Artikel Terbaru

Chinese Government Scholarship – AUN Program

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina! Sepertinya semboyan tentang nasehat agar seseorang meraih pendidikan setinggi mungkin kini bukan lagi hanya sebatas semboyan, karena untuk melanjutkan pendidikan atau kesempatan kuliah gratis di negara yang sama dengan negara dalam semboyan tersebut, yakni di Cina (Tiongkok) tersedia bagi mahasiswa dan pelajar dari Indonesia. Benar bahwa kesempatan untuk melanjutkan S2 dan S3 gratis di negeri tirai bambu dengan beasiswa kini terbuka lebar.

Salah satu program beasiswa yang bisa dimanfaatkan adalah Chinese Government Scholarship – AUN Program. Pada dasarnya program beasiswa ini adalah sebuah beasiswa yang bersifat full scholarship. Beasiswa ini didanai oleh AUN (ASEAN University Network) dan ditujukan khusus bagi para pemohon yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Tiongkok. Skema beasiswa ini ditawarkan dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara Tiongkok dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN termasuk salah satunya adalah Indonesia.


Cakupan Beasiswa
Para penerima Chinese Government Scholarship – AUN Program ini nantinya akan menerima cakupan pembiayaan dalam hal-hal sebagai berikut:
Tanggungan penuh biaya kuliah, biaya administrasi, dan pengeluaran yang mendukung kegiatan mahasiswa
Akomodasi. Apabila pihak kampus mengharuskan mahasiswa untuk tinggal di kampus, maka akomodasi akan disediakan dalam bentuk asrama mahasiswa. Tetapi jika pihak kampus memperbolehkan mahasiwa untuk tinggal di luar kampus, maka mahasiswa akan menerima subsidi akomodasi sejumlah CNY 700 per bulan untuk pelamar S2 dan CNY 1000 per bulan untuk pelamar S3
Tunjangan bulanan dari pihak kampus sejumlah CNY 3,000 per bulan untuk pelamar S3
Biaya asuransi

Berikut ini adalah rincian total biaya yang akan diterima oleh penerima beasiswa ini nantinya yang berbeda-beda berdasarkan bidang studi yang diambil:
S2 field of study I – CNY 70.200 per tahun
S2 field of study II – CNY 74.200 per tahun
S2 field of study III – CNY 79.200 per tahun
S3 field of study I – CNY 87.800 per tahun
S3 field of study II – CNY 92.800 per tahun
S3 field of study III – CNY 99.800 per tahun 

Sementara itu untuk rincian field of study yang bisa diambil adalah mencakup program-program berikut ini:
Field of Study I : Filosofi, Ekonomi, Hukum, Pendidikan, Literatur (kecuali Fine Arts), Sejarah, dan Manajemen
Field of Study II : Sains, Teknik, dan Pertanian
Field of Study III : Fine Arts dan Kedokteran

Durasi pemberian bantuan beasiswa ini untuk program S2 maksimal 3 tahun dan untuk program S3 maksimal 4 tahun. Pada beberapa universitas yang menyediakan program Master dan Doktor dengan bahasa pengantar Mandarin, pihak universitas akan memberikan kursus persiapan bahasa Mandarin secara gratis selama 1 hingga 2 tahun sebelum masa perkuliahan reguler dimulai. Namun jika pemohon sudah memiliki nilai HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) atau Chinese Proficiency Test yang merupakan tes penguasaan dan kemampuan menggunakan bahasa Mandarin pada level tertentu maka tidak perlu lagi mengikuti kursus persiapan bahasa Mandarin ini.

Persyaratan Beasiswa
Hal-hal yang menjadi persyaratan untuk mengikuti beasiswa kuliah S2 & S3 di Tiongkok ini adalah sebagai berikut:
1. Formulir pebdaftaran untuk Chinese Goverment Scholarship
2. Salinan resmi Ijazah terakhir 
3. Salinan resmi Transkrip Nilai
4. Rencana Studi atau Proposal Riset dengan panjang minimal 800 kata
5. 2 (dua) Surat Rekomendasi dari Professor atau Associate Professor
6. Salinan Foreigner Physical Examination Form, bisa di-download pala halaman berikut (link) dengan tes kesehatan yang diberikan harus meliputi semua hal yang tertera pada form tersebut yang form tersebut harus ditandatangani oleh dokter atau distempel resmi dari pihak rumah sakit yang melakukan tes kesehatan tersebut
7. Salinan Pre-admission Letter dari universitas yang terdapat di Tiongkok (jika ada)
8. Salinan Sertifikan HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) atau Chinese Proficiency Test (jika ada)


Seluruh berkas dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris atau Mandarin. Apabila dokumen tersebut masih menggunakan bahasa Indonesia (misalnya ijazah dan transkrip nilai), maka dapat menggunakan jasa Penerjemah Tersumpah untuk membantu menterjemahkannya ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Pastikan hasil terjemahan tersebut telah dilegalisir oleh notaris agar bisa digunakan dalam pengajuan beasiswa ini. Sertakan juga hasil terjemahan tersebut bersama dengan fotocopy dokumen asli yang telah dilegalisir. Urutkan seluruh dokumen berdasarkan urutan di atas dan di klip menjadi satu pada bagian pojok kiri atas. Jangan lupa, seluruh dokumen dikirimkan rangkap 2 (dibuat dua set klip).

Pendaftaran Beasiswa
Selanjutnya untuk prosedur atau tata cara pendaftaran dari program beasiswa ini adalah sebagai berikut:
1. Daftarkan diri pada Sekretariat AUN untuk keperluan pendaftaran beasiswa CGS
2. Setelah mendapatkan rekomendasi dari AUN yang berupa award letter untuk kandidat CGS kemudian pemohon visa mendaftarkan diri pada universitas tujuan di Tiongkok untuk mendapatkan pre-admission letter
3. Lengkapi prosedur pendaftaran online pada link atau tautan berikut ini (link) dimana sebelumnya pemohon harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan Username dan Password yang dibutuhkan.
4. Lengkapi form tersebut dengan mengisi sesuai data-data yang diminta, kemudian pilih submit dan lalu cetak formulir tersebut dan pastikan Nomer Agency untuk AUN pada pengisian form aplikasi adalah ‘00005’
5. Kirimkan seluruh berkas dokumen yang dibutuhkan di atas kepada pihak Sekretariat AUN sebelum batas waktu pendaftaran pada alamat berikut:

Ms. Pasita Maruke
ASEAN University Network Secretariat
17th  Floor, Chaloem Rajakumari 60 Building,
Chulalongkorn University, Phayathai Road,
Pathumwan, Bangkok 10330 Thailand
Tel: +66 2 21 53640 ext. 102
Fax: +66 2 2158808
Email: aun.pasita@gmail.com

Perlu diperhatikan bahwa hanya pemohon yang direkomendasikan oleh AUN yang akan dipertimbangkan dalam seleksi beasiswa ini. Pendaftaran yang ditujukan langsung kepada CSC (China Scholarship Council) juga tidak akan dipertimbangkan. Pemohon yang memiliki pre-admission letter  akan ditempatkan sesuai dengan universitas tujuan namun bagi mereka yang tidak memiliki pre-admission letter harus menerima penempatan universitas dari CSC.


Kontak dan Informasi
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai China-AUN Scholarship, pemohon dapat menghubungi kontak Sekretariat AUN di atas, atau menghubungi pihak CSC pada kontak berikut:

DIVISION OF INTERNATIONAL STUDENTS
AFFAIR, CHINA SCHOLARSHIP COUNCIL
Tel: 0086-10-66093923
Fax: 0086-10-66093972
Email: yazhou2@csc.edu.cn
Website: link atau link




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top