BACA INI! Cara Mendaftar Beasiswa Monbukagakusho

Monbukagakusho? Bagi sebagian pelajar yang ingin berkuliah di luar negeri, baik yang mencari beasiswa maupun mandiri (menggunakan ua...

Monbukagakusho?




Bagi sebagian pelajar yang ingin berkuliah di luar negeri, baik yang mencari beasiswa maupun mandiri (menggunakan uang sendiri), bukan hanya Universitas dan Jurusan-nya yang menjadi pertimbangan, namun juga negara tujuan. Negara mana yang akan dipilih sebagai negara tujuan turut menjadi pertimbangan karena kita juga harus mengetahui keadaan negara yang akan menjadi negara tujuan, sebagai contoh apabila negara tujuan tersebut sedang dilanda krisis atau sedang terjadi kerusuhan atau yang lebih parah lagi kalau di negara tersebut sedang terjadi perang. Oleh sebab itu, melakukan riset kepada negara yang bersangkutan juga merupakan hal yang tidak boleh tidak untuk dilakukan.

Berbicara mengenai negara tujuan, benua Eropa memang masih menjadi incaran para pelajar yang ingin kuliah di luar negeri, tapi jangan salah, di Asia sendiri banyak negara maju yang menjadi pusat perhatian bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliar lintas negara. salah satunya adalah Jepang. ya, kemajuan negara Jepang memang membuat dunia kagum. Jepang memang termasuk negara kecil, masih kalah luas wilayahnya dengan Indonesia. Namun kemajuan Jepang yang bertumpu pada Sumber Daya Manusianya telah menyulap negara kecil ini banyak digadang-gadang sebagai salah satu negara pusat teknologi dan otomotif dunia, terbukti dengan berbagai brand keluaran Jepang yang tidak hanya hits di negaranya sendiri namun juga menjadi merek terkenal di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Oleh sebab itu menuntut ilmu atau kuliah di Jepang juga menjadi primadona bagi pelajar di Indonesia terbukti ada sekitar 2500 pelajar Indonesia yang berkuliah di Jepang, dan sebagian besar kuliah menggunakan beasiswa. Banyak pelajar Indonesia yang ingin belajar dari negara Jepang, belajar akan hal apa saja termasuk gaya hidup warga negara Jepang. Karena ketika kita kuliah di suatu negara atau daerah, maka secara otomatis kita juga (sedikit banyak) akan terpengaruh oleh gaya hidup masyarakat di sana, dan gaya hidup warga Jepang yang sangat terkenal akan budaya disiplin ini pasti akan sangat positif bagi pelajar Indonesia yang sedang bersekolah di sana. Maka tawaran untuk kuliah di Jepang, apalagi secara gratis (beasiswa) menjadi hal yang banyak diburu oleh para pelajar Indonesia. Beasiswa untuk berkuliah di Jepang salah satu yang populer  ialah beasiswa dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang yakni MONBUKAGAKUSHO/MEXT. Kedutaan besar Jepang di Indonesia dan konsulatnya di Surabaya, Medan, dan Makasar setiap tahun menyelenggarakan pendaftaran dan penyeleksian para pelajar yang ingin berkuliah di Jepang dengan beasiswa Monbokagasukho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia calon penerima beasiswa antara lain:

Undergraduate/GAKUBU (S-1)
College of Technology/KOUSEN (D-3)
Specialized Training College/SENSHU

Beasiswa ini bersifat penuh, yakni meliputi biaya studi dan biaya hidup tanpa ikatan apapun.

Kualifikasi dan persyaratan beasiswa Monbukagakusho

 1. Undergraduate/GABUKU (S1)

Masa berkuliah bagi penerima beasiswa S1 Jepang ini ialah selama 5 tahun, termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang. Namun bagi penerima beasiswa jurusan Kedokteran Umun, Gigi, Hewan, dan sebagian Farmasi, masa studinya ialah 7 tahun.

Syarat bagi calon penerima beasiswa S1 Jepang/Gabuku antara lain:

1. Merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat
2. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4
3. lahir antara tanggal 2 April 1995 s/d tanggal 1 April 2000
4. Apabila calon penerima beasiswa memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional di bawah 8,4 jangan duu berkecil hati karena mereka masih tetap dapat  mengajukan program S-1 dengan melampirkan Japanese Language Prociency Test (JLPT) Level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT)
5. Bagi pelamar jurusan IPS/Bahasa tidak diperkenankan untuk mendaftar pada bidang studi IPA, namun bagi calon penerima beasiswa SMA jurusan IPA bisa mendaftar bidang studi IPS atau IPA

Materi Ujian Tertulis:

1. IPS-a,b: Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang
2. IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika, dan Bahasa Jepang
3. IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Jepang

Pilihan Bidang Studi:

Calon penerima beasiswa hanya dapat memilih salah satu saja dari 5 lingkup bidang studi utama, antara lain:

1. IPS-a : Law, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese Language, dan lain lain

2. IPS-b : Economics, Business, Administration

3. IPA-a : Science (Mathematics, Physics, Chemistry), Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, information Engineering), Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering), Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering). Bidang lainnya (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology).

4. IPA-b : Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries), Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienic, Nursing), and Science (Biology)

5. IPA-c : Medicine, Dentistry

2. College of Technology/KOUSEN (D3)

Masa studi bagi calon pemerima beasiswa D3 ini yakni selama 4 tahun sudah termasuk 1 tahun belajar bahasa Inggris. College of Technology mempunyai program 5 yang dirancang bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun bagi pelajar lulusan SMA/sederajat calon penerima beasiswa Monbukagakusho untuk program College of technology dapat masuk pada tahun ke tiga. Studi teknik ini sebagian besar terdiri dari eksperimen atau percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan program ini diharapkan menjadi ahli teknik (Engineer).

Syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa College of Technology antara lain:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat Jurusan IPA
2. Mempunyai nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0
3. Lahir antara tanggal 2 April 1995 s/d 1 April 2000

Materi Ujian Tertulis yang diujikan ialah Matematika dan Kimia/Fisika, disesuaikan dengan bidang kategori dibawah ini, antara lain (hanya diperbolehkan memilih salah satu):
1. Kimia : Materials Engineering
2. Fisika : Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Information Communicationand Network Engineering, Architecture, Civil Engineering, Maritime Engineering, dan bidang lainnya.

3. Specialized Training College/SENSHU (D-2)

 Masa studi program ini yakni selama 3 tahun sudah termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang . namun program Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan kejuruan.

Syarat untuk calon penerima beasiswa ini antara lain:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat
2. Mempunyai nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0
3. Lahir antara tanggal 2 April 1995 s/d tanggal 1 April 2000
 4. Bagi calon penerima beasiswa yang mempunyai nilai rata-rata Ujian Nasional di bawah 8,0 dapat melamar program D2 dengan melampirkan Japanese Language Profeciency (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).

Materi Ujian Tertulis yang diujikan ialah bahasa Inggris, Matematika, dan bahasa Jepang. Sedangkan pilihan Bidang Studi yang ditawarkan (hanya diperbolehkan memilih salah satu) antara lain:
1. Technology
2. Personal Care and Nutrition
3. Education and Welfare
4. Business
5. Fashion and Home Economics
6. Culture and General Education

note:
1. Bagi yang berasal dari sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standar nasional (misalnya dengan standar IB/Inernasional), nilainya akan disetarakan esuai di atas. Sehingga bagi calon penerima beasiswa dengan latar belakang sekolah yang menggunakan sistem Internasional diharapkan menyertakan rapor dari semester awal hingga akhir. Namun bagi mereka yang menggunakan sistem UN, maka rapor tidak diperlukan.

2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.

3. Bagi lulusan Undergraduate (S-1) dapat meneruskan ke S-@, dan lulusan College of Technology (D-3) dan Specialized training College (D-2) dapat meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ke tiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.

Langkah-Langkah Pendaftaran

Alur Prosedur pendaftaran beasiswa Monbukagasuskho antara lain:

1. Calon penerima beasiswa harus sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan pihak Jepang
2. Calon Penerima Beasiswa mengisi formulir aplikasi yang dapat di-download pada link.
3. melakukan registrasi secara online melalui link regiater.beasiswamext.or.id kemudian cetak (print out) email konfirmasi registrasi online yang di dalamnya tertera “nomor ujian” yang dikirimkan ke e-mail pelamar. Pelamar diwajibkan untuk mengingat Nomor Ujian masing-masing
4. Menyiapkan berkas dokumen berikut masing-masing 1 rangkap (jangan melampirkan dokumen yang tidak diminta dan jangan dijilid):
a. Lembar print-out konfirmasi registrasi online yang ada “Nomor Ujian”nya
b. Formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap
c. fotokopi ijazah/ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah (wajib)
d. fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah (wajib)
e. fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang sudah memiliki saja
(jangan lupa sertakan link asli beasiswa Monbukagakusho)
http://www.indbeasiswa.com/2016/05/beasiswa-penuh-kuliah-s1-jepang-monbukagakusho.html

Prosedur Seleksi:

1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampikan pada website Kedutaan Besar Jepang (www.id.emb-japan.go.jp) tanggal 1 Juli 2016 dengan menampilkan “Nomor Ujian ” pelamar. Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis di Jakarta/Surabaya/Medan/Denpasar/Makasar pada tanggal 18 s/d 19 Juli 2016
2. Peserta yang lolos ujian tulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta pad bulan Agustus 2016
3. Setelah seleksi wawancara pihak Keduataan Besar Jepang akan merekomendasikan pelamar ke pihak Monbukagakusho sebagai calon kandidat dari Indonesia, dan berkasnya akan bersaing dengan berkas pelamar dari negara lain. Pihak Monbukagakusho akan menyeleksi nilai dan berkas tahap akhir.
4. Peserta yang lolos seleksi akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumunan akhir akan dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Para kandidat akan berakat ke Jepang pada awal April taun 2017

- Waktu pendaftaran yang sudah-sudah dan perkiraan waktu pendaftaran waktu yang akan datang
Untuk tahun 2016 pengumunan seleksinya sebagai berikut:
1. Tanggal 16 Mei 2016 untuk pelamar tahap I
2. Tanggal 9 Juni 2016 untuk pelamar tahan II

Keterangan:
-Tahap I ditujukan bagi pelamar lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya (tidak untuk lulusan tahun 2016)
Pendaftaran Tahap I: 2 Mei s/d 16 Mei 2016
-Tahap II ditujukan bagi lulusan tahun 2016 saja (tidak untuk lulusan tahun 2015 atau sebelumnya)
Pendaftaran Tahap II: 24 Mei s/d 9 Juni 2016
Seluruh berkas dokumen dapat dikirimkan via pos atau diantar langsung pada alamat berikut:
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24 Jakarta 10350
(Cantumkan kode “SMA-2017” pada bagian kanan atas Amplop)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi laman resminya pada www.id.emb-japan.go.jp dan untuk pertanyaan dapat menghubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Selamat melanjutkan impian kuliah di Jepang, pelajar Indonesia !!!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: BACA INI! Cara Mendaftar Beasiswa Monbukagakusho
BACA INI! Cara Mendaftar Beasiswa Monbukagakusho
https://1.bp.blogspot.com/-cqKV5vYcQiA/V0um8zyDV5I/AAAAAAAAJZY/eqwxK33ZM646BAAM0K3Fl_q6R22KA1hNwCLcB/s640/monbu.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cqKV5vYcQiA/V0um8zyDV5I/AAAAAAAAJZY/eqwxK33ZM646BAAM0K3Fl_q6R22KA1hNwCLcB/s72-c/monbu.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/05/baca-ini-cara-mendaftar-beasiswa-monbukagakusho-scholarship-jepang.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/05/baca-ini-cara-mendaftar-beasiswa-monbukagakusho-scholarship-jepang.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy