Artikel Terbaru

Tips-Tips Penting Seputar Biaya untuk Bertahan Hidup di Sydney

Setiap orang tentu akan membutuhkan adaptasi atau penyesuaian diri jika pindah ke tempat baru baik itu tempat kerja, tempat tinggal, dan tentunya tempat kuliah. Penyesuaian yang dibutuhkan tentu akan lebih banyak dan usahanya harus lebih besar jika lingkupnya adalah kuliah ke luar negeri. Nah kaitannya dengan hal itu, Sydney sebagai sebuah pilihan menarik untuk kuliah ke luar negeri tentu mengharuskan kamu menyesuaikan diri dalam berbagai hal. Sudah tentu kehidupan disana akan sangat berbeda dibanding kehidupan di Indonesia jadi kamu harus benar-benar menyiapkan diri untuk menghadapi kehidupan disana. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan untuk bisa menyesuaikan diri dan bertahan hidup sebagai mahasiswa asing di Sydney Australia.

Biaya Hidup
Masalah biaya sudah pasti merupakan satu hal yang sangat penting bagi mahasiswa asing. Tidak terkecuali mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Sydney. Faktanya biaya hidup di kota ini relatif tinggi. Biaya makan dan tempat tinggal adalah dua biaya yang porsinya paling tinggi setelah biaya kuliah. Namun tentu kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa kamu bisa memenuhi semua kebutuhan biaya selama kamu menempuh studi di Sydney.


Biaya Makan
Satu pilihan yang sudah sangat jelas menjadi pilihan utama jika kamu berniat untuk mengurangi pengeluaran dalam baya makan adalah dengan memasak makanan sendiri. Sudah tentu datu masalah utama mahasiswa Indonesia kaitannya dengan makan adalah fakta bahwa perut Indonesia harus makan nasi. Nah karena di Sydney tidak selalu mudah menemukan tempat makan yang menyediakan nasi maka ini kesempatanmu untuk menghemat dengan memasak nasi sendiri. Kamu tinggal membeli lauk saja atau bahkan jika kamu pandai memasak kamu bisa lebih berhemat dengan memasaknya juga. Kuncinya adalah sebelum berangkat dan mulai kuliah di Sydney kamu harus belajar memasak terlebih dahulu minimal nasi dan masakan untuk lauk yang sederhana namun khas Indonesia. Porsi makanan juga bisa kamu tentukan sendiri pastinya dengan memasak semua sendiri di tempat tinggal.

Biaya Tempat Tinggal
Setelah kamu menyiasati biaya makan sekarang kamu juga harus mempertimbangkan masalah biaya tempat tinggal. Menyewa flat adalah satu pilihan yang paling tepat untuk urusan tempat tinggal karena memang yang paling murah. Kamu bisa menyewa sebuah flat bersama dengan teman hingga 2 sampai 4 orang sekaligus yang penting pemilik tidak mengetahuinya. Biaya sewa flat di Sydney sekitar AUD1,200 untuk satu inggu. Jika kamu masih ingin mengurangi biaya tersebut kamu bisamencari flat yang lokasinya agak jauh dari pusat kota dengan biaya sekitar AUD500 hingga AUD1,000 untuk satu minggu. Pilihan yang lebih murah lagi adalah menyewa flat yang lokasinya di luar kota Sydney dengan harga hanya AUD250 hingga AUD500 untuk satu minggu. Pastikan kamu mencari yang lokasinya dekat dengan jalur kereta karena tiket kereta juga tersedia dalam biaya murah khusus untuk mahasiswa.

Uang Tambahan
Mahasiswa sudah sangat identik dengan kerja sambilan atau part time demikian juga di Sydney. Hal ini juga yang menjadikan alasan banyak mahasiswa asing di Sydney lebih memilih untuk tinggal di pusat kota Sydney. Meskipun biaya hidup lebih mahal namun akan ada banyak pilihan pekerjaan sambilan yang bisa diambil untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi jika kamu ingin mendapatkan uang tambahan selama menjalani studi di Sydney, kerja sambilan adalah sebuah pilihan tepat buat kamu.


Gaji dan Jam Kerja
Dalam hal pemberian gaji di Sydney ada sistem grading yang digunakan. Sistem ini menggolongkan pekerjaan yang tidak membutuhkan pengalaman dalam grade 1 atau grade 2 yang gajinya berkisar antara AUD16 hingga AUD20 per jam. Jenis pekerjaan inilah yang biasanya tersedia dalam format pekerjaan sambilan atau paruh waktu untuk mahasiswa asing yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu sebagai mahasiswa internasional jika ingin mengambil pekerjaan sambilan harus diperhatikan bahwa dalam satu minggu pada masa kuliah hanya boleh bekerja sambilan selama 20 jam saja. Akan tetapi selama liburan tidak ada batasan waktu bekerja. Kisaran jam yang bisa diambil dalam satu hari antara 4 hingga 7 jam.

Jenis Pekerjaan
Fakta bahwa keragaman di Sydney sangat terasa ternyata juga memengaruhi jenis-jenis pekerjaan yang bisa diambil mahasiswa internasional sebagai pekerjaan sambilan atau paruh waktu. Salag satu yang paling populer adalah pekerjaan dalam dunia perhotelan yang mencakup hotel itu sendiri, kafe, dan juga restoran. Jam kerja dalam jenis pekerjaan ini juga lebih fleksibel jadi mahasiswa bisa menyesuaikan jadwal kuliahnya juga. Housekeeping, bell-boy, porter, atau food & beverage adalah posisi-posisi yang tersedia dalam dunia perhotelan untuk pekerjaan sambilan. Sangat dianjurkan untuk mencari pekerjaan sambilan dalam bidang ini karena selain gaji ada juga tips khususnya jika tempat kerjanya memang bintang 4 atau 5 dan sangat terkenal. Tips ini kadang bisa melebihi gaji dan yang pasti tidak ada pajak yang dikenakan untuk tips jadi benar-benar merupakan pendapatan bersih. Menarik bukan? Kerja sambilan dalam bidang ini juga memungkinkan mahasiswa untuk nantinya mendapatkan pekerjaan tetap dalam bidang yang sama. Hal ini bisa sangat besar kemungkinannya jika selama bekerja paruh waktu performanya luar biasa baik.

Informasi Lowongan
Sebelum kamu bisa bekerja sambilan tentu kamu harus mencari lowongannya terlebih dahulu dan juga mengikuti semacam seleksi. Lowongan pekerjaan biasanya akan dicetak dalam bentul selebaran yang diedarkan atau juga dalam bentuk pengumuman di papan pengumuman kampus. Pekerjaan sambilan bisa juga dicari melalui internet di situs Seek.com. Selain itu beberapa perusahaan juga menggunakan kenalan dari karyawan untuk direkrut sebagai pekerja sambilan. Nah ternyata banyak kan caranya untuk bisa mencari pekerjaan sambilan di Sydney. Kuncinya ketika mencari pekerjaan sambilan di Sydney adalah hindari menunjukkan kesan meminta atau mengemis pekerjaan dan tetaplah profesional. Tunjukkan bahwa kamu memang ingin bekerja karena mempunyai minat disana.


Sekarang kamu sudah mengetahui hal-hal mengenai biaya di Sydney yang ternyata bisa disiasati dengan berbagai hal juga. Intinya adalah bahwa biaya hidup yang mahal sekalipun pasti akan bisa terpenuhi asalkan kamu mengetahui caranya seperti yang sudah disebutkan tadi salah satunya dengan bekerja sambilan.



Mau Tau Rahasia Mahasiswa Indonesia Bisa Kuliah di Luar Negeri?

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top