KANIA DEWI NASTITI: Berangkat dari Tangerang Selatan ke Korea Selatan Buat Belajar Master Civil Engineering di Chungnam National University

Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri? Kuliah di negara lain memberikan banyak sekali manfaat pada diri seseorang. Selain ilmu-ilmu...

Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri? Kuliah di negara lain memberikan banyak sekali manfaat pada diri seseorang. Selain ilmu-ilmu baru, seseorang juga bisa mendapatkan banyak pengalaman. Pengalaman untuk hidup mandiri, pengalaman untuk bergaul dengan teman-teman dari berbagai negara, pengalaman untuk hidup jauh dari rumah, dan lain sebagainya. Kania Dewi Nastiti telah merasakan begitu banyak pengalaman sejak ia kuliah di Korea Selatan. Mau tahu apa saja itu? Ini dia hasil wawancara dengan Kania seputar pengalamannya kuliah di Korea Selatan.


Eitsss... Sebelum baca ceritanya mari kita kenalan dulu ya!

Assalamu’alaikum wr wb. Halo teman-teman semua! Namaku Kania Dewi Nastiti atau biasa dipanggil Kane. Asal dari Bandung yang sekarang bertempat tinggal di Tangerang Selatan. Sekarang aku sedang menempuh pendidikan di Korea Selatan (yang Insya Allah bentar lagi beres.. amin). Nama universitasnya sendiri Chungnam National University di Kota Daejeon. Fakultas Civil Engineering, jurusan Civil Engineering¸ laboratorium Hydraulic and Environmental Engineering. Di sini aku sedang menempuh Master’s degree yang perkuliahannya sudah dimulai sejak tahun 2014.

Ini dia Keunikan dari Chungnam National University

Kelebihan dan keunikan dalam hal apa ya? Mungkin aku coba share keunikan kampus-kampus di korea dulu ya dalam hal pengenalan budaya mereka. Biasanya, dalam periode tertentu Spring dan Fall, kampus-kampus di korea selalu mengadakan festival untuk mahasiswa-mahasiswanya. Dan artis-artis yang datang ke festival itu seperti yang suka kalian tonton di Youtube atau drama-drama. Oh iya, kelebihan kampusku kalau sedang cherry blossom, kampusku indah loh! Selain keindahannya, kelebihan universitas Chungnam (yang merupakan universitas negeri di Korea Selatan) adalah jurusannya yang banyak dan bervariasi, selain itu Universitas Chungnam bekerja sama dengan KGSP (Korean Government Scholarship Program) untuk kelas bahasa korea.

Mungkin bisa di perjelas tentang yang dipelajari Mbak Kane di Chungnam University!

Yang dipelajari dari jurusanku adalah semua hal-hal yang berkaitan dengan sumberdaya air (water resources engineering). Termasuk erosi, sedimentasi, banjir. Aku sendiri sedang meneliti banjir dan cara pencegahannya untuk salah satu daerah di Indonesia. Mohon doanya semoga penelitian ini bermanfaat.


Mbak Kane dapat beasiswa yang nggak biasa lho, Mau Tahu?

Iya, Alhamdulillah di Korea ini aku mendapat beasiswa. Beasiswanya adalah beasiswa langsung yang dibayar oleh professor atau biasa disebut beasiswa Research Assistant. Mungkin ini adalah beasiswa yang bisa dibilang paling mudah dalam hal registrasi, namun paling susah untuk dijalankan karena di sini, khususnya aku sendiri, mendapatkan beasiswa dari professor dimana biayanya didapatkan dari proyek-proyek yang dilaksanakan oleh professor. Jadi kenapa disebut Research Assistant Scholarship karena kita di sini akan belajar dan juga ikut dalam bagian salah satu atau beberapa proyek professor yang membuat kita akan merasakan kuliah “rasa” bekerja di Korea ini. Tahu sendiri kan kerja di Korea sistemnya seperti apa? Hehehehe (bukan menakuti loh! Hanya menceritakan yang mungkin akan dialami teman-teman jika mendapatkan beasiswa ini).

Untuk cara apply-nya sendiri cukup simpel dan mudah seperti yang aku katakan sebelumnya. Pertama adalah kalian harus mencari professor yang kalian inginkan. Bisa dimulai dengan mencari nama-nama  professor pada bidang dan universitas yang kalian inginkan. Setelah mendapatkan kontak Beliau, kalian bisa langsung coba untuk e-mail Beliau dan bertanya apakah Beliau sedang mencari atau menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing. Dalam tahap ini, biasanya kalian harus meningkatkan tingkat kesabaran karena gak jarang banyak kasus yang sudah ditunggu bertahun-tahun tapi tetap tidak mendapat balasan e-mail dari  professor yang diinginkan. Jadi harus sabar menunggu.. iya menunggu. Kalau sudah dapat  professor yang diinginkan, dan komunikasi sudah berjalan. Cobalah bertanya-tanya seperti apa jurusan yang Beliau ajarkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa dari Beliau (biasanya beberapa professor mempunyai cara yang berbeda). Seandainya kalian sudah mendapatkan persetujuan, cobalah meminta LoA (Letter of Acceptance) dari Beliau. Nah! Surat inilah yang biasanya menjadi salah satu dokumen untuk mendaftar melalu website kampus yang dituju.

Macam Beasiswa untuk kuliah ke Korea Selatan 

Sebenarnya benar kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Beasiswa yang tersedia untuk bisa sekolah di Korea Selatan banyak. Jadi dibutuhkan keaktifan teman-teman semua untuk mencari informasi secara detail dari beasiswa-beasiswa yang tersedia. Jaman sekarang, internet sudah yang paling lengkap menyediakan informasi. Aku kasih beberapa contoh beasiswanya. Selain Research Assistant Scholarship, ada juga KGSP (Korean Government Scholarship Program), LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), beasiswa DIKTI, KOICA, KGPA, dan masih banyak lagi.

