Artikel Terbaru

Groningen Talent Grant: Eric Bleumink Fund dari Uiversity of Groningen

Bagi Warga Negara Indonesia, mungkin negara Belanda bukanlah negara yang asing lagi. Bagaimana tidak? Negara Belanda dahulu juga ikut menjajah Indonesia pada masanya. Namun bukan berarti kita menutup diri dengan negara Belanda. Apabila diberi kesempatan untuk belajar disana, tentu ini malah menjadi kesempatan emas bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia agar dapat mengetahui perkembangan negara tersebut sambil menyerap ilmu yang mereka punya tentu tidak boleh dilewatkan.

Maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di Belanda tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Bagi yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di Belanda, ini adalah peluang emas dengan memanfatakan beasiswa yang disediakan dalam skema Groningen Talent Grant: Eric Bleumink Fund. Program beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia, yang ingin melanjutkan studi Master (MSC/MA/LLM) atau PhD di University of Groningen. Para pemohon dapat memilih jurusan yang diinginkan sesuai dengan program-program tersebut.


Cakupan Beasiswa
Pembiayaan yang ditanggung dalam program beasiswa ini mencakup beberapa hal antara lain :
1. Biaya kuliah
2. Biaya hidup
3. Biaya perjalanan internasional
4. Asuransi kesehatan
5. Tunjangan buku

Beasiswa ini akan mendanai segala kebutuhan di atas dengan durasi 1 hingga 2 tahun untuk studi Master dan maksimal 4 tahun untuk studi PhD.

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan untuk mengikuti beasiswa S2 dan S3 dari University of Groningen ini yang antara lain mencakup:
1. Mempunyai keunggulan dalam akademik yang dibuktikan dengan prestasi akademik yang telah diraih dan dapat dikonfirmasi dengan adanya Surat Rekomendasi dari Profesor Universitas asal
2. Kontribusi pendidikan yang diberikan kandidat dalam hal penguatan kapasitas ilmiah pada negara asal.
3. Perpektif hubungan jangka panjang antara University of Groningen dengan universitas asal peserta

Kriteria di atas juga akan menjadi bahan pertimbangan pihak universitas dalam menyeleksi para calon pelamar, karena beasiswa yang diberikan juga dalam jumlah yang terbatas.


Prosedur Pendaftaran Beasiswa
Untuk proses pendaftaran, pemohon dapat mengajukan permohonan atau pendaftaran beasiswa bersamaan dengan pendaftaran ke University of Groningen pada link berikut (link). Pada saat mengisi formulir pendaftaran online universitas pemohon dapat menyebutkan bahwa pemohon juga sekaligus ingin dipertimbangkan untuk mendapatkan bantuan Eric Bleumink Fund dimana sudah disediakan kolom khusus. Selain persyaratan diatas, supaya dapat masuk dalam nominasi beasiswa, pemohon juga harus diterima pada salah satu program yang dituju di universitas dengan LoA Conditional.

Apabila pihak pengelola program studi setuju dengan permohonan beasiswa yang diajukan, maka mereka akan mengirimkan formulir pengajuan beasiswa yang meliputi motivasi kandidat ditujukan ke pengelola Eric Bleumink Fund paling lambat tanggal 1 Maret untuk setiap periodenya. Setiap program studi akan menominasikan dua kandidat untuk menerima beasiswa ini nantinya.

Selanjutnya pihak Eric Bleumink Fund akan mengeluarkan hasil keputusan masih pada bulan Maret dan diinformasikan kepada pengelola program studi serta kepada kandidat yang bersangkutan. Mereka yang telah terpilih akan mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah lebih lanjut mengenai persiapan keberangkatan.

Bagi pemohon untuk studi PhD, terdapat beberapa dokumen tambahan yang diperlukan dalam mengajukan permohonan, yaitu sebagai berikut:
1. Proposal riset yang terperinci
2. Surat rekomendasi dari pihak pembimbing akademik yang menerangkan manfaat penelitian bagi pihak departmen atau University of Groningen  
3. Motivasi beasiswa yang harus dibuat secara jelas oleh pelamar yang meminta pendanaan lainnya juga telah diajukan 
4. Aplikasi juga bisa disampaikan oleh pembimbing akademik pada University of Groningen atau universitas asal kandidat

Pendaftaran program ini biasanya dibuka pada bulan Oktober hingga bulan Januari. Untuk informasi lebih detail mengenai langkah-langkah pendaftaran untuk mengikuti program beasiswa Eric Bleumink Fund ini dapat merujuk pada laman resminya di tautan berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top