Hal-Hal Penting Mengenai Pendaftaran Kuliah di Swedia

Salah satu hal yang termasuk dalam hal-hal penting kaitannya dengan kuliah ke luar negeri adalah pendataran. Nah jika kamu ingin kuliah di S...

Salah satu hal yang termasuk dalam hal-hal penting kaitannya dengan kuliah ke luar negeri adalah pendataran. Nah jika kamu ingin kuliah di Swedia maka akan sangat diperlukan pemahaman yang menyeluruh seputar tata cara pendaftaran kuliah di Swedia yang bisa dibilang rumit serta membingungkan jika belum tahu sama sekali. Namun jika sudah mencari informasi sebelumnya dan sudah memahaminya maka tidak akan ada lagi kesulitan ketika hendak mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa di Swedia. Jika kamu ingin mengenal lebih dekat Swedia dalam berbagai hal untuk penjajakan sebelum kuliah disana maka kamu bisa mengunjungi halaman resmi Swedish Institute (Swedish Institute) yang tentu akan sangat membantumu dalam mempersiapkan diri.



Swedia menyediakan tiga program pendidikan yang bisa diambil oleh mahasiswa internasional yaitu program sarjana, master, dan juga doktorat. Masing-masing program tentu mempunyai sejumlah persyaratan masing-masin yang wajib dipenuhi agar mahasiswa internasional bisa diterima dan menempuh studi di Swedia. Mahasiswa yang sudah berhasil menyelesaikan sejumlah mata pelajaran akan diberikan gelar sesuai dengan tingkat penyelesaian masing-masing yang tentunya berbeda satu dengan yang lain. Khusus dalam studi yang lebih mengedepankan penelitian maka mahasiswa diharapkan sudah memulai penelitian setidaknya satu tahun sebelumnya. Dalam hal ini mahasiswa sangat diperlukan untuk bisa menentukan dan memastikan mata kuliah yang diambilnya sudah sesuai dan dapat diterima di jurusan yang dipilih. Hal ini akan meminimalisir salah jurusan yang pada akhirnya bisa berdampak pada tidak maksimalnya pencapaian dari mahasiswa dan bahkan bisa berujung pada tidak selesainya kuliah dari mahasiswa yang bersangkutan. Khususnya jika kamu mendapatkan kesempatan kuliah di Swedia dengan pendanaan beasiswa, hal ini harus sangat diperhatikan.

Pada akhir bulan Agustus adalah merupakan waktu dimana program akademis tahunan di Swedia dimulai yang baru akan berakhir pada akhir bulan Juni tahun selanjutnya. Pada program internasional terdapat jadwal yang berbeda mengenai pendaftarannya yaitu dimulai pada bulan Januari untuk mengikuti program kuliah yang dimulai pada bulan Agustus untuk semester pertama atau juga untuk semester kedua pada bulan Januari tahun selanjutnya. Satu hal yang wajib diperhatikan bagi para mahasiswa internasional yang berasal dari luar kawasan Eropa adalah untuk mendaftarkan diri dan masuk pada semester pertama bulan Agustus agar bisa sekaligus menyelesaikan berbagai urusan administrasi yang tentu sangat penting dan bisa jadi memakan waktu jika tidak segera diselesaikan termasuk mencari tempat tinggal juga tentunya.

Proses pendaftaran kuliah yang digunakan di Swedia adalah sistem yang tersentralisasi di University Admissions (University Admissions) yang hal ini sangat menguntungkan karena memungkinkan semua mahasiswa internasional untuk mendaftarkan diri mereka secara online untuk berbagai macam program pendidikan yang tersedia di Swedia dan bisa diambil oleh mereka. Hal ini jelas menunjukkan bahwa memang proses pendaftaran studi di Swedia itu  sangat mudah karena bisa dilakukan di satu tempat saja.



Program pendidikan jenjang sarjana maupun pascasarjana biasanya akan ditutup pada tanggal 15 Januari untuk masuk pada semester pertama dan 15 Agustus untuk mengikuti kuliah mulai semester kedua. Khusus untuk kuliah program pascasarjana jadwalnya sepenuhnya ditentukan oleh masing-masing universitas jadi sangat disarankan untuk mengunjungi halaman resmi masing-masing universitas yang menjadi pilihan jika ingin mengikuti program studi jenjang pascasarjana. Dalam hal pendaftaran ini ada pendaftaran tambahan yang dimulai pada bulan April khusus untuk kuliah di bulan Agustus dan juga mendaftar di bulan Oktober untuk kuliah di bulan Januari tahun selanjutnya. Mahasiswa dari luar kawasan Eropa sangat tidak disarankan untuk mendaftarkan diri pada pendaftaran tambahan ini karena tidak akan mempunyai cukup waktu untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan administrasi dan berbagai hal lainnya.

Selain mengenai prosedur pendaftaran, hal yang juga wajib diketahui adalah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengikuti proses seleksi menjadi mahasiswa Swedia. Dalam hal dokumen yang diperlukan biasanya tidak akan ada banyak perbedaan dari program pendidikan apapun yang diambil. Sudah tentu kamu akan membutuhkan bukti kualifikasi akademis dari program sebelumnya atau bisa dibilang ijazah atau juga sertifikat kelulusan. Hal ini disesuaikan dengan program yang diambil tentunya. Selain itu ada juga kemungkinan untuk menggunakan kredit untuk mata kuliah dari berbagai program atau kursus internasional yang memang diakui oleh perguruan tinggi yang kamu pilih di Swedia. Khusus untuk mahasiswa internasional wajib menunjukkan bukti kemampuan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Beberapa program studi bahkan menganjurkan mahasiswanya untuk menguasai bahasa Swedia dan juga bidang matematika. Jadi harus dipersiapkan dengan benar-benar jika ingin mengajukan permohonan atau pendaftaran kuliah di Swedia.

Untuk memastikan bahwa kamu tidak akan mengalami masalah dan juga halangan ketika mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di Swedia maka kamu harus yakin dengan pilihan jurusan yang diambil. Selain itu kamu juga harus sudah yakin bahwa semua persyaratan sudah dipenuhi baik itu persyaratan umum maupun persyaratan khusus dari universitas au bidang studi yang jelas sangat bisa berbeda satu dengan yang lain. Jika mendaftarkan diri di lebih dari satu program maka pilihan pertama adalah yang akan lebih diutamakan jadi pastikan pilihan pertama sudah yang paling sesuai dengan minat dan juga kemampuanmu. Begitu diterima di pilihan pertama maka pilihan selanjutnya akan dihapus jadi tidak ada kesempatan memilih lagi setelah itu.



Swedia mengedepankan metode memilih segala sesuatunya dalam pendidikan tinggi dengan kebebasan yang penuh tanggung jawab. Hal ini maksudnya adalah bahwa masing-masing mahasiswa yang sudah memilih sebuah bidang studi atau jurusan dianggap sudah 100% yakin bahwa dirinya akan mampu untuk menempuh studi dan menyelesaikan studi di bidang atau jurusan itu. Jadi sudah tentu tidak akan ada kesempatan lagi untuk keluar atau berhenti kuliah dari satu jurusan dan mendaftar di jurusan lain hanya karena ternyata tidak cocok atau merasa tidak mampu melanjutkan dalam bidang atau program yang pertama dipilih.

Nah itu tadi adalah sedikit mengenai pendaftaran kuliah di Swedia yang sebenarnya sangat tidak rumit. Hanya saja memang perlu ditekankan bahwa pilihan yang diambil untuk program studi atau bidang kuliah sangat penting jadi sebagai mahasiswa dari luar Swedia kamu harus benar-benar mempertimbangkan hal itu dengan matang terlebih dahulu. Bagaimana, sudah siap mendaftarkan diri untuk kuliah di Swedia?



Mau Kuliah ke Luar Negeri?
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Hal-Hal Penting Mengenai Pendaftaran Kuliah di Swedia
Hal-Hal Penting Mengenai Pendaftaran Kuliah di Swedia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzisXXaEcahGYiCdEE6HUPKcq6OrXRSbRge0LAWv6r6VGmi0rXPQYIR5EFlqsWZr-nuSU17jVcca_u_1vhnSrK90P9kfwIdY6Nj_-VHbDvJZtMseuY3X9SmcNb77FfVg94JkyQ9JYMZfI/s640/Snap+2016-03-14+at+13.50.50.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzisXXaEcahGYiCdEE6HUPKcq6OrXRSbRge0LAWv6r6VGmi0rXPQYIR5EFlqsWZr-nuSU17jVcca_u_1vhnSrK90P9kfwIdY6Nj_-VHbDvJZtMseuY3X9SmcNb77FfVg94JkyQ9JYMZfI/s72-c/Snap+2016-03-14+at+13.50.50.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/03/hal-hal-penting-mengenai-pendaftaran.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/03/hal-hal-penting-mengenai-pendaftaran.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy