WAJIB TAHU: Cara Pasti Daftar Beasiswa Chevening!

Chevening adalah sebuah penghargaan internasional dari pemerintah Inggris Raya yang tujuan utamanya adalah untuk melahirkan pemimpin-pemimp...

Chevening adalah sebuah penghargaan internasional dari pemerintah Inggris Raya yang tujuan utamanya adalah untuk melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan di dunia. Program ini sudah diadakan sejak tahun 1983 hingga saat ini masih tetap berlangsung. Pendanaan program ini merupakan tanggung jawab dari Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi-organisasi rekanan yang bisa dilihat di halaman berikut (link). Program ini menyediakan dua macam pilihan penghargaan yang bisa diambil yaitu Chevening Scholarships dan Chevening Fellowships. Penerima penghargaan ini sepenuhnya diseleksi oleh British Embassies (Kedutaan Besar Inggris) dan High Commissions yang tersebar di berbagai penjuru dunia.


Chevening menawarkan kesempatan yang unik bagi para calon pemimpin dunia di masa depan guna mengembangkan diri mereka. Kemampuan dalam bidang akademik dan juga non-akademik akan dikembangkan yang masih ditambah kesempatan untuk membangun jaringan dalam lingkup internasional serta mencicipi budaya Inggris Raya. Selain itu dengan penghargaa ini juga hubungan dengan Inggris Raya dalam bidang-bidang tertentu bisa terjalin dengan lebih baik. Semua lulusan dari studi yang dibiayai oleh penghargaan Chevening masih bisa terus berkomunikasi hingga saat ini menggunakan media yang disediakan juga oleh Chevening.

Chevening Scholarships

Penghargaan beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa Indonesia yang berniat melanjutkan studi jenjang Master selama satu tahun di Inggris. Beasiswa ini memberikan bantuan pembiayaan untuk studi Master yang diambil serta juga satu kesempatan untuk bergabung dalam jaringan internasional Chevening. Lulusan S1 dari Indonesia yang berniat untuk melanjutkan studi Master ke Inggris dengan beasiswa ini bisa memilih bidang studi berikut ini:

Climate change
Economics
Energy
Finance
Foreign policy
Governance
Public sector management
Science
Technology

Proses pendaftaran beasiswa ini akan dipandu melalui panduan yang dikirimkan melalui email tepat setelah pengajuan dilakukan. Perkembangan dari proses pengajuan juga akan disediakan untuk memastikan bahwa semua tahapannya terlewati sesuai dengan semestinya. Dikarenakan banyaknya jumlah pemohon maka pemohon yang tidak lolos tidak akan diberikan informasi lanjutan. Dalam proses pengajuan beasiswa ini biasanya pada pertengahan bulan Juli pemohon sudah harus diterima di universitas yang dituju dan sudah memenuhi persyaratan penguasaan bahasa yang diminta Chevening.

Berikut ini adalah hal-hal yang pembiayaannya ditanggung oleh beasiswa ini ketika pemohon sudah lolos seleksi dan berhasil mendapatkan beasiswa ini:

Biaya kuliah penuh namun untuk MBA ada biaya yang masih harus ditanggung sendiri sebesar GBP 18,000
Tunjangan hidup bulanan
Biaya transportasi ke dan dari Inggris untuk satu kali
Tunjangan untuk pulang kampung
Tunjangan kedatangan
Biaya thesis
Biaya untuk berbagai keperluan studi
Biaya pegajuan visa untuk satu kali
Biaya transportasi untuk menghadiri acara-acara Cheveing di Inggris

Chevening Fellowships

Selain Scholarships, Chevening juga menawarkan penghargaan berupa Fellowships kepada calon-calon pemimpin dunia yang berasal dari Indonesia. Mereka yang sangat berdedikasi pada bidang-bidang masing-masing dan mempunyai keinginan untuk lebih mengembangkan lagi kemampuan dan spesialisasi mereka bisa menggunakan Fellowships dari Chevening ini.

Pendaftaran atau pengajuan untuk program Fellowships ini bisa dilakukan secara online melalui Chevening online application system yang akan disediakan di halaman resmi Chevening Fellowships (link) ketika sudah masuk waktu pendaftarannya. Sebelum mengajukan pendaftaran atau pengajuan untuk program ini disarankan pemohon sudah memiliki hal-hal berikut ini:

Dua surat sebagai referensi yang ditulis dalam bahasa Inggris
Paspor atau identitas diri yang diterbitkan secara resmi oleh negara asal dan masih berlaku
Transkrip nilai dari universitas untuk jenjang studi yang sudah diambil dan dselesaikan sebelumnya

Dalam mengajukan permohonan atau pendaftaran untuk program ini, dokumen-dokumen tambahan yang diminta sebagai syarat dapat dikirimkan pada kesempatan seanjutnya dan tidak harus bersamaan dengan pendaftaran tahap pertama. Berikut ini adalah pembiayaan-pembiayaan yang ditanggung oleh pihak Chevening dalam program Fellowships ini:

Biaya penuh untuk keseluruhan program yang diikuti
Biaya hidup selama program berlangsung
Biaya transportasi pesawat kelas ekonomi

Kriteria Penerimaan Chevening

Program-program penghargaan dari Chevening ini tidak memiliki persyaratan dan kriteria penerimaan yang terlampau sulit. Hanya saja memang semuanya harus disiapkan dengan benar jauh sebelum batas akhir penerimaan pendaftaran atau pengajuan permohonan. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan dan kriteria penerimaan Chevening:

Terdaftar secara resmi sebaga warga negara yang menjadi penerima Chevening
Setelah selesai menempuh studi harus pulang ke negara asal minimal 2 tahun
Sudah memiliki gelar S1 sebagai syarat untuk mengambil studi jenjang S2 atau Master di Inggris
Memiliki pengalaman kerja di bidang yang diminati paling tidak 2 tahun
Sudah memenuhi persyaratan penguasaan bahasa yang berlaku dan diterima di Chevening pada pertengahan bulan Juli
Sudah diterima di salah satu universitas yang ada di Inggris yang dibuktikan dengan unconditional offer tertanggal sebelum pertengahan bulan Juli

Selain hal-hal tersebut yang menjadi prasyarat dan kriteria penerimaan program ini, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan karena otomatis akan menggugurkan kesempatan untuk mengajukan permohonan atau pendaftaran program-program dari Chevening ini. Berikut ini adalah hal-hal tersebut:

Terdaftar sebagai warga negara Inggris atau memiliki dua kewarganegaraan dan salah satunya adalah Inggris
Merupakan karyawan, mantan karyawan, atau saudara dari karyawan dari Her Majesty’s Government, British Council, Association of Commonwealth Universities, organisasi-organisasi rekanan, atau universitas di Inggris pendukung Chevening
Sudah pernah mendapatkan bantuan pembiayaan dalam bentuk apapun dari pemerintah Inggris namun untuk alumni Scholarships bisa mengajukan Fellowships.



Kriteria Penguasaan Bahasa

Bahasa juga tentu merupakan satu persyaratan penting yang harus dipenuhi untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di Inggris serta mendapatkan penghargaan Chevening. Seperti sudah disebutkan tadi bahwa persyaratan penguasaan bahasa untuk program-program penghargaan Chevening ini sudah harus dipenuhi pada pertengahan bulan Juli. Guna memastikan hal tersebut pemohon bisa melakukan satu dari dua hal berikut:

Mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris
Mengambil pilihan dalam kategori UKVI (Indonesia tidak termasuk)

Biaya-biaya yang diperlukan untuk mengikuti tes kemampuan penggunaan bahasa Inggris tidak ditanggung oleh Chevening. Berikut ini adalah daftar tes kemampuan penggunaan bahasa Inggris yang diakui oleh Chevening lengkap dengan standar skor minimal yang harus dicapai agar bisa lolos seleksi pnerimaan program-program Chevening baik itu Scholarships maupun Fellowships:

Academic IELTS –  6.5 (Listening 5.5, Reading 5.5, Speaking 5.5, Writing 5.5)
Cambridge English: Advanced (CEA) – 176 (Listening 162, Reading 162, Speaking 162, Writing 162)
Pearson PTE Academic – 58 (Listening 42, Reading 42 Speaking 42, Writing 42)
TOEFL iBT – 79 (Listening 17, Reading 18, Speaking 20, Writing 17)

Tes kemampuan penggunaan bahasa Inggris ini disarankan untuk segera dilakukan atau paling tidak dijadwalkan sedini mungkin. Hal ini karena di beberapa negara ketersediaan penyedia tes tersebut terbatas yang mungkin bisa membuat jadwal tes sudah penuh dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah masa atau jeda waktu dari masing-masing tes hingga hasilnya bisa diketahui:

IELTS – 13 hari
CAE – 2 minggu
PTE Academic – 5 hari kerja
TOEFL – 10 hari

Selain memastikan bahwa persyaratan penguasaan bahasa Inggris menurut Chevening ini terpenuhi, pemohon juga harus memastikan bahwa penguasaan bahasa Inggrisnya sudah sesuai dengan prasyarat di universitas dan jurusan yang ia tuju. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan hal tersebut di universitas yang dituju.

Jenis Studi yang Bisa Diambil

Studi yang bisa diambil nantinya menggunakan bantuan penghargaan Chevening harus dipilih ketika mengajukan permohonan atau pendaftaran. Maksimal 3 macam studi bisa dipilih namun nantinya pilihan yang sudah dibuat tidak bisa diganti lagi. Jadi pastikan untuk benar-benar hati-hati dalam memilih studi tersebut. Jenis studi yang akan diambil harus memenuhi kriteria dari Chevening yaitu:

Studi full-time
Studi dimulai pada awal semester musim gugur yang biasanya pada bulan September atau Oktober
Studi tersebut merupakan studi Master

Perlu diperhatikan juga bahwa studi yang diambil tidak boleh melanggar kriteria yang sudah disebutkan tersebut atau merupakan studi yang:
Studi part-time
Studi jangka panjang
Waktu studi kurang dari 9 bulan
Waktu studi lebih dari 12 bulan

Saat ini pendaftaran untuk Chevening periode 2016/2017 masih dibuka dengan informasi lebih lanjut ada di halaman pendaftaran Chevening berikut ini (link).
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: WAJIB TAHU: Cara Pasti Daftar Beasiswa Chevening!
WAJIB TAHU: Cara Pasti Daftar Beasiswa Chevening!
https://4.bp.blogspot.com/-Guj3A7W0bcg/V3NRNwdyprI/AAAAAAAAJwY/Aox0HevnMKUSpIrTq_7M5N_dlmew7_VHQCLcB/s640/CARA%2BMENDAFTARBEASISWA%2BCHEVENING.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Guj3A7W0bcg/V3NRNwdyprI/AAAAAAAAJwY/Aox0HevnMKUSpIrTq_7M5N_dlmew7_VHQCLcB/s72-c/CARA%2BMENDAFTARBEASISWA%2BCHEVENING.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/cara-daftar-beasiswa-chevening-inggris-uk.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/cara-daftar-beasiswa-chevening-inggris-uk.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy