BACA INI: Cara Mendaftar Beasiswa Australia Awards Scholarship!

Menempuh pendidikan dengan jalur beasiswa memang banyak diburu oleh para pelajar, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Bagaiman...

Menempuh pendidikan dengan jalur beasiswa memang banyak diburu oleh para pelajar, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Biaya pendidikan yang kian lama kian tak terhingga jumlahnya membuat banyak pelajar mengurungkan niat untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi. Namun banyak juga yang ingin tetap meraih gelar setinggi-tingginya walau keadaan finansial tidak memenuhi. Salah satu cara yang paling masuk akal ialah dengan beasiswa. Tidak heran mengapa kini informasi mengenai beasiswa pendidikan banyak diburu oleh kalangan pelajar. Salah satu beasiswa bergensi adalah AAS atau Australia Awards Scholarship. AAS adalah program beasiswa yang digagas oleh Pemerintah Australia bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan studi pascasarjana baik Master maupun Doctor. Dengan deurasi waktu kuliah yakni: maksimal 2 tahun bagi mahasiswa s2, dan untuk studi Doktor maksimal 4 tahun. Program beasiswa ini sebagai bentuk kontribusi nyata Benua Australia untuk men-support pembangunan jangka panjang kepada negara-negara yang memiliki kerjasama dengan Australia.


Beasiswa AAS ialah beasiswa bersifat penuh, yang dimaksut penuh di sini karena beasiswa tersebut akan menangung/meng-cover semua biaya baik biaya pendidikan dan biaya hidup kepada mahasiswa yang memperolehnya, sebagai rincian:

Pra-kursus bahasa Inggris di Indonesia selama 9 bulan
Tunjangan hidup di indonesia selama masa pra-kursus bahasa Inggris termasuk tiket pesawat dari daerah asal pelamar ke tempat dilaksanakannya pra-kursus
Biaya-biaya pemeriksaan media dan rontgen sebagai syarat mendapat visa
Visa pelajar DFAT dan Student Dependant Visa
Tiket pesawat PP Indonesia – Autralia pada awal dan akhir masa beasiswa
Dana penunjangawal di masa perkuliahan
Tanggungan biaya pendidikan penuh selama kuliah di Autralia
Biaya hidup selama di Autralia
Program pengenalan akademik di Autralia sebelum dilakukan sebelum dilaksanakan perkuliahan selama 4 s/d 6 minggu
Asuransi kesehatan mahasiswa internasional di Autralia (Overseas Student Health Cover/OSHC)
Bantuan akademi/tutorial tambahan (jika dibutuhkan)
Biaya reuni
Bantuan keuangan untuk penelitian lapangan di Indonesia atau Australia

Menarik bukan? Singkatnya beasiswa ini akan menanggun semua kebutuhan kita selama kita mempersiapkan perkuliahan hingga masa kuliah usai. Perlu diketahui juga apabila penerima beasiswa juga dapat membawa serta keluarga untuk ikut ke Australia dengan biaya pribadi, namun dengan catatan bahwa anggota keluarga tersebut memenuhi persyaratan DFAT dan imigrasi.

Adapun berbagai kualifikasi atau persyaratan yang dimiliki oleh pihak AAS dalam mencari kandidat calon penerima beasiswa. Untuk kualifikasi calon penerima beasiswa, AAS membagi menjadi 2 kategori: “Targeted” dan “Non-Targeted”. Penjabaran dari kategori “Targeted” antara lain:

1. Berasal dari wilayah geografis tang telah ditetapkan AAS:
a. Aceh
b. Nusa tenggara Timur
c. Nusa Tenggara Barat
d. Papua
e. Papua Barat

2. Calon Penerima Beasiswa yang didominasikan oleh pihak Kedutaan Besar Australia atau oleh pihak anggota program pemerintah yang didanai Australia dengan dukungan dari pihak Kedutaan Besar Australia

3. Calon penerima beasiswa yang merupakan kandidat dari instansi pemerintahan pusat (Jakarta atau Regional).
Sedangkan untuk calon penerima beasiswa dengan kategori “Non-Targeted” ialah:
a. Calon penerima beasiswa yang merupakan pegawai negeri dan pegawai swata di luar kategori yang telah disebutkan diatas.
b. Calon penerima beasiswa yang bekerja pada organisasi untuk orang-orang disabilitas juga sangat dianjurkan untuk mengikuti beasiswa ini.

Kemudian untuk persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon penerima beasiswa ini dibagi lagi menjadi 2 kategori yakni persyaratan umum dari pihak AAS dan persyaratan khusus untuk negara Indonesia. Berikut ialah penjabaran dari persyaratan umum pihak AAS:

1. Berusia minimal 18 tahun pada saat mendaftar
2. Merupakan warga negara Indonesia dan mengajukan beasiswa dari Indonesia
3. Tidak menikah atau bertunangan dengan penduduk tetap Australia dan Selandia Baru
4. Bukan anggota militer
5. Bukan merupakan warna negara Australia dan tidak mengajukan permohonan visa menetap di Australia

6. Tidak mengajukan permohonan beasiswa AAS jangka panjang lainnya (jika sudah pernah menerima) kecuali telah berada di luar Australia selama dua kali waktu saat berada di Australia. Misalnya, sebelumnya telah mendapat beasiswa AAS dengan durasi empat tahun, maka baru bisa mengajukan beasiswa AAS kembali setelah berada di luar Australia selama delapan tahun.

7. Memenuhi persyaratan khusus yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia

8. Memenuhi persyaratan masuk Universitas yang terdapat di Australia yang menjadi partner dari beasiswa AAS.

9. Memenuhi persyaratan dari Departemen Imigrasi da Perlindungan Perbatasan (DIBIT) untuk visa pelajar DFAT

10. Memenuhi persyaratan Pemerintah Australia untuk mahasiswa asing di Australia (kesehatan, karakter, dll)

Kemudian persyaratan khusus bagi untuk warga negara Indonesia ialah:

1. Mendaftar pada area studi prioritas yang telah disebutkan di atas
2. Berusia maksimal 42 tahun pada saat pendaftaran
3. Memiliki IPK minimal 2.9 untuk calon penerima beasiswa dari fokus wilayah geografis dan IPK minimal 2.75 untuk kategori  yang telah ditargetkan
4. Untuk calon penerima beasiswa studi Master (S2): memiliki kecakapan bahasa Inggris dibuktikan dengan skor minimal untuk IELTS 5.5; TOEFL PBT 525; iBT 69.
5. Untuk calon penerima beasiswa studi PhD (S3): memiliki skor minimal untuk IELTS 6.0; TOEFL PBT 550; iBT 79.

Note:
Untuk calon penerima beasiswa S2 dan S3: hasil skor IELTS atau TOEFL harus dalam jangka waktu 2 tahun; tidak menerima tes kecakapan bahasa Inggris selain yang telah ditentukan (seperti TOEFL prediction test, dll); bagi calon penerima beasiswayang berasal dari fokus wilayah geografis yang ditentukan oleh AAS, minimal IELTS 5.0 (atau skor TOEFL yang setara); melampirkan detail kontak dari tempat mengambil tes bahasa Inggris tersebut guna verifikasi hasil tes TOEFL; melampirkan minimal 1 salinan dari tes TOEFL yang resmi

6. Untuk calon penerima beasiswa Studi Master (S2) telah menyelesaikan studi S1. Sedangkan untuk calon penerima beasiswa Doktor (S3) telah menyelesaikan studi S2. Pelamar studi S3 hanya dipertimbangkan bagi mereka yang merupakan staf perguruan tinggi, institusi pendidikan tinggi, pusat riset, atau kandidat yang telah ditargetkan pada instansi lainnya yang memiliki kaitan dengan kegiatan Pemerintah Australia. Sangat disarankan untuk calon penerima beasiswa S3 memiliki surat Dukungan (Letter of Support) dari perguruan tinggi di Australia untuk bidang studi yang diusulkan.

7. Menjawab seluruh pertanyaan yang terdapat di Form Aplikasi

8. Jika lolos seleksi beasiswa AAS, calon penerima beasiswa bersedia untuk mengambil pra-kursus bahasa Inggris (English for Akademic Purposes) dari hari Senin s/d Jumat pukul 08.00 s/d 16.00 di Indonesia sebelum keberangkatan ke Australia

Berikut akan dijabarkan tentang tata cara pendaftaran bagi calon penerima beasiswa AAS:

Online Application:
Untuk mendaftar beasiswa AAS, Anda dapat mendaftarkan diri secara online pada link: http://oasis.draft.gov.au. Saat mengajukan beasiswa secara online, seluruh dokumen yang disebutkan di atas harus di-scan terlebih dahulu dan di-upload pada laman OASIS. Sangat disarankan untuk seluruh pelamar mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Namun jika pendaftaran online ini mengalami kesulitan, baru pelamar mengajukan pendaftaran secara hardcopy (via pos).

Hardcopy Application:
Sebelumnya Anda harus men-download Formulir Aplikasi pada link: www.australiaawardsindonesia.org atau mendatangi langsung kantor Australia Awards. Formulir aplikasi yang telah dilengkapi beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan harus sudah dikirimkan sebelum batas waktu pendaftaran yang ditujukan kepada Australian Awards Office pada alamat berikut:

Australian Awards Office
Gedung Wira Usaha 7th floor
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C-5
Kuningan, Jakarta Selatan 12940
Indonesia

Proses Seleksi:

Setelah melakukan proses pengecekan persyaratan dari masing-masing calon penerima beasiswa, kemudian para peserta yang memenuhi kriteria akan mengikuti seleksi tahap akhir tersebut berupa tes IELTS serta wawancara yang dilaksanakan oleh tim dari Australian bersama dengan tim dari Indonesia untuk mengkaji dan menyusun kandidat sesuai ranking. Proses penilaian akan dipertimbangkan berdasarkan kriteria berikut:

- Kompetensi akademi
- Potensi kontribusi pada pembangunan di negara asal
- Profesionalitas dan skill kepemimpinan





Berkas Dokumen yang dibutuhkan pada saat mendaftar antara lain:
1. Salinan akta kelahiran
2. Bukti kewarnegaraan seperti KTP/paspor
3. Curriculum Vitae (CV) Terbaru
4. Ijazah/gelar pendidikan tingkat lanjut dan tingkat tinggi yang resmi (legalisir*)
5. Transkrip nilai pendidikan tingkat lanjut dan tingkat tinggi resmi (legalisir*)
6. Hasil tes kecakapan bahasa Inggris  (dalam 2 tahun terakhir) TOEFL/IELTS. Tes prediksi TOEFL tidak diterima
7. Untuk calon penerima beasiswa program S2 juga wajib menyertakan ijazah D3 jika merupakan lulusan Ekstensi D4 atau S1
8. Untuk calon penerima beasiswa program S3 juga wajib menyertakan ijazah S1 dan surat referensi akademis dari pembimbing akademi pada studi S2
9. Calon penerima beasiswa S2 dan S3 yang akan mengambil studi dengan menyertakan minimal 50 persen hasil harus mengisi Research Proposal Details pada Formulir Aplikasi

Note: wajib dilegalisir oleh lembaga resmi yang mengeluarkan dokumen terkait atau notaris. Dokumen yang dilegalisir tersebut wajid menggunakan cap basah.

Informasi pendaftaran untuk beasiswa Australian Awards tahun 2017 akan dibuka pada tanggal 1 Februari 2016 dan akan tutup pada tanggal 30 April 2016. Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa S2 dan S3 di Australia oleh AAS, dapat Anda tanyakan melalui kontak:

Australian Awards Office
Gedung Wira Usaha 7th floor
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C-5
Kuningan, Jakarta Selatan 12940
Indonesia
No. Telp: 021-527-7648
Fax: 021-527-7649
Email: info@australianawardsindonesia.org
Website: www.australianawardsindonesia.org
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,283,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,145,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,4,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,85,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: BACA INI: Cara Mendaftar Beasiswa Australia Awards Scholarship!
BACA INI: Cara Mendaftar Beasiswa Australia Awards Scholarship!
https://2.bp.blogspot.com/-DQHuzKAtjoQ/V0_jBbWHG-I/AAAAAAAAJa0/bEodX0UPI9w9xyWkibiTVculuX0tuBbrwCLcB/s640/Aussie.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-DQHuzKAtjoQ/V0_jBbWHG-I/AAAAAAAAJa0/bEodX0UPI9w9xyWkibiTVculuX0tuBbrwCLcB/s72-c/Aussie.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/baca-ini-cara-mendaftar-beasiswa-australia-awards-scholarship.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/baca-ini-cara-mendaftar-beasiswa-australia-awards-scholarship.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy