Mengenal Kota Sheffield di Inggris

Inggris adalah satu negara yang sangat populer dijadikan pilihan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi termasuk oleh mahasiswa dar...

Inggris adalah satu negara yang sangat populer dijadikan pilihan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi termasuk oleh mahasiswa dari Indonesia. Dalam daftar universitas terbaik di dunia, universitas-universitas di Inggris berada dalam peringkat teratas. Hal itulah yang menyebabkan kuliah di Inggris adalah satu hal yang diinginkan banyak orang. Terlepas dari hal-hal tersebut ada satu kota di Inggris bernama Sheffield yang juga bisa dijadikan tujuan untuk kuliah di Inggris. Kota ini dikenal sebagai sebuah kota pelajar dan juga merupakan salah satu kota paling aman di Inggris yang menjadikannya sebagai sebuah pilihan tepat untuk kuliah. Selain itu biaya hidup di kota ini juga ternyata bisa dibilang lebih terjangkau dibanding kota-kota besar lain di Inggris. Kota ini memiliki University of Sheffield yang juga termasuk dalam kategori universitas favorit di Inggris. Nah, semakin penasaran dengan kota Sheffield ini?

Seperti Apa Kota Sheffield Itu?
Secara singkat Sheffield bisa dikatakan sebagai satu kota yang sangat indah. Dikelilingi oleh tujuh perbukitan yang indah yang pada akhirnya membuat Sheffield sebagai kota hijau atau alami. Kelebihan dalam hal keindahan kondisi alam ini adalah satu hal yang bisa dibilang langka untuk saat ini. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu menyiapkan dan menggunakan alas kaki yang multifungsi untuk berbagai permukaan tanah karena memang struktur yang berbukit-bukit di Sheffield. Untuk mahasiswa dari Indonesia yang beragama Islam, Sheffield juga sangat cocok karena bahkan di kamus ada Sholat Jumat, pengajian rutin, dan juga kursus bahasa Arab. Makanan-makanan halal juga mudah ditemukan di kota ini. Dibandingkan dengan kota-kota lain di Inggris, komunitas mahasiswa Muslim di kota ini lebih besar. Dari segi lokasi kota ini juga sangat strategis karena terletak di South Yorkshire yang merupakan kawasan tengah dari Inggris. Hal ini mempermudah akses ke berbagai kawasan lain di Inggris jika ingin jalan-jalan. 



Bagaimana dengan Universitas di Sheffield?
Kaitannya dengan dunia pendidikan, pilihan universitas yang banyak tentu bisa membuat kebingungan. Nah, ketika pilihan lokasi untuk melanjutkan studi sudah jatuh pada Sheffield, tidak mungkin akan terjadi kebingungan karena hanya ada dua universitas di kota ini. Meskipun hanya ada dua pilihan universitas yaitu University of Sheffield dan Sheffield Hallam University,mereka tidak tanggung-tanggung dalam menyajikan kualitas pendidikan. Jadi sudah pasti dengan memilih untuk kuliah di salah satu dari dua universitas tersebut kualitas pendidikan yang diterima dan didapatkan nantinya pasti terjamin.
Apakah Biaya Hidup di Sheffield Murah?

Nah permasalahan mengenai biaya ini juga sangat penting tentunya jika dikaitkan dengan fakta bahwa banyak mahasiswa internasional yang memilih untuk melanjutkan kuliah di kota ini. Kisaran biaya hidup secara umum di kota ini untuk periode tahun 2016/2017 adalah sebesar GBP 1,015 setiap bulan. Jumlah ini 25% lebih rendah dibanding biaya hidup di London dan 10% dari sebagian besar kota lainnya di Inggris. Jadi bisa dibilang biaya hidup di Sheffield murah bukan? Dengan kisaran biaya hidup sejumlah itu maka tidak heran jika Sheffield menjadi pilihan banyak mahasiswa internasional yang cukup sering diasosiasikan dengan biaya hidup yang minim.

Akses Transportasi di Sheffield Bagaimana?
Dalam sisi transportasi yang ada di kota ini pilihannya cukup beragam dan semuanya bisa sangat praktis tergantung kebutuhan masing-masing. Sebagai kota yang berada di negara maju, Sheffield menyediakan beragam pilihan sarana transportasi yang sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Tidak seperti di Indonesia yang kesadaran untuk memilih sarana transportasi sesuai kebutuhan masih rendah. Di Sheffield untuk transportasi dalam kota ada bis dimana mahasiswa yang mempunyai UCard bisa mendapatkan tarif spesial yaitu hanya GBP 1. Selain itu ada juga pilihan tiket untuk satu minggu seharga GBP 7 atau bahkan untuk tiga bulan seharga GBP 65.

Selain bis di Sheffield ada juga tram yang harga tiketnya adalah sebesar GBP 77 untuk tiga bulan. Jenis transportasi ini juga sangat nyaman tentunya. Selain itu di Sheffield bisa sangat mudah membeli sepeda dengan harga hanya GBP 40 dalam kondisi bekas dan tanpa perlengkapan seperti helm, kunci pengaman, dan lampu. Jika berniat untuk mendapatkan paket lengkap maka harganya menjadi GBP 80. Di Sheffield sangat memungkinkan untuk bersepeda karena lokasinya yang sangat alami. Namun perlu diperhatikan juga kondisi jalan dan cuaca jika ingin bersepeda.

Pilihan cara bepergian terakhir adalah dengan berjalan kaki yang sangat cocok bagi siapapun yang ingin sekaligus menjaga kesehatan dan selalu berolahraga setiap saat. Dengan kondisi geografis yang terbilang unik karena berbukit-bukit, sangat disarankan untuk memastikan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum berjalan kaki. Selain itu harus disiapkan juga sepatu yang nyaman agar bisa sesuai dengan permukaan jalan yang bervariasi di Sheffield.



Bagaimana dengan Akomodasi di Sheffield?
Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah tentu mengenai tempat tinggal atau akomodasi. Kisaran biaya akomodasi di Sheffield adalah sebesar GBP 50 hingga GBP 120 untuk satu minggu saja yang sudah mencakup biaya listrik dan biaya tambahan lainnya. Kawasan paling dekat dengan University of Sheffield adalah Broomhill yang biaya akomodasi disana antara GBP 65 hingga GBP 7. Jenis akomodasi yeng tersedia bisa berupa shared house atau flat dimana sejumlah lima orang bisa tinggal bersama. 

Pilihan lokasi lain untuk tinggal ada di Walkley dan Crookes yang sedikit jauh dari kampus namun banyak fasilitas pelengkap disekitarnya seperti tempat makan, pertokoan, pub, dan juga dilalui rute perjalanan bis. Jenis akomodasi yang ada di dua lokasi ini biasanya berupa terraced house yang setiap bangunannya bisa menampung hingga empat orang dengan biaya sewa setiap minggunya adalah antara GBP 55 hingga GBP 70. 

Satu lagi pilihan lokasi di Sheffield untuk tempat tinggal adalah City Centre, West Street, dan juga Devonshire Quarter. Biaya disana lebih mahal dibanding tempat-tempat sebelumnya yaitu sekitar GBP 50 hingga GBP 120 setiap minggunya. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang lebih dekat dengan pusat kota. Fasilitas yang ada lebih baik dengan standar bangunan yang lebih luas termasuk adanya kamar mandi di setiap kamar.



Jangan Lupakan Urusan Perut
Urusan makan adalah satu hal yang harus selalu dipikirkan setiap harinya. Beragam jenis makanan bisa didapatkan di kota ini dengan harga yang juga murah. Kisaran biaya makan untuk da orang di restoran take-away adalah sebesar GBP 7 hingga GBP 10 saja. Untuk yang suka kopi, secangkir kopi di Sheffield biasanya dihargai sebesar GBP 2. Jika ingin berhemat maka bisa mencoba memasak sendiri dimana biaya yang dibutuhkan hanya sekitar GBP 5 saja. Banyak tempat makan menyediakan makanan halal seperti salah satunya tentu KFC. Jadi bagi yang beragama Islam tidak perlu khawatir mengenai urusan perut di kota ini ya. Satu lagi yang menyenangkan di Sheffield dalam hal makanan adalah bahwa ada layanan katering yang bisa dipilih untuk menyediakan makanan Indonesia. Luar biasa bukan?

Paling tidak itu tadi adalah hal-hal mendasar mengenai kota Sheffield di Inggris yang sangat bisa dijadikan tujuan untuk melanjutkan studi nantinya jika ingin kuliah di luar negeri. Sheffield membuktikan bahwa kuliah di luar negeri tidak harus selalu mahal dan tidak hanya bisa dilakukan di tempat-tempat terkenal saja misal untuk Inggris sendiri ada London dan Manchester. Dengan berbagai fasilitas dan pilihan yang ada di Sheffield, kota ini sudah menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik dan sangat sayang jika dilewatkan.



KLIK Jika Kamu Ingin Kuliah ke Luar Negeri
KLIK Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Banyak Tentang Kuliah ke Luar Negeri
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mengenal Kota Sheffield di Inggris
Mengenal Kota Sheffield di Inggris
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6rPl6_cfARKyE9ol7QA8MbGFFf9XMN439CBSYRy5qlsioD8e2texhH_95WnkK45Vp0Se5VTqL0bjtJChTe3MhuZHzUP9lXcr196Q-KfOJ-oHjLCuktqj8CNYHrsW_tsghF1gv_C_HaVY/s640/Snap+2016-03-05+at+09.33.11.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6rPl6_cfARKyE9ol7QA8MbGFFf9XMN439CBSYRy5qlsioD8e2texhH_95WnkK45Vp0Se5VTqL0bjtJChTe3MhuZHzUP9lXcr196Q-KfOJ-oHjLCuktqj8CNYHrsW_tsghF1gv_C_HaVY/s72-c/Snap+2016-03-05+at+09.33.11.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/03/mengenal-kota-sheffield-di-inggris.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/03/mengenal-kota-sheffield-di-inggris.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy