Artikel Terbaru

INSA-JRD-TATA Fellowship dari Indian National Science Academy

Program-program beasiswa yang banyak ditawarkan berbagai pihak kaitannya dengan studi di luar negeri ternyata tidak selalu merujuk pada kuliah saja. Satu variasi dari beasiswa-beasiswa tersebut adalah beasiswa untuk keperluan riset atau penelitian di luar negeri. Tentunya beasiswa jenis ini benar-benar diperuntukkan bagi para peneliti, ilmuwan, maupun juga dosen yang berniat melakukan sebuah riset atau penelitian pada bidang tertentu.

Satu contoh dari beasiswa ini adalah program yang diadakan oleh Indian National Science Academy atau INSA melalui skema INSA-JRD-TATA Fellowship yang dalam penyelenggaraannya dikoordinasikan dengan Centre for International Co-operation in Science atau CICS. Program beasiswa riset ini bertujuan untuk memberikan pelatihan yang komprehensif dan berlanjut bagi para ilmuwan, peneliti, dan dosen dari neara-negara berkembang di dunia termasuk juga Indonesia tentunya.

Rincian Beasiswa
Program beasiswa riset dari INSA melalui CICS ini berlangsung maksimal selama 3 bulan yang mencakup bidang-bidang ilmu utama seperti sains, teknologi, kedokteran, dan teknik. Dalam pelaksanaan penelitian atau risetnya nanti penerima beasiswa bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas di berbagai lembaga penelitian yang ada di India tentunya.

Setiap periode atau setiap tahun disediakan 10 kuota bagi pemohon yang bisa berasal dari berbagai negara berkembang di dunia. Pemohon yang sudah lolos seleksi dan terpilih menjadi penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan berbagai fasilitas yang sangat menunjang penelitian yang akan dilakukan. Asrama tempat tinggal yang sudah terafiliasi dengan institusi, tiket penerbangan dari dan ke India, serta tunjangan untuk berbagai biaya tambahan yang mungkin dibutuhkan selama melakukan penelitian yang sudah dalam mata uang India. Selain itu penerima beasiswa juga diberi kebebasan untuk memilih institusi tuan rumah dan juga periode beasiswa yang akan diikuti nantinya.


Persyaratan Beasiswa
Seperti halnya berbagai beasiswa yang lain, ada juga hal-hal yang menjadi syarat dari beasiswa riset ini. Berikut adalah hal-hal yang wajib dipenuhi sebagai syarat untuk mengikuti seleksi beasiswa ii:
Pemohon sudah memiliki gelar Master atau Doktor pada bidang sains atau memiliki gelar yang setara pada bidang kedokteran atau teknik serta bidang ilmu lainnya yang relevan
Pemohon berusia dibawah 45 tahun pada tanggal 31 Desember tahun sebelum periode seleksi yang diikuti
Pemohon telah terafiliasi dengan lembaga akademik atau ilmiah dari negara berkembang selain India
Pemohon mempunyai pasor resmi yang masih berlaku
Pemohon mendapatkan surat penerimaan dari institusi tuan rumah di India yang nantinya akan memberikan pelatihn dibawah koordinasi INSA-JRD-TATA Fellowship

Selain hal-hal tersebut yang menjadi syarat utama dari program beasiswa riset ini, berikut adalah dokumen-dokumen yang juga dibutuhkan untuk melengkapi pendaftaran dan pengajuan beasiswa riset ini:
Curriculum Vitae yang sudah mencakup data-data relevan dari pemohon berupa tanggal lahir, usia, publikasi, minat riset, pengalaman pemohon, posisi saat mengajukan beasiswa, penghargaan yang pernah diraih, beasiswa yang sudah siterima, afiliasi ilmiah, dan berbagai informasi lainnya
Laporan singkat yang berisi penjelasan tentang kegiatan penelitian yang diusulkan
Cetakan ulang dari 5 publikasi terbaik selama 5 tahun terakhir
Foto ukuran paspor sebanyak 2 lembar
Surat persetujuan dari institusi induk
Copy halaman pertama paspor yang menunjukkan data tanggal lahir, tanggal penerbitan paspor, serta tanggal berakhirnya masa berlakunya paspor
Surat penerimaan dari institusi tuan rumah yang terdapat di India


Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran beasiswa ini bisa dimulai dengan mengunduh formulir pendaftaran di tautan berikut (link) untuk kemudian diisi serta dilengkapi dan dilampirkan bersama dengan semua dokumen pendukung yang diperlukan dalam mengajukan permohonan beasiswa ini. Setelah semua lengkap maka bisa dikirimkan melalui email dircics@gmail.com sementara file atau berkas fisiknya dikirimkan juga melalui pos ke:

     Director, CICS, No. 2,
     Gandhi Mandapam Road,
     Chennai-600 025, India.

Dalam setiap tahun atau periodenya, pendaftaran beasiswa ini dibuka dalam dua kesempatan yaitu setiap tanggal 31 Oktober dan 30 April. Seluruh permohonan yang sudah masuk akan diseleksi oleh pihak komite seleksi dalam dua kesempatan juga yaitu pada bulan November dan Mei sesuai masuknya permohonan. Informasi mengenai beasiswa ini bisa diikuti di halaman berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top