Beasiswa Kuliah ke Jepang (Monbukagakusho) 2017 untuk Lulusan SMA dan Sederajat

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Jepang memang merupakan satu negara tujuan pelajar-pelajar dari berbagai negara di dunia termasuk I...

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Jepang memang merupakan satu negara tujuan pelajar-pelajar dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di jenjang yang lebih tinggi. Hingga saat ini sudah ada sekitar 2500 pelajar Indonesia yang menempuh studi di Jepang. Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah mereka yang menempuh studi dengan bantuan beasiswa dari berbagai sumber termasuk salah satunya adalah Monbukagakusho. Beasiswa tersebut adalah beasiswa resmi dari Pemerintah Jepang yang ditujukan bagi lulusan SMA dan sederajat.

Periode kuliah tahun 2017 dengan beasiswa Monbukagakusho saat ini sudah dibuka seleksinya. Jadi jika kamu baru saja lulus SMA dan ingin mencoba untuk mendapatkan kesempatan kuliah ke Jepang dengan beasiswa maka sangat tepat untuk segera mendaftarkan diri dalam seleksi beasiswa ini. Program beasiswa ini menawarkan beberapa pilihan yang bisa dipilih dan diambil sesuai minat dan kebutuhan masing-masing. Pilihan yang bisa diambil meliputi jenjang S1 di Universitas, jenjang D3 di College of Technology, dan jenjang D2 di Specialized Training College yang semuanya terletak di Jepang tentunya.

Beasiswa Monbukagakusho ini adalah sebuah beasiswa penuh dengan beragam fasilitas yang diberikan bagi para penerimanya. Beberapa biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini meliputi biaya kuliah 100%, tiket pesawat pergi-pulang Jakarta-Jepang kelas ekonomi untuk satu kali, serta tunjangan hidup bulanan sebesar JPY117.000 yang setara dengan sekitar IDR14,4 juta. Nilai tunjangan tersebut saja masih merupakan standar tahun lalu yang sangat mungkin untuk berubah menjadi lebih tinggi pada periode kali ini yaitu periode kuliah tahun 2017. Sudah tentu sebelum bisa mendapatkan fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan beasiswa ini, para pemohon harus mengikuti tahapan seleksi dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia beasiswa tersebut.

Tokyo Institute of Technology, Salah Satu Pilihan Lokasi Kuliah dengan Beasiswa Monbukagakusho

Pilihan Program dan Persyaratan
Seperti disebutkan tadi bahwa beasiswa ini memberikan beberapa pilihan untuk para pemohon yang berniat untuk melanjutkan studi di Jepang. Setiap pilihan tentu mempunyai persyaratan masing-masing. Berikut ini adalah hal-hal lebih lanjut mengenai setiap pilihan dalam beasiswa Monbukagakusho ini:

1. Jenjang S1 – Undergraduate – GAKUBU
Pilihan program ini memberikan batasan masa studi maksimal selama 5 tahun termasuk 1 tahun didalamnya untuk mempelajari bahasa Jepang. Namun untuk jurusan kedokteran dan sebagian farmasi diberikan lama waktu studi hingga maksimal 7 tahun. Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai program ini adalah persyaratannya yang meliputi:
Lulusan SMA dan sederajat
Nila rata-rata dari Ujian Nasional minimal 8,4
Lahir antara tanggal 2 April 1995 hingga 1 April 2000
Pemohon program ini yang nilai rata-ratanya kurang dari 8,4 tetap bisa mengajukan permohonan dengan melampirkan bukti sertifikat Japanese Language Proviciency Test level N3 atau lebih. Pemohon yang merupakan lulusan IPS atau bahasa tidak bisa mendaftarkan diri di bidang-bidang IPA namun lulusan IPA bisa mendaftarkan diri di bidang-bidang yang lain.

Berikut ini adalah materi yang harus disiapkan untuk ujian tertulis dalam seleksi penerimaan para pemohon dalam program ini:
IPS-a dan b (bahasa Inggris, Matematika, dan bahasa Jepang)
IPA-a (bahasa Inggris, Matematika, bahasa Jepang, Kimia, dan Fisika)
IPA-b dan c (bahasa Inggris, Matematika, bahasa Jepang, Kimia, dan Biologi)

Selanjutnya berikut ini adalah pilihan-pilihan jurusan yang bisa diambil bagi pemohon yang menginginkan studi di jenjang ini dengan hanya 1 pilihan saja yang bisa diambil:
IPS-a (Japanese Language, History, Literature, Sociology, Pedagogy, Politics, Law)
IPS-b (Business Administration, Economics)
IPA-a (Science, Electric and Electronic Studies, Mechanical Studies, Civil Engineering and Architecture, Chemical Studies)
IPA-b (Agricultural Studies, Hygienic Studies, Science)
IPA-c (Medicine, Dentistry)

2. Jenjang D3 – College of Technology – KOUSEN
Dalam jenjang studi ini masa studi yang diberikan maksimal adalah selama 4 tahun termasuk 1 tahun waktu untuk belajar bahasa Jepang. Sebagai lulusan SMA dan sederajat nantinya penerima beasiswa ini di jenjang D3 akan masuk ke College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Hal ini disebabkan oleh adanya program studi 5 tahun bagi lulusan SMP disana. Lulusan dari program ini nantinya diharapkan menjadi ahli teknik karena memang studinya sebagian besar terdiri dari percobaan-percobaan serta latihan dan praktek. Persyaratan untuk program ini meliputi:
Lulusan SMA dan sederajat dari jurusan IPA
Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal harus 8,0
Lahir antara tanggal 2 April 1995 sampai tanggal 1 April 2000

Dalam ujian tertulis sebagai bagian seleksi program ini materi yang harus disiapkan meliputi Matematika lalu Kimia atau Fisika yang disesuaikan dengan pilihan bidang studi yang diambil. Berikut ini adalah pilihan bidang studi yang bisa diambil dal program ini:
Kimia (Materials Engineering)
Fisika (Mechanical Engineering, Maritime Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Civil Engineering, Architecture, Information-Communication and Network Engineering)

3. Jenjang D2 – Specialized Training College – SENSHU
Pilihan terakhir dari program beasiswa Monbukagakusho ini memberikan batas maksimal waktu studi selama 3 tahun yang sudah termasuk 1 tahun waktu untuk belajar bahasa Jepang. Jenjang ini bisa dibilang berada dalam sistem pendidikan yang berbeda dari sistem normal yang digunakan di Jepang. Specialized Training College menawarkan pelatihan praktis yang disesuaikan dengan minat serta jurusan. Untuk mendapatkan beasiswa dalam program ini berikut adalah syarat-syaratnya:
Lulusan SMA dan sederajat
Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal harus 8,0
Lahir antara tanggal 2 April 1995 sampai tanggal 1 April 2000
Khusus bagi pemohon program ini yang nilai rata-ratanya kurang dari 8,0 masih tetap bisa mendaftarkan diri dalam program ini dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test pada level N4 atau yang lebih tinggi lagi.

Selanjutnya dalam hal ujian tulis untuk program ini materi yang diujikan meliputi bahasa Jepang, bahasa Inggris, dan Matematika. Berikut ini adalah pilihan-pilihan bidang studi yang bisa diambil dalam program ini:
Technology
Business
Personal Care and Nutrition
Fashion and Home Economics
Education and Welfare
Culture and General Education

Terkait dengan pilihan program tersebut diatas dan juga persyaratannya, berikut ini adalah hal-hal tambahan yang juga sangat wajib diperhatikan jika ingin lolos seleksi program beasiswa Monbukagakusho ini:
1. Jika sekolah asal menggunakan standar IB atau Internasional maka rapor dari semester awa hingga akhir wajib disertakan. Kemudian nilai akan disetarakan sesuai dengan sistem UN. Sementara itu jika sekolah asal menggunakan sistem UN maka tidak diperlukan rapor.
2. Semua ujian tulis dalam proses seleksi beasiswa ini menggunakan bahasa Inggris.
3. Beasiswa ini bisa diperpanjang untu mengikuti studi lanjutan asalkan memang prestasi dari penerima beasiswa ini dalam level yang baik. Jadi lulusan program S1 bisa melanjutkan kuliah S2 tetap dengan beasiswa ini. Sementara itu lulusan D3 dan D2 akan bisa melanjutkan ke jenjang S1 sebagai mahasiswa tahun ketiga.

Pendaftaran
Setelah mengetahui lebih jauh mengenai beasiswa ini maka saatnya untuk mendaftarkan diri jika memang kamu merasa bahwa ini adalah beasiswa yang paling pas untuk kamu gunakan dan manfaatkan.
1. Pastikan sudah memenuhi persyaratan karena memang hanya pelamar yang sudah memenuhi persyaratan yang diperkenankan mendaftarkan diri
2. Mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di Formulir Pendaftaran S1, Formulir Pendaftaran D3, Formulir Pendaftaran D2.
3. Menentukan pilihan jurusan atau bidang studi di pemilihan jurusan S1, pemilihan jurusan D3, pemilihan jurusan D2.
4. Melakukan pendaftaran secara online di halaman pendaftaran Monbukagakusho kemudian pastikan untuk mencetak email konfirmasi pendaftaran online yang didalamnya terdapat Nomor Ujian. Setiap pemohon wajib mengingat Nomor Ujian masing-masing.
5. Siapkan dokumen-dokumen berikut ini tanpa penambahan dokumen-dokumen lain yang memang tidak diminta serta juga jangan dijilid.
Printout konfirmasi pendaftaran online lengkap dengan Nomor Ujian
Formulir pendaftaran yang sudah diisi
Fotokopi ijazah atau ijazah sementara yang sudah dilegalisir dari sekolah asal
Fotokopi SKHUN atau SKHUN sementara yang sudah dilegalisir dari sekolah asal
Fotokopi sertifikat bukti kemampuan bahasa Jepang atau JLPT khusus hanya yang memang sudah memilikinya
6. Kirimkan dokumen-dokumen yang diminta dengan mencantumkan kode SMA-2017 pada bagian kanan atas amplop via POS atau diantarkan langsung ke:
     Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
     Jalan M. H. Thamrin 24
     Jakarta 10350
Kiriman paket dokumen harus sudah diterima di lokasi Kedutaan Besar Jepang maksimal tanggal 16 Mei 2016 untu Tahap I dan tanggal 9 Juni 2016 untuk Tahap II.
7. Hanya pemohon dengan dokumen lengkap yang sudah diterima Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal yang sudah disebutkan tadi yang akan diterima permohonannya untuk mengikuti proses atau tahapan seleksi selanjutnya. Dokumen-dokumen yang sudah dikirimkan dan diterima Kedutaan Besar Jepang tidak dapat diminta.
Proses pendaftaran beasiswa Monbukagakusho ini terdiri dari 2 tahap yang Tahap Idiperuntukkan bagi lulusan SMA dan sederaja tahun2015 sedangkan Tahap II merupakan giliran lulusan SMA dan sederajat tahun 2016.

Halaman Pendaftaran Online Beasiswa Monbukagakusho

Tahapan Seleksi
Setelah mengetahui persyaratan dan prosedur pendaftaran untuk beasiswa ini, selanjutnya yang wajib dipahami adalah tahapan seleksi yang akan dilakukan nantinya. Berikut ini rincianya:
1. Hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di halaman website resmi dari Kedutaan Besar Jepag pada tanggal 1 Juli 2016. Nomor Ujian pemohon yang lolos akan ditampilkan untuk kemudian akan dipanggil guna mengikuti ujian tulis di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, atau Makassar pada tanggal 18 atau 19 Juli 2016.
2. Peserta ujian tulis yang lolos akan dipanggil untuk seleksi wawancara di jakarta pada bulan Agustus 2016
3. Peserta seleksi wawancara yang lolos kemudian akan direkomendasikan oleh Kedutaan Besar Jepang ke pihak pusat Monbukagakusho di Jepang. Beras-berkas dari peserta tersebt akan dikirimkan juga untuk kemudian bersaing dengan kandidat-kandidat dari senagar-negara lain.
4. Peserta yang lolos dari seleksi di Jepang tersebut akan menjadi penerima beasiswa ini. Hasilnya akan diumumkan pada bulan januari 2017 dengan waktu keberangkatan ke Jepang pada bulan April 2017.
Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa Monbukagakusho ini bisa diperoleh di website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia atau dengan mengirimkan email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp



Panduan Lengkap Kuliah ke Luar Negeri Ada DISINI!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa Kuliah ke Jepang (Monbukagakusho) 2017 untuk Lulusan SMA dan Sederajat
Beasiswa Kuliah ke Jepang (Monbukagakusho) 2017 untuk Lulusan SMA dan Sederajat
https://2.bp.blogspot.com/-9c076nsYQAk/VzLWGw52HLI/AAAAAAAAA8Q/bGY8ZM-2kGItSLRBCtPvH8HL0DUPXt2BACLcB/s640/Snap%2B2016-05-11%2Bat%2B13.49.44.png
https://2.bp.blogspot.com/-9c076nsYQAk/VzLWGw52HLI/AAAAAAAAA8Q/bGY8ZM-2kGItSLRBCtPvH8HL0DUPXt2BACLcB/s72-c/Snap%2B2016-05-11%2Bat%2B13.49.44.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/05/beasiswa-kuliah-ke-jepang.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/05/beasiswa-kuliah-ke-jepang.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy