CHOIRIAH IKRIMA SOFYAN: Banyak Hal Indah dan Syahdu Selama Menjalani Puasa Ramadhan di Mesir!

Choiriah Ikrima Sofyan Ia merupakan lulusan pesantren yang lahir di Jakarta. Pendidikan yang ia tempuh di pondok pesantren adala...


Choiriah Ikrima Sofyan

Ia merupakan lulusan pesantren yang lahir di Jakarta. Pendidikan yang ia tempuh di pondok pesantren adalah pendidikan setara SMA yaitu MA di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Puteri. Selanjutnya setelah itu ia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S1 di Mesir. Jurusan Ilmu Hadits di Universitas Al-Azhar, Kairo menjadi pilihan yang ia ambil.

Dalam masa studi di Mesir yang ia tempuh itu ia juga aktif dalam Dewan Pengurus Organisasi Induk Pelajar Putri dan Mahasiswi Indonesia di Mesir yaitu WIHDAH. Sementara itu dalam lingkup PPI ia menjadi Sekretaris Kawasan Timur Tengah-Afrika pada periode 2014-2015.

Suasana Ramadhan di Mesir

Seru banget ! karena puasa disini jauh berbeda dari negara manapun #pastinyaa :D
Yang bikin beda itu suasananya, kebiasaan-kebiasaan masyarakatnya dan durasi waktunya juga.
Di sini tuh kalau udah masuk bulan Ramadhan sepanjang jalan  ramai dengan lampu-lampu jalanan yang biasa disebut “Vannus”,  lampu hias ini cuma ada di bulan Ramdhan aja, jadi cirri khas tersendiri gitu. Dan yang bismillahi maa sha Allah nya itu, semua orang berebut untuk memberikan makanan berbuka di sepanjang jalan, selain itu gak sedikit juga yang menyediakan tempat untuk kita berbuka puasa, “Maidaturrahman” namanya. Kita bisa menyantap menu berbuka tanpa perlu membayar.

Puasa di Mesir itu kebetulan lagi musim panas yang panasnya sampe 40 drajat celcius, ditambah durasi puasanya sampai 17 jam, harus banget deh buat sobat pembaca semua untuk ngerasain puasa di Mesir.

Buka Bersama dan Shalat Tarawih

Kebetulan saya tinggal di Negara Arab (Timur Tengah)  jadi suasana ramadhannya hampir mirip-mirip sama puasa di Mekkah, nggak perlu khawatir kalau lagi malas masak untuk menu berbuka karena di jalan-jalan banyak sekali masyarakat pribumi  yang menyediakan tempat untuk berbuka secara gratis bagi siapapun yang datang, mahasiswa yang ada di sini biasanya sudah hapal tempat-tempat yang perlu dituju.

Kalau sudah masuk waktu maghrib, semua aktifitas di jalan berhenti bahkan toko-toko pun tutup sampai waktu shalat Isya. Untuk sholat tarawih disini, para Imam di masjid-masjid biasa membaca 1 Juz  dari Alquran setiap malamnya, dengan jumlah 30 hari ramadhan sesuai dengan jumlah Juz dalam Al-qur’an, jadi kita bisa mengkhatamkan Alquran saat tarawih, meski kadang suka ngantuk kalau lagi sholat karena bacaannya yang sangat panjang, selesai tarawih disini pukul 23.00 Clt.


Buka Puasa: Masak vs Jajan

Tergantung situasi dan kondisi yaa, kalau lagi pengen masak ya kita masak tapi kalau malas melanda, biasanya kita pergi berbuka ke tempat yang sudah disediakan oleh orang Mesir, atau kalau mau jajan kebetulan di sekitar tempat  saya tinggal (kawasan Madinat Nashr) banyak rumah makan Indonesia yang dikelola oleh teman-teman mahasiswa.  Kalau pengen makanan mesir kita biasa jajan di Al-Syabrowy, Madinat Nashr. Makanan disana Alhamdulillah cocok sama lidah kampung kaya saya hehehe

Respon Teman-Teman Internasional Lainnya

Karena kita disini adalah pelajar asing, jadi sering banget deh pertanyaan atau respon temen-temen pribumi atau pelajar dari Negara lainnya  yang menanyakan, bagaimana perbedaan puasa di Negara sendiri dengan puasa di Negara Arab, Mesir  dengan cuaca 40’c jadilah kita sharing seputar ramadhan di Negara masing-masing.

Acara Ramadhan PPMI Mesir

Kalau ramadhan kaya gini kita lebih meminimalisir kegiatan-kegiatan PPI karena lebih memberikan kesempatan temen-temen untuk memaksimalkan ibadahnya, atau temen-temen mengadakan agenda yang disesuaikan dengan suasana ramadhan, seperti mengadakan Tahsin Alqur-an, kajian dan lain sebagainya.

Kejadian Unik dan Menarik Saat Puasa Ramadhan di Mesir

Kejadian unik  dan seru selama puasa di sini tuh banyak banget ya sampai nggak bisa ditulis dengan kata-kata hehe, karena sudah bisa menjalankan puasa di sini aja sudah unik sekali bagi saya. Selesai tarawih pkl 23.00,  sahur pukul 02.00 dan adzan shubuh pukul 03.15,  pasti pada ngebayangin kapan tidurnya kan?

Tapi yang paling menarik itu adalah di 10 hari terakhir ramadhan, biasanya kalau di Indonesia 10 hari terakhir ramadhan masjid udah sepi pada pindah ke mall buat beli baju lebaran (hayo ngakuu :D)  naaah kalau disini justru masjid-masjid penuh bahkan sampai ke rumput-rumput di halaman masjid, dan kita (temen-temen mahasiswa) biasanya turut melaksanakan I’tikaf (menginap di masjid) dan qiyamullail bersama, pas momen-momen ini yang sangat menyentuh hati saya, dan rasanya kepingin banget hal yang seperti ini bisa juga dirasakan di Indonesia tercinta, apalagi bacaan doa Qunut yang sangat panjang dengan durasi 1 jam. Allah karim.. meski mata mengantuk namun ga mengurangi semangat kita untuk bisa ikut sholat malam berjama’ah, terlebih lantunan ayat yang dibacaan oleh sang Imam sangat syahdu didengar.

Tips Untuk Tetap Fit Menjalani Puasa Ramadhan di Mesir

Kalau bulan puasa aktifitas kampus, kuliah atau kegiatan-kegiatan diberhentikan.
nah biar saya bisa tetap fit dalam menjalani puasa di musim panas dengan durasi yang gak biasa, saya biasa minum Habbah Baraka atau susu kurma agar ramadhan saya bisa diisi dengan hal yang bermanfaat  ga lesu meski  tidurnya orang yang berpuasa itu Ibadah.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Nah, saat ini Ikrima termasuk salah satu dari 9 penulis buku Dari Kami Untuk Negeri "Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang".

Buku ini adalah catatan perjuangan pelajar Indonesia di luar negeri yang bersatu dalam wadah PPI Dunia. Pada 2016 ini, keanggotaan PPI Dunia mencapai 51 PPI Negara. PPI Dunia hadir sebagai fasilitator penampung ide-ide pelajar Indonesia di luar negeri. Ide tersebut dirancang dalam bentuk rencana aksi yang kemudian direalisasikan dalam bentuk program kerja dengan satu tujuan utama yaitu kemajuan Indonesia.

Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang bagaimana cara meraih prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri; bagaimana cara menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik, bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan organisasi, bagaimana cara mengharmonisasikan bidang yang ditekuni dengan dunia kerja di masa depan, langkah-langkah dalam mendaftar kuliah ke luar negeri, cara bagaimana agar kuliah kalian tetap lancar, dan masih banyak lagi tips dan ilmu penting yang dibagikan kepada para pembaca melalui buku ini.

Pembaca akan mendapatkan pencerahan dan gambaran tentang dunia pendidikan dan organisasi di luar negeri. Setelah membacabuku ini semangat dan tujuan untuk mencicipi ilmu di luar negeri akan lebih nyata.

Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang banyak hal penting yang harus kamu lakukan dan kamu dapatkan ketika kuliah di luar negeri sambil berorganisasi. Hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika dan setelah membaca buku ini adalah:

1. Kamu akan dengan mudah memahami dan kemudian bisa mengaplikasikan ilmunya karena buku ini menggunakan bahasa yang friendly, dan berdasarkan cerita nyata dari para penulis.

2. Kamu akan mendapatkan panduan langkah-langkah kuliah ke luar negeri dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.

3. Kamu akan mendapatkan cara-cara kongkrit dalam mengatasi berbagai macam halangan yang muncul ketika kamu hendak kuliah ke luar negeri

4. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mencapai prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri

5. Kamu akan mendapatkan panduan untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik ketika kuliah di luar negeri

6. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mengatur waktu kuliah dan organisasi di luar negeri

7. Kamu akan mendapatkan panduan dalam mengharmonisasikan bidang yang kamu tekuni dengan dunia kerja di masa depan

8. Kamu akan mengetahui rahasia-rahasia dalam mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri

9. Kamu akan mendapatkan panduan agar kuliahmu di luar negeri tetap lancar dan sukses sampai dengan kamu lulus dan pulang ke Indonesia.

CARA PEMESANAN

Harga  Rp 157.000,- . Silahkan mengirim SMS/WA ke 082136005515 atau Line@inspirabook dg format : DARI KAMI UNTUK NEGERI # NAMA LENGKAP # ALAMAT LENGKAP # NO HP.

Transfer ke rekening di bawah ini, semuanya atas nama Sri Rahmawati :
BCA 8610292250
BNI 0165318957
BRI 1056-01-004593-50-2
Mandiri 132-00-1465845-5
Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.
Setelah transfer, harap konfirmasi ke Whatsapp : 082136005515 atau Line@inspirabook

INSPIRA BOOK OFFICE

Jalan Pasir No.35, Gamping, Yogyakarta, 55294
Telp: (0274) 5305734 |
WA/SMS 1: 0821-3700-8000
WA/SMS 2: 0823-0016-6669
WA/SMS 3: 0815-7357-1433
WA/SMS 4: 0821-3600-5515
ID LINE: @inspirabook

Info Lebih Lengkap:
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,304,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: CHOIRIAH IKRIMA SOFYAN: Banyak Hal Indah dan Syahdu Selama Menjalani Puasa Ramadhan di Mesir!
CHOIRIAH IKRIMA SOFYAN: Banyak Hal Indah dan Syahdu Selama Menjalani Puasa Ramadhan di Mesir!
https://2.bp.blogspot.com/-TykClJrjicI/V2oXHWLiBWI/AAAAAAAAJm4/ZRPFN_BxA_4nw1PFoHVYZquJW5I8_EFHwCLcB/s640/Snap%2B2016-06-22%2Bat%2B11.41.33.png
https://2.bp.blogspot.com/-TykClJrjicI/V2oXHWLiBWI/AAAAAAAAJm4/ZRPFN_BxA_4nw1PFoHVYZquJW5I8_EFHwCLcB/s72-c/Snap%2B2016-06-22%2Bat%2B11.41.33.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/choiriah-ikrima-sofyan-puasa-di-mesir-banyak-hal-indah-dan-syahdu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/choiriah-ikrima-sofyan-puasa-di-mesir-banyak-hal-indah-dan-syahdu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy