Beasiswa Unggulan Masyarakat dari Kemdikbud untuk Kuliah S1, S2, dan S3

Pihak penyedia beasiswa saat ini sangat banyak mulai dari pemerintah suatu negara, kementerian-kementerian tertentu dari suatu negara, hingg...

Pihak penyedia beasiswa saat ini sangat banyak mulai dari pemerintah suatu negara, kementerian-kementerian tertentu dari suatu negara, hinggaberbagai organisasi serta perusahaan-perusahaan dengan skala besar atau internasional. Khusus di Indonesia sendiri pihak pemerintah juga menyediakan beberapa pilihan beasiswa melalui berbagai penyelenggara dan pengelola. Salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia adalah Beasiswa Unggulan Masyarakat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beasiswa Unggulan Masyarakat ini sendiri adalah satu dari beberapa program beasiswa berbeda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memberikan peluang sangat besar bagi pelajar Indonesia untuk mengembangkan diri dengan melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi. Hal ini diharapkan akan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Serunya lagi adalah bahwa beasiswa ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Beasiswa Unggulan Dalam Negeri dan Beasiswa Unggulan Luar Negeri.


Beasiswa Unggulan Dalam Negeri
Program beasiswa ini khusus diadakan dan disediakan untuk pegiat sosial, guru, seniman, atlet peraih medali olimpiade internasional, pelajar berprestasi, guru berprestasi, juara nasional dalam bidang-bidang seperti sains teknologi seni budaya olah raga, dan pegawai atau karyawan yang berprestasi asalkan mendapatkan persetujuan dari atasan masing-masing.

Meskipun diperuntukkan bagi banyak pihak namun beasiswa ini engutamakan penerimanya nanti merupakan pelajar yang sudah lulus studi jenjang SMA atau sederajat dan ingin melanjutkan studi jenjang S1. Selain itu juga beasiswa ini akan diutamakan bagi lulusan S1 dan S2 yang berniat mengambil studi S2 atau S3 pada perguruan tinggi atau universitas yang minimal terakreditasi B serta program studi yang terakreditasi A.

Adapun prioritas bidang studi yang bisa diambil ketika menggunakan bantuan pembiayaan dari beasiswa ini meliputi:
Manajemen Pendidikan
Kurikulum dan Pedagogi
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan
Perfilman
Seni Pertunjukan
Seni Musik
Kebudayaan
Perpustakaan
Arkeologi
Teknologi Informasi
Kebijakan Publik
Pariwisata
Industri Kreatif
Teknologi Pangan
MIPA
Berbagai bidang lain dalam lingkup prioritas nasional Indonesia

Dalam pelaksanaannya nanti beasiswa ini akan menanggung biaya-biaya yang meliputi biaya pendidikan penuh, biaya hidup selama studi, biaya penelitian, biaya buku dan materi kuliah, biaya wisuda, serta juga biaya asuransi dari mahasiswa yang bersangkutan. Berikut ini adalah persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan permohonan untuk beasiswa ini:
Beasiswa S1
     o    Usia maksimal 22 tahun
     o    Rata-rata nilai rapor 8.00 untuk yang baru mau mendaftar studi S1 dan IP minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS untuk yang sudah menjalani studi S1
Beasiswa S2
     o    Usia maksimal 32 tahun
     o    Sudah diterima dan mengikuti perkuliahan maksimal pada semester 3 dengan program studi yang terakreditasi A dan IP sementara minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS
     o    IPK terakhir di studi S1 yang sudah diselesaikan minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS
Beasiswa S3
     o    Usia maksimal 37 tahun
     o    Sudah diterima dan mengikuti perkuliahan maksimal pada semester 3 pada program studi yang terakreditasi A dengan IP sementara 3.50 baik di PTN maupun PTS
     o    IPK terakhir di studi S2 yang sudah diselesaikan minimal 3.50 baik di PTN maupun PTS

Selain persyaratan tersebut ada juga persyaratan berkas atau dokumen yang wajib ada untuk proses seleksi dari beasiswa ini. Berkas-berkas atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut antara lain:
Letter of Acceptance Unconditional (surat penerimaan dari perguruan tinggi)
Kartu Tanda Mahasiswa bagi pemohon yang sudah mulai menempuh studi atau Kartu keluarga bagi yang baru mau mulai studi
Ijazah dan transkrip nilai terakhir
Kartu Hasil Studi terakhir untuk pemohon yang sudah menempuh studi
Skor TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS 6.0
Proposal rencana studi yang mencakup alasan mengambil program studi dan rencana untuk tigas akhir nanti
Surat rekomendasi dari pihak atau institusi terkait
Sertifikat prestasi terbaik tingkat nasional atau internasional dalam waktu 5 tahun terakhir

Proses pendaftaran bisa mulai dilakukan secara online dengan mengunjungi halaman pendaftaran Beasiswa Unggulan (link).


Beasiswa Unggulan Luar Negeri
Program beasiswa ini tentunya dimaksudkan untuk menempuh studi di luar negeri. Tujuan utamanya tentu sejalan dengan tujuan awal dari program Beasiswa Unggulan itu sendiri yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan dan kebudayaan yang lingkup atau cakupan lebih khususnya ada pada manajemen pendidikan, kurikulum dan pedagogi, kebijakan dan manajemen pendidikan, perfilman, seni musik, seni pertunjukan dan kebudayaan.

Beasiswa ini mencakup berbagai tanggunga pembiayaan antara lain biaya pendidikan penuh, biaya penelitian, biaya buku, biaya asuransi, tunjangan kedatangan, dan juga biaya transportasi untuk keperluan studi. Persyaratan untuk beasiswa ke luar negeri ini antara lain:
Beasiswa S1
     o    Usia maksimal 22 tahun
     o    Rata-rata nilai rapor 8.50 untuk yang baru mau mendaftar studi S1 dan IP minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS untuk yang sudah menjalani studi S1
Beasiswa S2
     o    Usia maksimal 32 tahun
     o    IP sementara minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS
     o    IPK terakhir di studi S1 yang sudah diselesaikan minimal 3.25 di PTN atau 3.50 di PTS
Beasiswa S3
     o    Usia maksimal 37 tahun
     o    IP sementara 3.25 di PTN dan 3.50 di PTS
     o    IPK terakhir di studi S2 yang sudah diselesaikan minimal 3.50 baik di PTN maupun PTS

Selain itu berikut ini adalah persyaratan berkas atau dokumen yang wajib ada untuk proses seleksi dari beasiswa ini, yang meliputi:
Letter of Acceptance Unconditional (surat penerimaan dari perguruan tinggi)
Kartu Tanda Mahasiswa bagi pemohon yang sudah mulai menempuh studi atau Kartu keluarga bagi yang baru mau mulai studi
Ijazah dan transkrip nilai terakhir
Kartu Hasil Studi terakhir untuk pemohon yang sudah menempuh studi
Skor TOEFL ITP minimal 550 atau IELTS 6.5
Proposal rencana studi yang mencakup alasan mengambil program studi dan rencana untuk tigas akhir nanti
Surat rekomendasi dari pihak atau institusi terkait
Sertifikat prestasi terbaik tingkat nasional atau internasional dalam waktu 5 tahun terakhir

Proses pendaftaran bisa mulai dilakukan secara online dengan mengunjungi halaman pendaftaran Beasiswa Unggulan (link).

Dalam proses pendaftarannya beasiswa ini memiliki 2 Batch dimana Batch 1 sudah berakhir pada bulan Mei 2016 lalu sementara untuk Batch 2 masih berlangsung hingga akhir bulan September 2016. Setelah pendaftaran ditutup kemudian proses seleksi akan dilaksanakan yang berarti ada 2 waktu juga pada bulan Juni 2016 untuk Batch 1 dan bulan Oktober 2016 untuk Batch 2. Dalam seleksi administrasi semua pengajuan akan diverifikasi mengenai persyaratannya. Setelah ditemukan ada pemohon yang lolos maka seleksi selanjutnya yang harus diikuti adalah seleksi wawancara. Ketika seleksi wawancara semua data yang sudah dikumpulkan wajib dibawa. Setelah itu pengumuman akan dikeluarkan dalam waktu 1 bulan setelah seleksi wawancara berlangsung.

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Unggulan ini bisa didapatkan dengan menghubungi kontak berikut ini:

     Sekretariat Program Beasiswa Unggulan
     Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
     Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
     Gedung C Lantai 6 Jalan Jenderal Sudirman
     Senayan – Jakarta 10270
     Telepon: (021) 57 111 44 ext. 2616 atau (021) 573 92 90
     Email: beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id



Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa Unggulan Masyarakat dari Kemdikbud untuk Kuliah S1, S2, dan S3
Beasiswa Unggulan Masyarakat dari Kemdikbud untuk Kuliah S1, S2, dan S3
https://3.bp.blogspot.com/-Ve1cxL3-TLE/V2IMY45yzKI/AAAAAAAAA_g/gD14V2MwddE6UNFHcVOvNDbbDHAhEYmXQCLcB/s640/Snap%2B2016-06-16%2Bat%2B09.17.08.png
https://3.bp.blogspot.com/-Ve1cxL3-TLE/V2IMY45yzKI/AAAAAAAAA_g/gD14V2MwddE6UNFHcVOvNDbbDHAhEYmXQCLcB/s72-c/Snap%2B2016-06-16%2Bat%2B09.17.08.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/beasiswa-unggulan-masyarakat-dari.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/beasiswa-unggulan-masyarakat-dari.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy