Beasiswa PhD dari Pemerintah Kanada, Vanier Canada Graduate Scholarships

Kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri khususnya bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia saat ini terbuka sangat lebar. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak pilihan beasiswa yang tersedia untuk berbagai jenjang dalam berbagai program studi yang tersedia. Penyedia beasiswanya juga bermacam-macam mulai dari pemerintah resmi sebuah negara hingga berbagai organisasi atau perusahaan.

Salah satu program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah secara resmi, dalam hal ini pemerintah Kanada yaitu Vanier Canada Graduate Scholarships atau Vanier CGS. Program beasiswa ini merupakan sebuah program resmi dari pemerintah Kanada yang memberikan kesempatan bagi kandidat yang memenuhi segala persyaratannya untuk menempuh studi PhD di Kanada.

Program beasiswa ini pada mulanya diadakan untuk lebih menarik minat para pemburu gelar PhD dari seluruh dunia untuk melaksanakan studi dan penelitiannya di Kanada. Hal tersebut kemudian diharapkan akan mampu untuk menjadikan dan mempromosikan Kanada sebagai sebuah pusat penelitian dan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan lingkup internasional. Kandidat yang nantinya menerima beasiswa ini akan bisa menempuh studi PhD atau gabungan MA/PhD atau juga MD/PhD.


Studi yang nantinya dilakukan di Kanada dengan program beasiswa ini hanya bisa dilakukan di universitas-universitas dan perguruan tinggi Kanada yang memang mendukung program ini. Jadi tidak bisa juga asal memilih universitas atau perguruan tinggi di Kanada sebagai lokasi studi dengan beasiswa ini jika ternyata universitas atau perguruan tinggi tersebut tidak mendukung program Vanier Canada Graduate Scholarships ini.

Program ini setiap periodenya memberikan sebanyak 167 kuota bagi para kandidat yang memang memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa sesuai dengan kriteria dan proses seleksi yang dilakukan. Nantinya studi yang bisa diambil adalah dalam bidang health research, engineering research, natural sciences, social sciences, dan humanities research.

Program Vanier Canada Graduate Scholarships ini menyediakan total bantuan keuangan senilai $50,000 untuk 1 tahun yang akan diberikan selama 3 tahun. Jadi 3 tahun masa pemberian beasiswa tersebut juga adalah batas waktu maksimal untuk menyelesaikan studi yang dipilih. Target dari beasiswa ini cukup luas karena memang jumlah yang diberikan juga banyak. Intinya adalah baik itu warga asli Kanada, warga asing yang sudah menetap di Kanada, atau juga warga negara asing boleh mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa ini.


Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan bagi siapapun yang berniat mengajukan permohonan beasiswa ini. Jika ingin dipertimbangkan permohonannya maka harus diperhatikan persyaratan berikut untuk dipenuhi:
Pemohon harus sudah dinominasikan oleh universitas atau perguruan tinggi di Kanada yang telah menerima alokasi khusus untuk program Vanier CGS
Pemohon baru akan menempuh studi PhD untuk pertama kalinya
Pemohon harus menempuh studi PhD full-time
Jika sudah menempuh studi jenjang doktoral maka tidak boleh lebih dari 20 bulan pada tanggal 1 Mei setiap periodenya
Pemohon sudah menyelesaikan studi jenjang sebelumnya sesuai standar yang dibutuhkan untuk program ini yaitu first-class average
Pemohon tidak sedang menerima bantuan keuangan atau beasiswa lain dari CIHR, NSERC, atau SSHRC pada jenjang studi doktoral

Pendaftaran Beasiswa
Dalam pendaftaran untuk program ini sebenarnya pemohon tidak bisa melakukan pendaftarannya sendiri. Pemohon harus direkomendasikan oleh universitas atau perguruan tinggi di Kanada untuk diberikan bantuan beasiswa dari program Vanier CGS ini. Hal ini bisa berlangsung dalam 2 kemungkinan yaitu pihak universitas melakukan nominasi dengan menghubungi kandidat atau pemohon memberitahukan niat serta keinginannya terlebih dahulu pada pihak universitas untuk mendapatkan beasiswa ini.

Kemudian setelah ditentukan kandidat atau calon penerimanya maka pendaftaran harus dibuat dan dikumpulkan sesuai batas waktu yang tersedia atau diberikan oleh pihak universitas atau perguruan tinggi yang bersangkutan. Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan sistem ResearchNet yang memang digunakan dalam pendaftaran untuk program Vanier CGS ini. Kemudian nominasi terakhir dari universitas atau perguruan tinggi tersebut harus sudah diterima pihak Vanier-Banting Secretariat pada tanggal 2 November setiap periodenya. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa didapatkan di halaman resmi dari program beasiswa ini (link).



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.