COMING SOON: Buku Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia dari Negeri Seberang”

PPI/ PPI Negara itu apa ya? PPI/ PPI Negara merupakan kependekan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (Negara). Perhimpunan Pelajar Indon...


PPI/ PPI Negara itu apa ya?

PPI/ PPI Negara merupakan kependekan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (Negara). Perhimpunan Pelajar Indonesia, juga disebut Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), adalah organisasi yang beranggotakan para pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negara Indonesia. Anggota PPI adalah para pelajar warganegara Indonesia yang sedang menuntut ilmu dalam berbagai strata pendidikan/universitas (S1, S2, S3, Post Doktoral) di negara yang bersangkutan. Contoh: PPI Belanda, PPI Australia, PPI Malaysia, PPI Perancis, HPMI Jordan, PPMI Mesir, PPI Filipina, PPI Taiwan, PPI India, dan lain-lain.

PPI Dunia itu apa?

Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) atau Overseas Indonesian Students Association Alliance (OISAA) merupakan organisasi mahasiswa dan pelajar Indonesia terbesar di luar negeri. PPI Dunia adalah wadah organisasi dari perhimpunan pelajar Indonesia atau nama sejenisnya dari berbagai negara yang beranggotakan para mahasiswa dan pelajar yang sedang menuntut ilmu pada berbagai strata pendidikan di negara yang bersangkutan.

PPI Dunia dideklarasikan pada bulan Oktober tahun 2007 dalam acara Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) di Sydney, Australia, yang dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dengan melibatkan Ketua dan perwakilan pengurus PPI dari tujuh negara, yaitu Australia, Belanda, India, Jepang, Malaysia, Mesir, dan Singapura.

Pascamomentum pendeklarasian tersebut, PPI Dunia telah melahirkan berbagai macam inisiatif, ide, konsep, dan produk yang merupakan penjabaran dan realisasi dari gagasan-gagasan yang telah berkembang. Adapun beberapa hasil dari PPI Dunia selama ini, di antaranya, adalah Radio PPI Dunia (RDP), Indonesian Scholar Journal (ISJ), dan Lembaga Sosial PPI Dunia (LS PPI Dunia).


Buku Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang” Itu Buku yang Seperti Apa?



Buku ini adalah catatan perjuangan pelajar Indonesia di luar negeri yang bersatu dalam wadah PPI Dunia. Pada 2016 ini, keanggotaan PPI Dunia mencapai 51 PPI Negara. PPI Dunia hadir sebagai fasilitator penampung ide-ide pelajar Indonesia di luar negeri. Ide tersebut dirancang dalam bentuk rencana aksi yang kemudian direalisasikan dalam bentuk program kerja dengan satu tujuan utama yaitu kemajuan Indonesia.

Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang bagaimana cara meraih prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri; bagaimana cara menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik, bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan organisasi, bagaimana cara mengharmonisasikan bidang yang ditekuni dengan dunia kerja di masa depan, langkah-langkah dalam mendaftar kuliah ke luar negeri, cara bagaimana agar kuliah kalian tetap lancar, dan masih banyak lagi tips dan ilmu penting yang dibagikan kepada para pembaca melalui buku ini.

Pembaca akan mendapatkan pencerahan dan gambaran tentang dunia pendidikan dan organisasi di luar negeri. Setelah membacabuku ini semangat dan tujuan untuk mencicipi ilmu di luar negeri akan lebih nyata.

Kenapa buku “Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang” hadir?

Selayaknya sebuah catatan, buku ini adalah sebuah rekam jejak Dewan Presidium PPI Dunia 2014-2015. Namun, ini bukanlah sebuah rekam jejak biasa, karena buku ini sarat dengan inspirasi, ilmu, tips, dan pengalaman positif, yang semuanya bisa ditiru dan dimodifikasi lalu kemudian diaplikasikan dalam perjalananmu meraih prestasi tertinggi dalam bidang akademik dan organisasi.

Pembuatan buku ini juga didasarkan pada keadaan di Indonesia saat ini. Memang benar informasi tentang dunia pendidikan di luar negeri sudah tersedia lengkap di internet. Namun, informasi hanya sekedar informasi, masih butuh testimoni, cerita pengalaman dari para pelaku-pelaku yang sudah mencoba dan sukses sebelumnya. Maka dari itu, buku ini hadir untuk memberikan contoh kongkrit, motivasi, dan hal-hal penting yang berguna untuk meraih mimpimu sukses ketika kuliah dan berorganisasi di luar negeri.

Siapa saja Penulis buku “Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang”?



Penulis buku ini adalah para pengurus Dewan Presidium PPI Dunia 2014-2015. Mereka adalah pelajar dan mantan pelajar Indonesia di luar negeri yang sarat pengalaman dalam dunia akademik, organisasi, bahkan dunia kerja baik di pemerintahan, perusahaan multinasional, dan internasional.

9 Penulis ini adalah:
1. Ahmad Almaududy Amri (Koordinator PPI Dunia 2014-2015)
2. Retno Widyastuti (Sekretaris PPI Dunia 2014-2015)
3. Dewi Anggrayni (Koordinator Biro Pers dan Kawasan Asia Oseania PPI Dunia 2014-2015)
4. Mohd. Agoes Aufiya (Sekretaris Biro Pers dan Kawasan Asia Oseania PPI Dunia 2014-2015)
5. Anggie Pradana Putri (Sekretaris II dan Bendahara PPI Dunia 2014-2015)
6. Hariadi Aji (Koordinator PPI Kawasan Amerika Eropa 2014-2015)
7. Indah Tridiyanti (Sekretaris PPI Kawasan Amerika-Eropa 2014-2015)
8. Miftah Nafid Firdaus (Koordinator PPI Kawasan Timur Tengah-Afrika 2014-2015)
9. Choriah Ikrima Sofyan (Sekretaris PPI Kawasan Timur Tengah-Afrika 2014-2015)

Lebih lengkap tentang Penulis:


Ahmad Almaududy Amri

Koordinator PPI Dunia 2014-2015 ini lahir di Jakarta pada tahun 1990. Ia menyelesaikan pendidikan S1  di Universitas Sumatera Utara, Medan, mengambil jurusan Hukum Internasional. Selanjutnya, ia menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada jurusan Hukum Bisnis pada tahun 2010 dan Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional pada tahun 2011. Ia juga merupakan wisudawan termuda pada ketiga jenjang pendidikan tersebut. Di luar negeri, ia mengambil pendidikan S3 di University of Wollongong tepatnya di New South Wales Australia, dan berhasil meraih beasiswa Australian Leadership Awards. Riset utama S3 nya adalah mengenai isu keamanan laut di Asia Tenggara.

Ia sempat menjadi Presiden PPIA University of Wollongong periode 2013-2014, Wakil Presiden PPI Australia tingkat Nasional periode 2013-2014, Presiden PPI Australia tingkat Nasional 2014-2015, dan puncaknya sebagai Koordinator PPI Dunia 2014-2015. Setelah menyelesaikan studi di Australia ia pulang ke Indonesia utuk bekerja kembali di Kementerian Luar Negeri.


Retno Widyastuti

Ia adalah pemegang jabatan Sekretaris PPI Dunia selama 2 periode berturut-turut yaotu pada periode 2013-2014 dan periode 2014-2015. Sebelumnya ia mengawali kegiatan organisasinya di Divisi Keilmuan dan Akademik PPI Taiwan pada periode 2013 karena memang ia melanjutkan studi di Taiwan dengan pembiayaan dari Taiwan Scholarship untuk menempuh studi jenjang S2.

Sebelum melanjutkan studi di Taiwan ia menempuh dan menyelesaikan studi S1 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarat jurusan Hubungan Internasional pada 2004-2008. Selanjutnya ia menempuh studi S2 di Universitas Indonesia jurusan Japan Area Studies pada 2008-2010. Ia sempat mengikuti short term research program di Hiroshima University selama 2 bulan pada masa studi S2 di UI tersebut. Selanjutnya ia kembali mengambil studi S2 di National Cheng Chi University Taiwan pada 2012-2014 jurusan Asia Pacific Studies sesuai minatnya untuk lebih mendalami kawasan Asia.


Dewi Anggrayni

Bogor adalah kota asal Koordinator PPI Kawasan Asia-Oseania periode 2014-2015 ini. Selain itu ia juga menjabat sebgai Koordinator Biro Pers PPI Dunia 2014-2015 yang masih ditambah menjadi Ketua 3 PPIM. Jabatan rangkap tersebut tidak mempengaruhi performanya dalam menempuh studi di Universiti Kebangsaan Malaysia dengan pembiayaan studi yang diberikan oleh beasiswa DIKTI.
Communication and Community Development adalah studi yang sudah ia selesaikan sebelumnya dan selanjutnya ia melanjutkan studi jurusan Media and Communication Studies. Minat atau passion yang ia punya memang dalam bidang komunikasi terbukti dari pengalamannya menjadi dosen pada tahun 2011-2013 sebelum ia memutuskan untuk kembali melanjutkan studinya yang sempat terkendala sebelumnya.


Anggie Pradana Putri

Penerima beasiswa DIKTI ini berasal dari Sukoharjo, Solo. Studi yang ia ambil adalah jurusan Maternal and Child Nursing di Arellano University, Filipina. Dalam Dewan Presidium PPI Dunia periode 2014-2015 ia merangkap 2 jabatan yaitu sebagai Sekretaris 2 dan Bendahara. Kedua jabatab tersebut yang merupakan tanggung jawab untuknya berhasil ia laksanakan dengan baik tanpa memberikan dampak yang tidak diinginkan pada studi yang ia ambil di Filipina.



Mohd. Agoes Aufiya

Ia adalah seorang yang berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Studi yang ia ambil di India ia tempuh tanpa menggunakan beasiswa karena memang biaya-biaya di India relatif sama dan bahkan lebih murah dari Indonesia. Center for Indo Pacific di Jawaharlal Nehru University adalah pilihannya untuk studi jenjang S3. Selain fokus pada kuliahnya, ia juga aktif dalam organisasi PPI sebagai Sekretaris Kawasan Asia-Oseania 2014-2015 dan juga Sekretaris Biro Pers pada saat yang bersamaan.




Hariadi Aji

Sempat bekerja di PLN pada tahun 2010 setelah lulus studi jenjang S1, ia memutuskan untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi lagi. Tidak tanggung-tanggung pilihan ia tetapkan untuk studi di luar negeri demi mengejar passion di bidang kelistrikan. Beasiswa StuNed menjadi penghubung yang ia manfaatkan untuk studi S2 di Delft University of Technology pada jurusan Electrical Sustainable Energy.

Ketika berada di Belanda ia tidak hanya terpaku pada studi yang ia ambil saja namun ia jua mengikuti kegiatan organisasi khususnya dalam PPI. Selama studi yang ia ambil pada 2013-2016 ia sekaligus aktif dalam Divisi Komunikasi dan Informasi PPI Belanda 2013-2014 dan juga menjadi Koordinator Kawasan Amerika-Eropa Dewan Presidium PPI Dunia 2014-2015.



Indah Tridiyanti

Lahir di Jakarta namun besar di Palembang, ia bisa dibilang sudah sangat terbiasa dengan studi di luar negeri karena setelah menyelesaikan studi jenjang SMA ia langsung berburu kesempatan melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di Perancis. Ia kemudian menempuh studi Controle Gestion des Organisations dan Diplôme de Comptabilité et de Gestion secara berturut-turut di Perancis dimulai dari tahun 2012. Dalam lingkup organisasi PPI, ia mulai sebagai anggota Humas-IT PPI Perancis pada tahun 2012 dan juga ketua divisi Humas-IT pada 2013. Selanjutnya ia diminta menjadi Sekretaris PPI Kawasan Amerika-Eropa pada Dewan Presidium PPI Dunia 2014-2015, sekaligus jabatan rangkap sebagai Ketua PPI Prancis pada periode yang sama.



Miftah Nafid Firdaus

Sekretaris Pengurus Pelaksana Badan Kerjasama Persatuan Pelajar Indonesia 2010-2013, Divisi Media dan Buletin HPMI Yordania, Wakil Ketua HPMI Yordania 2014-2015, dan juga Koordinator PPI Kawasan Timur Tengah-Afrika 2014-2015 adalah jabatan-jabatan yang pernah ia pegang dalam lingkup organisasi selama masa studinya di Yordania yang menunjukkan bahwa kuliah di luar negeri tidak hanya semata-mata kuliah.

Sementara itu dalam lingkup pendidikannya ia memulai studi jenjang menengah di MA Pondok Pesantren Al-Mukmin Solo kemudian ia melanjutkan di Sekolah Tinggi Islam Mahad Ali Abu Bakar UMS. Terakhir ia menempuh pendidikan tinggi di Mutah University Yordania pada jurusan Ushul Fiqih dimana hal tersebut menunjukkan bahwa studi jenjang pendidikan tinggi harus benar-benar diputuskan berdasarkan minat bukan hanya fakto popularitas lokasi atau negara tujuan.



Choiriah Ikrima Sofyan

Ia merupakan lulusan pesantren yang lahir di Jakarta. Pendidikan yang ia tempuh di pondok pesantren adalah pendidikan setara SMA yaitu MA di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Puteri. Selanjutnya setelah itu ia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S1 di Mesir. Jurusan Ilmu Hadits di Universitas Al-Azhar, Kairo menjadi pilihan yang ia ambil. Dalam masa studi di Mesir yang ia tempuh itu ia juga aktif dalam Dewan Pengurus Organisasi Induk Pelajar Putri dan Mahasiswi Indonesia di Mesir yaitu WIHDAH. Sementara itu dalam lingkup PPI ia menjadi Sekretaris Kawasan Timur Tengah-Afrika pada periode 2014-2015.

Apa saja sih isi buku “Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang”?



Buku ini terdiri dari 2 Chapter, dengan total lebih dari 300 halaman.

Chapter I menjelaskan berbagai hal tentang dunia Organisasi dan cara sukses dalam bidang organisasi khususnya PPI dan PPI Dunia. 

- Profil para penulis yang bisa membuatmu merasa lebih dekat dengan para penulis buku ini.
- Motivasi bergabung dengan PPI dan PPI Dunia
- Alasan kenapa kamu WAJIB aktif berorgansiasi selama kuliah di luar negeri
- Ilmu-ilmu management yang dipelajari dan dilakukan selama kuliah dan berorganisasi di luar negeri
- Cara memanajemen waktu ketika kuliah dan berorganisasi di luar negeri
- Hal-hal yang kamu pelajari ketika aktif di PPI Dunia
- Cara agar kamu bisa ikut serta menjadi pengurus PPI Dunia
- Motivasi untuk kamu yang ingin menggiatkan organisasi-organisasi baik di luar dan dalam negeri.

Chapter II menjelaskan tentang bagaimana cara agar kita sukses dalam dunia perkuliahan di luar negeri baik tanpa dan pakai beasiswa mulai dari mendaftar sampai dengan cara sukses untuk lulus.

- Langkah terbaik dalam memulai perjalanan kuliah ke luar negeri sampai dengan diterima di luar negeri
- Rintangan-rintangan yang muncul ketika hendak kuliah ke luar negeri dan cara mengatasinya
- Kamu akan mendapatkan gambaran dalam menyelaraskan bidang studi/ jurusan yang kamu ambil dengan mimpimu di amsa depan
- Peran dan manfaat dari sebuah pengalaman kuliah ke luar negeri terhadap dunia kerja
- Hal-hal yang memudahkan kamu untuk menjalani kuliah di luar negeri
- Rahasia-rahasia mendapatkan beasiswa di luar negeri
- Motivasi buat kamu yang benar-benar ingin kuliah di luar negeri!
- Daftar lengkap kontak PPI Negara yang tergabung dalam PPI Dunia

Apa yang saya dapat setelah membaca buku “Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang”?



Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang banyak hal penting yang harus kamu lakukan dan kamu dapatkan ketika kuliah di luar negeri sambil berorganisasi. Hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika dan setelah membaca buku ini adalah:

1. Kamu akan dengan mudah memahami dan kemudian bisa mengaplikasikan ilmunya karena buku ini menggunakan bahasa yang friendly, dan berdasarkan cerita nyata dari para penulis.
2. Kamu akan mendapatkan panduan langkah-langkah kuliah ke luar negeri dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.
3. Kamu akan mendapatkan cara-cara kongkrit dalam mengatasi berbagai macam halangan yang muncul ketika kamu hendak kuliah ke luar negeri
4. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mencapai prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri
5. Kamu akan mendapatkan panduan untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik ketika kuliah di luar negeri
6. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mengatur waktu kuliah dan organisasi di luar negeri
7. Kamu akan mendapatkan panduan dalam mengharmonisasikan bidang yang kamu tekuni dengan dunia kerja di masa depan
8. Kamu akan mengetahui rahasia-rahasia dalam mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri
9. Kamu akan mendapatkan panduan agar kuliahmu di luar negeri tetap lancar dan sukses sampai dengan kamu lulus dan pulang ke Indonesia.

Catatan: Ilmu, tips, inspiras, dan motivasi dalam buku ini bersifat aplikatif. Oleh karena itu, buat kamu yang sedang kuliah di Indonesia pun juga bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang ada di dalam buku ini dalam dunia pendidikan dan organisasi yang kamu ikuti. Tentunya tidak hanya 9 poin di atas yang bisa kamu dapatkan ketika dan setelah membaca buku ini. Masih banyak sekali ilmu-ilmu positif dan aplikatif yang bisa kamu dapatkan. Penasaran? Buruan baca bukunya ya…!

Informasi buku silakan kontak personal ke:

Jalan Pasir No.35, Patok, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55294
Telp: (0274) 5305734 | WA/SMS: 0821-3700-8000
PIN BB: 5D18C3B4 | E-MAIL: official.inspirabook@gmail.com
ID LINE: @inspirabook
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: COMING SOON: Buku Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia dari Negeri Seberang”
COMING SOON: Buku Dari Kami Untuk Negeri 9 Pemikiran 1 Tujuan “Mencintai Indonesia dari Negeri Seberang”
https://4.bp.blogspot.com/-HuVy5R8j3TY/V0KECMEn8mI/AAAAAAAAJYE/UYHK5TqbS9ghWY084fvBhloIqGoYEudTQCLcB/s640/Mock%2BUp.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HuVy5R8j3TY/V0KECMEn8mI/AAAAAAAAJYE/UYHK5TqbS9ghWY084fvBhloIqGoYEudTQCLcB/s72-c/Mock%2BUp.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/05/seputar-ppi-negara-ppi-dunia-dan-buku.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/05/seputar-ppi-negara-ppi-dunia-dan-buku.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy