia sebagai pilihan menarik untuk kuliah di luar negeri:

Standar pendidikan di UNMC seperti sudah disebutkan tadi menggunakan standar Inggris jadi suda tentu tingkatannya tinggi. Namun satu hal yang pasti adalah dari segi biaya tentu tidak akan sama mahalnya jika mengambil studinya di Inggris secara langsung. Biaya memang merupakan satu faktor penting bagi mahasiswa internasional yang melanjutkan studi di negara asing. Bagi mahasiswa dari Indonesia melanjutkan kuliah di Malaysia khususnya di UNMC memang sebuah pilihan menarik karena memang ada jaminan kualitas pendidikan setara Inggris dengan biaya Malaysia.

Selajutnya mengenai biaya hidup dan berbagai kebutuhan di Malaysia juga sudah tentu lebih murah jika dibandingkan kuliah di negara-negara favorit pilihan mahasiswa internasional untuk kuliah seperti Inggris, Amerika Serikat, atau juga Australia. Dalam waktu satu bulan di Malaysia akan dibutuhkan biaya sejumlah RM1000 hingga RM1500 yang sudah mencakup berbagai biaya seperti makan, kamar, hiburan, dan lain sebagainya.

Malaysia tidak hanya memiliki satu atau dua tempat untuk menempuh studi yang menggunakan standar dari luar Malaysia. Ada sebuah program pendidikan bernama Canadian Pre-University Programme (CPU) adalah satu contohnya. Program ini menggunakan standar dari Kanada yang tentu berbeda dibanding standar Malaysia apalagi Indonesia. Sebagai pelajar dari Indonesia apalagi jika belum mengenal dan merasakan sistem pendidikan Internasional mungkin akan membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu. Namun yang pasti adalah bahwa pada akhirnya hal ini akan meningkatkan kualitas dari pelajar atu mahasiswa itu sendiri.

Kembali ke UNMC, satu program menarik dari universitas ini adalah adanya program pertukaran mahasiswa ke dua lokasi lainnya dari University of Nottingham. Hal ini berarti sebagai mahasiswa UNMC kamu akan bisa mengunjungi kampus Inggris dan Tiongkok dalam program pertukaran mahasiswa tesebut. Program tersebut dilakukan pada tahun kedua pada dua semesternya. Sangat menarik bukan?

Jika kamu mengambil jenjang S1 di UNMC maka kamu hanya akan membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk lulus. Hal ini tentu berbeda dari Indonesia yang rata-rata program S1 membutuhkan waktu empat tahun dan bahkan bisa saja lebih untuk lulus. Hal ini bisa dicapai karena di sistem pendidikan Inggris semua sudah difokuskan untuk mahasiswa sesuai jurusan atau bidang yang diambil. Hal ini akan sangat membantu mahasiswa untuk lebih cepat dalam menyelesaikan studi lalu melanjutkan studi jenjang selanjutnya atau bahkan bekerja. Intinya tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mendapatkan gelar S1 dengan sistem pendidikan di Inggris yang hal ini bisa kamu dapat di UNMC.

Malaysia sendiri merupakan sebuah negara dengan beragam penduduk ditambah dalam hal pendidikan internasionalnya juga ada banyak mahasiswa dari berbagai negara. Di UNMC sendiri ada sekitar 40% mahasiswa Internasional yang berasal dari berbagai negara misalnya Sri Lanka, Mauritus, Tiongkok, Korea, India, Jepang, dan lainnya. Hal ini akan sangat membantu dalam mengasah kemampuan berkomunikasi yang tentu sangat penting selama menjalani kuliah di Malaysia.


Itu tadi adalah hal-hal seputar UNMC dan Malaysia yang menjadikannya sebagai paket pilihan menarik untuk kuliah di luar negeri. Mahasiswa internasional di Malaysia meningkat hingga 100% sejak tahun 2007 menurut The Malaysian Insider pada tahun 2015. Jadi kenapa masih ragu untuk kuliah di Malaysia?



Mau Tau Cara Gampang Kuliah ke Luar Negeri?

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top