Sistem Belajar dan Gaya Mengajar Dosen

Sistem belajar di sini adalah kita harus aktif. Dimana  professor akan memberikan kalian berbagai informasi (yang terbilang tidak banyak) dan kalian sendiri yang harus mencari tau lebihnya dari buku-buku yang sudah disarankan  professor dan tentu saja internet. Gaya mengajar  professor juga berbeda-beda di sini. Ada yang aktif sekali hingga perlembar textbook dibahas hingga detail, ada juga yang hanya menyediakan slide dan kita yang harus mencari tahu sendiri detailnya dari buku. Ada yang selalu memberi banyak tugas, ada juga yang tidak pernah memberi tugas. Ada yang selalu tidak pernah bertanya-tanya di kelas dan ada juga yang sering menunjuk murid untuk maju ke depan kelas menjawab soal. Jadi, beda-beda cara mengajarnya.

Gaya hidup orang Korea Selatan dan cara beradaptasi

Awal-awal sangat sulit, terlebih karena aku disini seorang Muslim berhijab. Jadi kita harus kuat mengatakan dan meyakinkan  professor beserta teman-temannya bahwa kita tidak bisa melakukan beberapa gaya hidup yang mereka biasa lakukan, contohnya seperti minum alkohol dan memakan beberapa bahan yang diharamkan.

Cara berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia dan kemudahan internet

Untuk komunikasi, di Korea sangat mudah. Kalau teman-teman ingin berkomunikasi dengan keluarga, teman-teman bisa menggunakan fasilitas SKYPE ataupun messenger lainnya. Oh ya, Korea Selatan terkenal dengan negara yang memiliki kecepatan internet nomor satu di dunia. Kalau kalian sedang malas menggunakan internet, di sini juga tersedia international calling card jadi gak ada masalah.

Lebih mudah dibandingkan Indonesia. Di sini banyak tersedia café dan tempat makanan yang sudah pasti memiliki jaringan internet gratis dalam bentuk Wifi. Namun kalo di jalanan, cukup sulit.

Fasilitas Umum

Fasilitas Korea sangat nyaman terlebih untuk kamu-kamu yang suka traveling dan jalan-jalan sendirian. Jangan takut nyasar karena di sini map Naver sangat lengkap dan memilikii informasi yang sangat detail dan juga terintegrasi baik dengan informasi transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat yang kalian akan tuju. Selain itu, masih banyak lagi.

Tempat tinggal selama di Korea Selatan

Selama di Korea, aku tinggal di asrama kampus. Pilihan tempat tinggal di korea selain di asrama kampus, kalian juga bisa tinggal di luar kampus. Banyak juga tempat-tempat yang menyewakan one room atau family room. Tapi, kalau teman-teman ingin tinggal di luar, teman-teman harus menyediakan uang yang sangaaaat banyak untuk deposit tempat tinggal tersebut.

Fasilitas Kesehatan dan Asuransi Kesehatan

Fasilitas kesehatan di Korea sangat baik, namun mahal. Jadi buat teman-teman yang ingin sekolah di sini, sesampainya di Korea jangan lupa untuk mendaftarkan asuransi kesehatan, karena jika tidak mendaftar, biaya yang harus dibayarkan ketika sakit sangat mahal. Hmm.. lebih baik jangan sakit sih.. Tapi hanya untuk jaga-jaga.


Kesibukan sehari-hari

Karena lagi-lagi aku mendapat beasiswa dari  professor, jadi cukup sibuk juga untuk melakukan kegiatan-kegiatan kampus selain belajar dan melaksanakan proyek  professor.  
Tips Buat Teman-Teman Indonesia yang Ingin Kuliah ke Korea Selatan

Tips untuk teman-teman semua, jangan minder duluan untuk kamu yang seandainya ingin melanjutkan kuliah di korea tapi memiliki GPA yang gak tinggi. Coba terus, banyak jalannya. Oh ya, satu hal yang aku alami selama registrasi di website kampus, kesulitan dalam bahasa karena bercampur dengan bahasa korea, jadi banyak-banyak tanya juga sama professornya. Minta dibimbing untuk pendaftaran di website kampus. Dan yang terakhir, jangan pernah berpikiran bahwa semua informasi akan kamu dapatkan begitu saja. Untuk bisa kuliah di Korea, kita harus aktif mencari informasi. Semangat ya, teman-teman semua.

Reporter: Adelina Mayang

You want to know more about us? Klik HERE! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: KANIA DEWI NASTITI: Berangkat dari Tangerang Selatan ke Korea Selatan Buat Belajar Master Civil Engineering di Chungnam National University
KANIA DEWI NASTITI: Berangkat dari Tangerang Selatan ke Korea Selatan Buat Belajar Master Civil Engineering di Chungnam National University
https://4.bp.blogspot.com/-yQerfxz3UzE/VxSMe5oBzKI/AAAAAAAAJRo/mz_4Qny6waIHJDElJqSp5G9avUK3HU4EQCLcB/s640/Kane.png
https://4.bp.blogspot.com/-yQerfxz3UzE/VxSMe5oBzKI/AAAAAAAAJRo/mz_4Qny6waIHJDElJqSp5G9avUK3HU4EQCLcB/s72-c/Kane.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/04/kania-dewi-nastiti-kuliah-ke-korea-selatan-study-in-south-korea-research-assistant-scholarship.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/04/kania-dewi-nastiti-kuliah-ke-korea-selatan-study-in-south-korea-research-assistant-scholarship.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy