Artikel Terbaru

Beasiswa Kementerian Agama Republik Indonesia untuk Kuliah di Sudan, Mesir, dan Maroko

Kuliah ke luar negeri tidak selalu harus ke negara-negara yang populer dan sudah dikenal banyak orang. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Australia memang sudah dikenal menjadi tujuan kuliah ke luar negeri baik itu khususnya untuk mahasiswa dari Indonesia maupun mahasiswa dari berbagai negara lainnya. Beberapa negara di kawasan Afrika juga bisa dijadikan pilihan seperti Sudan, Mesir, dan Maroko.

Satu hal yang menggembirakan adalah bahwa ada beasiswa untuk kuliah di ketiga negara tersebut. Program beasiswa ini diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia meneruskan program yang sama pada tahun sebelumnya. Tahun ini yaitu tahun akademik 2016/2017 pihak Kementerian Agama Republik Indonesia kembali membuka seleksi program ini yang terdiri dari program beasiswa dan juga non-beasiswa. Khusus untuk program beasiswa bisa digunakan oleh lulusan SMA, MA, Pondok Pesantren, atau yang sederajat guna melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi. Program ini merupakan sebuah kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah dari ketiga negara tersebut dan dilaksanakan oleh Kemenag termasuk proses seleksinya secara keseluruhan.

Siapapun yang mengajukan permohonan untuk program ini akan diuji kemampuannya dalam bidang akademi, hafalan atau bacaan Al-Quran, serta juga mengenai pemahaman bahasa Arab. Jika dibandingkan dengan program-program beasiswa lain yang populer memang metode seleksi program ini terbilang unik. Tujuan utama dari program ini melalui seleksinya yang berbeda adalah untuk menyaring dan memastikan lulusan SMA, MA, Pondok Pesantren, atau yang sederajat khususnya yang memiliki bakat dan kemampuan dalam pendidikan agama Islam serta bahasa Arab bisa dimaksimalkan lebih jauh potensinya di masa depan. Akan sangat sayang jika bakat dalam dua hal tersebut tidak dimaksimalkan karena tidak melanjutkan sekolah di lingkungan yang tepat.


Cairo University di Mesir

Persyaratan Seleksi
Bagi yang ingin mengikuti seleksi program dari Kementerian Agama ini, berikut adalah hal-hal sebagai persyaratan yang harus benar-benar diperhatikan ketika hendak mengajukan permohonan:
1. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia DISINI 
2. Pas foto terbaru ukuran 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar
3. Melampirkan dokumen legalisir ijazah dari SMA, MA, Pondok Pesantren, atau yang sederajat dengan ketentuan:
Usia ijazah tersebut tidak boleh lebih dari 2 tahun dan khusus untuk tujuan kuliah di Maroko usia ijazah tidak boleh lebih dari 1 tahun
Surat keterangan lulus dari sekolah yang bersangkutan harus dilampirkan jika belum ada ijazah resmi
4. Semua dokumen yang disyaratkan harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran dalam bentuk hard copy saat pelaksanaan seleksi yaitu pada tanggal 19 mei 2016
5. Seluruh pemohon untuk program ini harus mengikuti seluruh proses seleksi yang diadakan sesuai dengan lokasi pendaftaran yang dipilih sebelumnya


Halaman Pendaftaran Beasiswa Kemenag untuk Kuliah ke Sudan, Mesir, dan Maroko

Pendaftaran
Prosedur pendaftaran dari program ini sangat mudah karena hanya harus melakukan pendaftaran online DISINI yang bisa dilakukan mulai dari tanggal 7 Mei 2016 hingga tanggal 15 Mei 2016. Dalam proses pendaftaran tersebut juga pemohon akan memilih lokasi seleksi dimana seleksi tersebut akan diadakan pada tanggal 19 Mei 2016 pada jam 08.30 WIB atau jam 09.30 WITA. Berikut ini adalah pilihan lokasi seleksi untuk program ini yang bisa dipilih sebelumnya:
1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat Tangerang Selatan
2. UIN Sumatera Utara; Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan 
3. UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru; Jl. H. R. Soebrantas No. 155 Km. 18 Simpang Baru Panam Peanbaru Riau
4. UIN Raden Fatah Palembang; Jl. Jend. Sudirman Km. 31/2 Palembang Sumatera Selatan 
5. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta 
6. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; Jl. Gajayana No. 50 Malang 
7. UIN Alauddin Makassar; Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata Gowa Sulawesi Selatan 
8. IAIN Antasari Banjarmasin; Jl. Ahmad Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kalimantan Selatan 
9. UIN Ar Raniry Banda Aceh; Jl. Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh 

Tahapan Seleksi
Dalam proses seleksinya nanti, para peserta seleksi atau pemohon beasiswa ini akan mengikuti 2 jenis ujian yaitu ujian tulis dan ujian lisan. Dalam ujian tulis materinya meliputi Pengetahuan Agama Islam dan bahasa Arab yang didalamnya mencakup teks, tata bahasa, dan insya’. Ujian tulis ini menggunakan bahasa Arab. Sementara itu untuk ujian lisan yang juga menggunakan bahasa Arab materinya meliputi hafalan atau bacaan Al-Quran minimal 2 Juz dan bahasa Arab yang mencakup percakapan, pemahaman teks, dan terjemahan. Hasil dari seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2016 di Website Resmi Direktorat Pedidikan Tinggi Islam


Halaman Home dari Website Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id atau telepon ke (021) 3812344.



Klik DISINI untuk Informasi dan Panduan Super Lengkap Kuliah ke Luar Negeri!


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top