MOHD AGOES AUFIYA: Menikmati Ramadhan Sambil Kuliah S3 di India

Mohd. Agoes Aufiya Ia adalah seorang yang berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Studi yang ia ambil di India ia tempuh tanpa me...


Mohd. Agoes Aufiya

Ia adalah seorang yang berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Studi yang ia ambil di India ia tempuh tanpa menggunakan beasiswa karena memang biaya-biaya di India relatif sama dan bahkan lebih murah dari Indonesia. Center for Indo Pacific di Jawaharlal Nehru University adalah pilihannya untuk studi jenjang S3. Selain fokus pada kuliahnya, ia juga aktif dalam organisasi PPI sebagai Sekretaris Kawasan Asia-Oseania 2014-2015 dan juga Sekretaris Biro Pers pada saat yang bersamaan.

Suasana Ramadhan di India

Karena India berpenduduk mayoritas Hindu dan Islam sebagai agama minoritas walau dengan jumlah muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia, Suasana Ramadhan di kota New Delhi, India tidak semeriah di Indonesia pada umumnya. Terlebih saya tinggal di daerah dengan mayoritas beragama Hindu sehingga agak sulit merasakan suasana Ramadhan yang kental seperti di Indonesia. Namun di New Delhi sendiri, ada daerah yang mayoritas beragama Islam, seperti di daerah Oklha, Zakir Nagar (dekat dengan kampus Jamia Islamia) kemungkinan besar bisa kita rasakan suasana Ramadhan karena selain masyarakat beraktifitas dipasar saat mendekati waktu berbuka, juga suasana adzan serta sholat tarawih dimasjid-masjid di daerah tersebut terasa, sehingga bisa kita rasakan suasana Ramadhan disana.

Di New Delhi, India, waktu imsak (adzan subuh) dimulai jam 3:50 am dan waktu berbuka pada pukul 19:18 pm, sehingga duarasi berpuasa rata-rata sekitar 15 jam. Selain waktu yang lama, karena saat ini musim panas, suhu rata-rata 40-45 Celcius menambah ujian kita untuk berpuasa cukup berat dibanding di Indonesia.

Buka Bersama dan Shalat Tarawih

Karena saya dan beberapa teman-teman PPI India tinggal di New Delhi yang juga posisinya tidak jauh dengan KBRI, kita lebih sering melaksanakan buka bersama dan khususnya sholat tarawih di masjid Baiturrahman yang terletak di dalam KBRI itu sendiri. Dulu saya mengikuti setiap harinya buka bersama yang dilaksanakan di mess (ruang makan bersama) asrama kampus saya, dimana berkumpul para mahasiswa muslim yang mengorganisir buka bersama selama sebulan penuh dengan kontribusi yang ditentukan. Terkadang sesekili diadakan “grand ifthor” yaitu buka bersama dengan teman-teman mahasiswa non-muslim dengan tujuan mempererat pertemanan serta sarana dakwah memperkenalkan ibadah puasa kepada mereka.

Masak Sendiri dan Tempat Jajan

Saat dulu (sebelum menikah) saya mengikuti buka dan sahur bersama di mess (ruang makan bersama) di asrama selama sebulan penuh, yang mana kita ikut berkontribusi. Kegiatan tersebut diorganisir oleh para mahasiswa muslim di asrama. Adapun untuk beli di luar, makanan “chinese” atau “northeast food” menjadi menu yang cocok di lidah serta di kantong yang ada di dalam kampus, nama kantinnya seperti “247,” “Northeast Dhaba,” dan “Kiecha”. Saat ini setelah menikah kami lebih sering memasak sendiri, karena lebih cocok di lidah dan terjangkau.

Respon Teman-Teman Internasional Tentang Puasa

Respon mereka baik dan mereka menghormati ibadah puasa yang saya jalankan. Mereka terkadang takjub bahwa seorang muslim bisa menahan lapar dari pagi sampai malam terlebih di musim yang cuaca begitu panas.

Acara PPI India di Bulan Ramadhan

Salah satu acara yang diadakan oleh PPI India komisariat New Delhi adalah berbuka bersama serta mahasiswa PPI India banyak aktif dimasjid KBRI New Delhi untuk ikut menyemarakkan Ramadhan seperti menjadi imam sholat tarawih, mengajarkan baca Al-Quran, mengisi pengajian, kepanitian zakat, serta Idul Fitri.

Kejadian Menarik Selama Puasa di India

Kejadian menarik yang pernah saya alami saat berpuasa yaitu ditahun ini, dimana di awal-awal hari Ramadhan. Ketika itu saya sedang berada di luar rumah, cuaca yang cukup panas, keringat yang bercucuran dan dahaga yang kering. Dalam keadaan seperti itu saya sudah “menyusun rencana” membeli minuman segar dengan penuh semangat dimana biasanya (sebelum Ramadhan) saya suka sekali membeli minuman-minuman segar sebelum pulang kerumah seperti Lassi (yogurh yang ditambah gula dan sirup dihidangkan dalam keadaan dingin) atau minuman segar lainnya. Sesampai di warung saat ingin membeli tiba-tiba saja saya teringat kalau saat ini saya sedang puasa di bulan Ramadhan, dengan perasaan agak kecewa dan berusaha sabar akhirnya saya urungkan niat dan berharap dengan menahan nafsu semoga Allah kelak membalasnya dengan surga. Aamiin.

Tips Untuk Tetap Fit Selama Ramadhan

Tipsnya yaitu agar sahur dijaga (jalani makan sahur), isitrahat yang cukup, minum vitamin C serta selalu berfikir positif, in syaa Allah puasa kita lancar walau dengan segudang aktifitas.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Nah, saat ini Agoes termasuk salah satu dari 9 penulis buku Dari Kami Untuk Negeri "Mencintai Indonesia Dari Negeri Seberang".

Buku ini adalah catatan perjuangan pelajar Indonesia di luar negeri yang bersatu dalam wadah PPI Dunia. Pada 2016 ini, keanggotaan PPI Dunia mencapai 51 PPI Negara. PPI Dunia hadir sebagai fasilitator penampung ide-ide pelajar Indonesia di luar negeri. Ide tersebut dirancang dalam bentuk rencana aksi yang kemudian direalisasikan dalam bentuk program kerja dengan satu tujuan utama yaitu kemajuan Indonesia.

Melalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang bagaimana cara meraih prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri; bagaimana cara menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik, bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan organisasi, bagaimana cara mengharmonisasikan bidang yang ditekuni dengan dunia kerja di masa depan, langkah-langkah dalam mendaftar kuliah ke luar negeri, cara bagaimana agar kuliah kalian tetap lancar, dan masih banyak lagi tips dan ilmu penting yang dibagikan kepada para pembaca melalui buku ini.

Pembaca akan mendapatkan pencerahan dan gambaran tentang dunia pendidikan dan organisasi di luar negeri. Setelah membacabuku ini semangat dan tujuan untuk mencicipi ilmu di luar negeri akan lebih nyata.

elalui buku ini, 9 tokoh alumni pengurus PPI Dunia berbagi cerita tentang banyak hal penting yang harus kamu lakukan dan kamu dapatkan ketika kuliah di luar negeri sambil berorganisasi. Hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika dan setelah membaca buku ini adalah:

1. Kamu akan dengan mudah memahami dan kemudian bisa mengaplikasikan ilmunya karena buku ini menggunakan bahasa yang friendly, dan berdasarkan cerita nyata dari para penulis.

2. Kamu akan mendapatkan panduan langkah-langkah kuliah ke luar negeri dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.

3. Kamu akan mendapatkan cara-cara kongkrit dalam mengatasi berbagai macam halangan yang muncul ketika kamu hendak kuliah ke luar negeri

4. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mencapai prestasi tertinggi ketika belajar di luar negeri

5. Kamu akan mendapatkan panduan untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik ketika kuliah di luar negeri

6. Kamu akan mendapatkan panduan untuk mengatur waktu kuliah dan organisasi di luar negeri

7. Kamu akan mendapatkan panduan dalam mengharmonisasikan bidang yang kamu tekuni dengan dunia kerja di masa depan

8. Kamu akan mengetahui rahasia-rahasia dalam mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri

9. Kamu akan mendapatkan panduan agar kuliahmu di luar negeri tetap lancar dan sukses sampai dengan kamu lulus dan pulang ke Indonesia.

CARA PEMESANAN

Harga  Rp 157.000,- . Silahkan mengirim SMS/WA ke 082136005515 atau Line@inspirabook dg format : DARI KAMI UNTUK NEGERI # NAMA LENGKAP # ALAMAT LENGKAP # NO HP.

Transfer ke rekening di bawah ini, semuanya atas nama Sri Rahmawati :
BCA 8610292250
BNI 0165318957
BRI 1056-01-004593-50-2
Mandiri 132-00-1465845-5
Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.
Setelah transfer, harap konfirmasi ke Whatsapp : 082136005515 atau Line@inspirabook

INSPIRA BOOK OFFICE

Jalan Pasir No.35, Gamping, Yogyakarta, 55294
Telp: (0274) 5305734 |
WA/SMS 1: 0821-3700-8000
WA/SMS 2: 0823-0016-6669
WA/SMS 3: 0815-7357-1433
WA/SMS 4: 0821-3600-5515
ID LINE: @inspirabook

Info Lebih Lengkap:
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: MOHD AGOES AUFIYA: Menikmati Ramadhan Sambil Kuliah S3 di India
MOHD AGOES AUFIYA: Menikmati Ramadhan Sambil Kuliah S3 di India
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhW5uhSnnnKYSyAPk2qw2Gra6Ge9fAKsOO6E253nsRUW-no6cWBQHKClzmJFkDSXxP6E3zurwIRCdakbX494DDFwHGuG0vLOUfItWAOcggV2csyCG0Z7d4wrVvOiBviI5VZ79-WvBS__w/s640/unnamed.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhW5uhSnnnKYSyAPk2qw2Gra6Ge9fAKsOO6E253nsRUW-no6cWBQHKClzmJFkDSXxP6E3zurwIRCdakbX494DDFwHGuG0vLOUfItWAOcggV2csyCG0Z7d4wrVvOiBviI5VZ79-WvBS__w/s72-c/unnamed.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/mohd-agoes-aufiya-menikmati-ramadhan-sambil-kuliah-s3-di-india.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/mohd-agoes-aufiya-menikmati-ramadhan-sambil-kuliah-s3-di-india.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy