Artikel Terbaru

Endeavour Scholarships and Fellowships dari Pemerintah Australia

Program beasiswa dengan paket lengkap yang mencakup berbagai jenjang biasanya sangat populer. Salah satu contohnya adalah program Endeavour Scholarships and Fellowships yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia. Jika dibandingkan dengan program Australia Awards, beasiswa ini bisa dibilang lebih sengit karena memang ditawarkan kepada mahasiswa internasional di seluruh dunia. Ditawarkan untuk mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia serta memiliki pilihan yang banyak dalam hal program yang bisa diambil sudah pasti menjadikan program beasiswa ini diminati oleh banyak orang termasuk tentunya mahasiswa dari Indonesia.

Persaingan yang sengit dalam mendapatkan beasiswa ini nantinya akan sangat sebanding dengan apa yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa ini. Kenapa bisa demikian? Beasiswa ini menawarkan bantuan pembiayaan hingga miliaran jumlahnya jika dihitung dalam Rupiah. Beasiswa yang diberikan juga merupakan beasiswa penuh jadi benar-benar akan sangat menyenangkan jika berhasil lolos seleksi beasiswa ini dan pada akhirnya berhasil menempuh studi di Australia dengan bantuan dari beasiswa ini.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa program dari Pemerintah Australia ini adalah sebuah program yang cukup lengkap sehingga memungkinkan para pemohon dari Endeavour Scholarships and Fellowships untuk benar-benar memilih program yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing. Program yang tersedia dalam beasiswa ini meliputi studi S2, studi S3, kegiatan riset, pendidikan vokasi dan training, serta juga berbagai program pelatihan pengembangan profesionalisme di uiversitas-universitas terbaik yang ada di Australia.

Nantinya setelah melalui proes seleksi yang ketat dan kompetitif, penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan kemandirian yang jumlahnya adalah sebesar $2.000 untuk fellowship dan sejumlah $4.000 untuk scholarships. Selain itu juga ada uang saku bulanan sebesar $3.000, asuransi kesehatan, tanggungan biaya pendidikan penuh, biaya perjalanan sebesar $3.000, asuransi perjalanan, dan juga dukungan yang bersifat lebih personal lengkap dengan berbagai pengarahan sebelum keberangkatan ke Australia. Masih ada lagi kesempatan untuk mengikuti lokakarya pengembangan profesional dan juga berbagai keuntungan sebagai angota jaringan internasional alumni beasiswa Endeavour.


Pilihan Beasiswa
Endeavour Postgraduate Scholarship
Pilihan beasiswa yang ini khusus ditawarkan bagi mahasiswa internasional yang berniat mengambil studi pada jenjang S2 atau S3 dengan lama waktu studi maksimal adalah 2 tahun untuk S2 dan 4 tahun untuk S3. Total biaya pendidikan yang ditanggung oleh beasiswa ini mencapai $15.000 untuk setiap semesternya yang jika ditotal secara keseluruhan nilainya adalah $272.500 pada studi S3 dan $140.500 pada studi S2. Jika dikonversikan dalam Rupiah maka masing-masing jumlah tersebut menjadi Rp 2,75 miliar dan Rp 1,41 miliar. Sangat luar biasa bukan?

Endeavour Research Fellowship
Selanjutnya pilihan beasiswa ini khusus ditujukan bagi para mahasiswa internasional yang ingin melakukan penelitian atau riset singkat pada jenjang S2, S3, maupun postdoktoral yang tentunya dilakukan di wilayah Australia. Lamanya waktu yang diperbolehkan pada program ini antara 4 hingga 6 bulan dengan nilai total bantuan pembiayaan yang diberikan adalah sebesar $24.500 atau total sebesar Rp 247 juta.

Endeavour Vocational Education and Training (VET) Scholarship
Masih ada lagi pilihan beasiswa lain dalam satu paket program Endeavour Scholarships and Fellowships dari Pemerintah Australia ini yaitu beasiswa khusus para pemohon yang ingin mengambil pendidikan vokasi atau juga training di Australia. Nantinya penerima beasiswa ini akan menerima gelar juga yang bisa berupa Australian Diploma, Advanced Diploma, atau Associate Degree. Lama waktu pemberian beasiswa ini adalah antara 1 hingga 2,5 tahun degan biaya yang ditanggung hingga sebesar $6.500 setiap semester atau total $131.000 yang dalam nila Rupiah adalah Rp 1,32 miliar.

Endeavour Executive Fellowship
Terakhir adalah beasiswa yang khusus ditawarkan bagi para pekerja profesional yang ingin mengembangkan sisi profesionalisme. Program beasiswa ini memiliki durasi antara 1 hingga 4 bulan yang akan berupa pelatihan pengembangan profesional dengan lokasi pelatihan di Australia tentunya. Nilai dari beasiswa ini mencapai $18.500 atau setara Rp 186 juta.

Persyaratan Beasiswa
Sebelum mengajukan permohonan dalam program ini dan lalu bersaing dengan ketat dalam proses seleksinya sudah pasti para pemohon harus memenuhi dan melengkapi berbagai syarat yang diminta oleh pihak penyedia dan pengelola beasiswa. Berikut ini adalah persyaratannya:
Usia minimal 18 tahun saat program yang diambil dimulai
Warganegara resmi dari negara peserta yang nerhak mengirimkan penerima beasiswa terasuk Indonesia
Memilih program yang akan dimuai tepat pada awal tahun berikutnya dari periode pendaftaran (jika mendaftar tahun 2016 berarti program yang dipilih dimulai pada wal tahun 2017)
Menyediakan semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk proses seleksi yang sudah dipastikan semuanya relevan atau sesuai
Tidak sedang mendapatkan atau malah sudah menyelesaikan masa pemberian beasiswa dari Pemerintah Australia yang lainnya
Belum pernah mendapatkan dan menggunakan beasiswa Endeavour sebelumnya

Selanjutnya perlu diperhatikan juga berbagai dokumen atau berkas yang dibutuhkan dalam proses seleksi dan pengajuan beasiswa ini. Berikut ini dokumen-dokumen yang dibutuhkan:


Keterangan
Dokumen yang dicentang adalah yang diminta dalam pengajuan aplikasi sementara jika disilang berarti tidak diminta.

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran atau pengajuan beasiswa ini dimulai dengan melakukan pendaftaran online di tautan berikut ini (link). Selanjutnya semua dokumen yang sudah diisyaratkan sesuai pilihan beasiswa masing-masing. Satu hal yang menarik dari pengajuan beasiswa ini adalah pemohon boleh mengajukan lebih dari 1 program beasiswa. Namun harus dipastikan terlebih dahulu bahwa pengajuan harus dipisah sesuai kategori atau jenis beasiswa yang dipilih. Pengajuan tidak bisa hanya 1 dan didalamnya mencakup banyak pilihan beasiswa.

Bahkan pemohon dapat mendaftarkan dirinya lebih dari sekali pada pilihan yang asam asalkan menggunakan email yang berbeda. Selanjutnya bagi yang sebelumnya sudah pernah mendaftarkan diri untuk program ini bisa membuat email dan akun baru lagi untuk keperluan pendaftaran yang baru. Pada setiap periodenya pengajuan program beasiswa ini diterima pada akhir bulan Juni dengan pengumuman seleksi akan diberitahukan ke seluruh pemohon baik yang lolos maupun tidak melalui email masing-masing.

Kontak untuk pertanyaan mengenai beasiswa ini bisa dikirimkan ke alamat email endeavour@education.gov.au atau dengan mengunjungi halaman resmi dari beasiswa ini di tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top