INDAH TRIDIYANTI: Berbagi Cerita Nikmatnya Puasa 18 Jam per Hari Selama Kuliah S1 di Perancis!

Indah Tridiyanti Lahir di Jakarta namun besar di Palembang, ia bisa dibilang sudah sangat terbiasa dengan studi di luar negeri kar...


Indah Tridiyanti

Lahir di Jakarta namun besar di Palembang, ia bisa dibilang sudah sangat terbiasa dengan studi di luar negeri karena setelah menyelesaikan studi jenjang SMA ia langsung berburu kesempatan melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di Perancis. Ia kemudian menempuh studi Controle Gestion des Organisations dan Diplôme de Comptabilité et de Gestion secara berturut-turut di Perancis dimulai dari tahun 2012. Dalam lingkup organisasi PPI, ia mulai sebagai anggota Humas-IT PPI Perancis pada tahun 2012 dan juga ketua divisi Humas-IT pada 2013. Selanjutnya ia diminta menjadi Sekretaris PPI Kawasan Amerika-Eropa pada Dewan Presidium PPI Dunia 2014-2015, sekaligus jabatan rangkap sebagai Ketua PPI Prancis pada periode yang sama.

Kali ini ia akan berbagi sedikit cerita penting selama menjalani bulan Ramadhan di Perancis.

Suasana Bulan Ramadhan dan Puasa di Perancis

Ramadhan di Paris itu memang jauh berbeda dengan di Indonesia, terutama suasananya. Kalau di Indonesia, euforia ramadhan sudah terasa sekali mulai di jalanan sampai ke pusat perbelanjaan. Tapi kalau disini gak seramai di Indonesia. Mungkin hanya di beberapa super market yang menyediakan stand khusus untuk jual kurma, kismis, atau makanan khas Ramadhan lainnya. Khususnya yang berasal dari timur tengah atau Maroko.

Untuk durasi memang jauh berbeda. Di Paris sendiri durasi puasa lebih dari 18 jam. Subuh jam 4 kurang, dan magrib jam 10 lewat.


Pelaksanaan Buka Bersama dan Shalat Tarawih di Perancis

Alhamdulillah disini ada acara buka bersama di KBRI setiap sabtu, jadi rasa rindu akan kebersamaan di Indonesia sedikit terobati. Shalat terawih juga ada di masjid besar Paris atau Grande Mosquée de Paris. Tapi tarawih baru dimulai sekitar pukul 12 malam. Di Grande Mosquée juga ada takjil yang di bagikan setiap buka puasa.

Buka Puasa: Masak Sendiri dan Jajan

Kalau buka puasa, saya lebih sering masak sendri bersama taman-teman. Biar suasana Indonesianya lebih terasa. Bahan-bahan yang di perlukan bisa kita temukan di super market asia, atau di KBRI. Bahkan di KBRI kita bisa ngarasin minum sirup marjan loh.

Untuk beli di luar, di beberapa supermarket ada yang menjual berbagai macam makanan atau cemilan khas ramadhan, salah satunya ada di supermarket Auchan. 

Toleransi Berpuasa

Mereka sangat toleransi dan peduli sekali,  mereka sangat menjaga privasi individu. Mereka berusaha tidak mengajak kita makan, atau ketika kita tolak untuk pergi, mereka pasti mengerti. Lagi pula, untungnya kali ini kita berpuasa di bulan-bulan musim libur semester. Jadi, godaan untuk ke kantin bisa terlewati dengan baik.

Acara Ramadhan yang Diadakan PPI Perancis

Ada berbagai macam acara selama Ramadhan yang diadakan oleh PPI bekerjasama dengan KBRI. Salah satunya ceramah agama rutin untuk putri dan untuk ramaja (putra-putri), pelatihan keagamaan, kemudian ada pula sesi belajar mengaji bersama, rutin setiap sabtu sebelum buka berbuka puasa bersama di KBRI.

Kejadian Unik Saat Ramadhan

Kejadian menariknya, 2012 saat puasa pertama di Eropa, rasanya berat sekali untuk puasa 18 jam lebih, ditambah puasa saat summer yang seharusnya waktu yang pas untuk liburan. Alhasil, harus siap melewati masa liburan, jalan-jalan keluar Prancis, tapi sambil puasa. Disaat temen-temen non muslim lainnya bisa mencicipi makanan khas Jerman, saya harus bersabar untuk memilih membungkusnya dan baru memakannya saat buka puasa.

Atau, kejadian kelewatan waktu sahur, karena waktu antara buka puasa dan saur yang pendek, kadang mengharuskan kita begadang sampai subuh. Tetapi saat mencoba tidur sebentr setelah Isya, eh malah bablas sampai pagi, alhasil gak sahur deh, dan harus puasa 18 jam lebih tanpa sahur.

Tips Untuk Tetap Fit Selama Ramadhan

Tipsnya makan yang cukup dan bergizi itu pasti, kenyang saja tidak cukup. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung air cukup banyak agar tetap segar seharian. Hindari tempat-tempat terik matahari, karena kita akan merasa lebih haus.

Jangan terlalu banyak makan saat saur, nanti yang ada bisa mengantuk seharian dan malas-malasan di kasur.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Nah, saat ini Indah termasuk salah satu dari 9 penulis buku Dari Kami Untuk Negeri "Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang".

Buku ini adalah catatan perjuangan pelajar Indonesia di luar negeri yang bersatu dalam wadah PPI Dunia. Pada 2016 ini, keanggotaan PPI Dunia mencapai 51 PPI Negara. PPI Dunia hadir sebagai fasilitator penampung ide-ide pelajar Indonesia di luar negeri. Ide tersebut dirancang dalam bentuk rencana aksi yang kemudian direalisasikan dalam bentuk program kerja dengan satu tujuan utama yaitu kemajuan Indonesia.

Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang bagaimana cara meraih prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri; bagaimana cara menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik, bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan organisasi, bagaimana cara mengharmonisasikan bidang yang ditekuni dengan dunia kerja di masa depan, langkah-langkah dalam mendaftar kuliah ke luar negeri, cara bagaimana agar kuliah kalian tetap lancar, dan masih banyak lagi tips dan ilmu penting yang dibagikan kepada para pembaca melalui buku ini.

Pembaca akan mendapatkan pencerahan dan gambaran tentang dunia pendidikan dan organisasi di luar negeri. Setelah membacabuku ini semangat dan tujuan untuk mencicipi ilmu di luar negeri akan lebih nyata.

elalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang banyak hal penting yang harus kamu lakukan dan kamu dapatkan ketika kuliah di luar negeri sambil berorganisasi. Hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika dan setelah membaca buku ini adalah:

1. Kamu akan dengan mudah memahami dan kemudian bisa mengaplikasikan ilmunya karena buku ini menggunakan bahasa yang friendly, dan berdasarkan cerita nyata dari para penulis.

2. Kamu akan mendapatkan panduan langkah-langkah kuliah ke luar negeri dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.

3. Kamu akan mendapatkan cara-cara kongkrit dalam mengatasi berbagai macam halangan yang muncul ketika kamu hendak kuliah ke luar negeri

4. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mencapai prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri

5. Kamu akan mendapatkan panduan untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik ketika kuliah di luar negeri

6. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mengatur waktu kuliah dan organisasi di luar negeri

7. Kamu akan mendapatkan panduan dalam mengharmonisasikan bidang yang kamu tekuni dengan dunia kerja di masa depan

8. Kamu akan mengetahui rahasia-rahasia dalam mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri

9. Kamu akan mendapatkan panduan agar kuliahmu di luar negeri tetap lancar dan sukses sampai dengan kamu lulus dan pulang ke Indonesia.

CARA PEMESANAN

Harga  Rp 157.000,- . Silahkan mengirim SMS/WA ke 082136005515 atau Line@inspirabook dg format : DARI KAMI UNTUK NEGERI # NAMA LENGKAP # ALAMAT LENGKAP # NO HP.

Transfer ke rekening di bawah ini, semuanya atas nama Sri Rahmawati :
BCA 8610292250
BNI 0165318957
BRI 1056-01-004593-50-2
Mandiri 132-00-1465845-5
Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.
Setelah transfer, harap konfirmasi ke Whatsapp : 082136005515 atau Line@inspirabook

INSPIRA BOOK OFFICE
Jalan Pasir No.35, Gamping, Yogyakarta, 55294
Telp: (0274) 5305734 |
WA/SMS 1: 0821-3700-8000
WA/SMS 2: 0823-0016-6669
WA/SMS 3: 0815-7357-1433
WA/SMS 4: 0821-3600-5515
ID LINE: @inspirabook

Info Lebih Lengkap:
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: INDAH TRIDIYANTI: Berbagi Cerita Nikmatnya Puasa 18 Jam per Hari Selama Kuliah S1 di Perancis!
INDAH TRIDIYANTI: Berbagi Cerita Nikmatnya Puasa 18 Jam per Hari Selama Kuliah S1 di Perancis!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZB657sX54LzjKlUm4_sZHcUN_2QjdY3AEHXpAoP0ayfJH2GtmStMMw44OZh1Mg2hshEVUQGEpTRjatPXF5iOW1W7NjOS91FoIhS5Foe7OJTrpg1qzDXnfYp_r64uq6y2Xcz21YAzfJeQ/s640/thumb_IMG_0608_1024.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZB657sX54LzjKlUm4_sZHcUN_2QjdY3AEHXpAoP0ayfJH2GtmStMMw44OZh1Mg2hshEVUQGEpTRjatPXF5iOW1W7NjOS91FoIhS5Foe7OJTrpg1qzDXnfYp_r64uq6y2Xcz21YAzfJeQ/s72-c/thumb_IMG_0608_1024.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/indah-tridiyanti-ramadhan-in-france-is-awesome.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/indah-tridiyanti-ramadhan-in-france-is-awesome.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy