Artikel Terbaru

Kuliah ke Swedia, Kenapa Nggak?

Kawasan Eropa sudah tentu merupakan kawasan yang menjadi pilihan banyak mahasiswa dari berbagai negara di dunia untuk melanjutkan pendidikan mereka. Tentu saja ada banyak pilihan negara di kawasan Eropa tersebut yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi dengan beberapa yang bisa dibilang populer adalah Inggris, Perancis, Jerman, atau juga Belanda. Selain negara-negara tersebut ada juga Swedia yang sebenarnya sangat layak juga dijadikan pilihan untuk kuliah di luar negeri. Salah satu alasannya adalah bahwa pada tahun 2014 lalu Swedia berada dalam peringkat ketiga dalam kategori negara paling inovatif menurut Global Innovation Index. Selain itu dalam hal penggunaan teknologi informasi, Swedia berada dalam posisi pertama.


Tentunya selain peringkat dalam hal inovasi dan penggunaan terknologi tersebut masih ada faktor-faktor lain yang menjadikan Swedia sebagai sebuah pilihan menarik untuk tujuan kuliah ke luar negeri khususnya bagi mahasiswa dari Indonesia. Bagi sebagian mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri pastilah nama Swedia itu masih cukup asing. Dalam hal kuliah ke luar negeri tentu negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, atau bahkan Singapura cenderung lebih populer dibanding Swedia untuk mahasiswa Indonesia. Hal ini jelas bukan berarti bahwa Swedia tidak layak dijadikan pilihan. Skype dan Spotify adalah contoh hasil dari Swedia dalam bidang teknologi yang saat ini digunakan di berbagai negara. Selain itu ada juga nama-nama seperti IKEA, ABBA, H&M, Avicii, Roxett, serta masih banyak lagi yang lain yang juga berasal dari Swedia. Lalu kenapa masih ragu memilih Swedia sebagai negara tujuan melanjutkan studi?

Bahasa
Bahasa dari sebuah negara sering menjadi hal yang dipertimbangkan ketika akan tinggal dan menjalani hidup sementara waktu di negara tersebut. Dalam hal ini mayoritas penduduk Swedia yaitu sejumlah 87% dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tentu saja sangat membantu mahasiswa internasional yang kuliah di Swedia. Mereka tidak perlu harus mempelajari bahasa lokal Swedia terlebih dahulu. Tidak hanya dalam komunikasi sehari-hari, sebagian besar kuliah jenjang S2 di Swedia juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Hal ini adalah sebuah keunggulan dari kuliah di Swedia dibanding negara-negara Eropa lain yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Akan tetapi ada juga pilihan universitas yang memberikan fasilitas belajar bahasa lokal Swedia.


Mahasiswa Lokal
Mahasiswa lokal Swedia tentu akan menjadi bagian dari kehidupan sebagai mahasiswa internasional di Swedia. Satu hal yang perlu diketahui dari awal adalah bahwa mahasiswa lokal Swedia cenderung lebih tertutup dengan orang-orang baru. Namun seiring berjalannya waktu bisa saja interaksi dengan mahasiswa lokal Swedia akan lebih dekat dan mudah. Selain itu tentu masih ada mahasiswa-mahasiswa lain seperti dari Jerman, Perancis, Portugal, Spanyol, dan berbagai negara lain jadi tidak harus selalu berinteraksi dengan mahasiswa lokal Swedia.

Universitas
Bidang pendidikan di Swedia merupakan satu keunggulan dari negara ini karena memang sistem pendidikan yang digunakan Swedia dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Masing-masing universitas atau perguruan tinggi di Swedia memiliki keunikan masing-masing sehingga dari segi kualitas semuanya akan sama baiknya. Mengenai universitas di Swedia ada nama-nama seperti Lund University dan Uppsala Universitet yang menjadi universitas tertua di lingkup negara-negara Skandinavia. Selain itu ada juga KTH Royal Institut of Technology serta Chalmers University of Technology yang terdepan pada bidang teknologi. Disamping itu masih ada juga Karolinska Institute sebagai yang terbaik dalam bidang kesehatan bahkan masuk peringkat ketiga dunia dalam bidang tersebut. Stockholm University juga ada di Swedia sebagai universitas terdepan dalam bidang ilmu sosial dan humaniora. Selain itu masih ada lagi University of Gothenburg yang mengedepankan kombinasi seimbang antara pembelajaran dan penelitian sesuai dengan perkembangan-perkembangan terbaru di dunia. Jika pilihannya belum cukup masih ada Umea University dan Linkoping University yang meski tergolong baru namun dari segi kualitas juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika bidang yang dicari adalah bisnis maka ada nama Jonkoping University yang sangat terkenal dalam dunia pendidikan bisnis internasional. Selain itu juga masih ada institusi-institusi pendidikan lainnya di Swedia yang juga bisa dijadikan pilihan.


Kenapa Swedia?
Mengenai kuliah di luar negeri saat ini sudah bukan waktunya lagi untuk hanya terpaku pada pilihan yang itu-itu saja. Amerika Serikat dan juga Inggris memang masih sangat populer karena memang daftar universitas terbaik di dunia dalam berbagai versi masih didominasi oleh universitas-universitas dari kedua negara tersebut. Akan tetapi hal ini tidak lantas menjadikan universitas di negara-negara lain kurang berpotensi. Selain itu semakin banyak juga kesempatan untuk kuliah di luar negeri selain di kedua negara tersebut. Secara akademis maupun individu, kualitas mahasiswa internasional yang menempuh studi di Swedia akan sangat meningkat karena memang Swedia memberikan kesempatan luar biasa melalui berbagai universitas dan institusi pendidikan tinggi unggulannya. Jadi, sekali lagi, sudah saatnya membuka lebih lebar kesempatan untuk kuliah ke luar negeri salah satunya dengan menjadikan Swedia sebagai tujuan atau pilihan. Kamu sudah siap?



Rahasia Mahasiswa Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top