Artikel Terbaru

International Major Entrance Scholarship (IMES) dari University of British Columbia di Kanada

Saat ini sudah sangat biasa dan bahkan mudah bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Hal ini dkarenakan memang semakin banyak pilihan yang bisa diambil dalam hal kuliah di luar negeri. Mulai dari negara tujuan, universitas, program studi, hingga beasiswa yang tersedia semua bisa dipertimbangkan untuk memilih yang dirasa paling sesuai saja. Bahkan semakin hari semakin terbuka kesempatan ke semakin banyak negara untuk keperluan melanjutkan studi di luar negeri.

Salah satu negara yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan kuliah ke luar negeri dari pelajar dan mahasiswa Indonesia adalah Kanada. Saat ini sudah semakin banyak pilihan yang bisa diambil untuk melanjutkan studi di Kanada dengan bantuan beasiswa. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah program International major Entrance Scholarships dari University of British Columbia. Program beasiswa yang biasa disingkat IMES ini hanya salah satu dari beberapa pilihan beasiswa yang ditawarkan oleh University of British Columbia.

Sekilas mengenai University of British Columbia atau UBC ini adalah salah satu universitas ternama yang bisa ditemukan di Kanada. Peringkatnya dalam QS World University Rankings 2015/16 termasuk dalam 50 besar universitas terbaik di dunia yang menandakan bahwa memang UBC cukup diperhitungkan di lingkup internasional. Didirikan pada tahun 1908 dengan nama McGill University College of British Columbia, hingga saat ini UBC secara konsisten termasuk dalam 3 universitas riset terkemuka di Kanada dan tentu termasuk dalam golongan universitas riset terkemuka di dunia.



Rincian Beasiswa
University of British Columbia menawarkan International Major Entrance Scholarship bagi mahasiswa internasional yang berniat melanjutkan studi pada jenjang S1. Pilihan program S1 di University of British Columbia yang bisa diambil menggunakan beasiswa ini bisa dilihat di tautan berikut ini (link).

Program beasiswa ini menawarkan bantuan pembiayaan hingga senilai total $40,000 CAD yang setara sekitar Rp 400juta. Proses pemberian beasiswanya dilakukan setiap tahun sejumlah $10,000 CAD berturut-turut selama 4 tahun masa studi S1 di UBC. Jumlah penerimaan beasiswa ini bervariasi setiap periodenya karena memang menyesuaikan ketersediaan anggaran untuk program beasiswa internasional ini.

Persyaratan Beasiswa
Program beasiswa IMES dari UBC ini tentu saja memiliki hal-hal sebagai persyaratan yang wajib dipenuhi untuk para pemohonnya. Berikut ini adalah persyaratan untuk mengajukan permohonan beasiswa IMES:
Lulusan SMA/sederajat
Pelajar internasional yang akan melanjutkan studi di UBC dengan student visa
Menunjukkan prestasi akademik yang baik, terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan masyarakat, serta memiliki tingkat intelektual yang menjanjikan
Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa program S1 di UBC sebelum tanggal 1 Desember



Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran atau pengajuan untuk beasiswa IMES ini akan secara otomatis mengikuti proses pendaftaran pemohon menjadi mahasiswa di UBC. Jika pemohon sudah resmi terdaftar sebagai mahasiswa S1 di UBC maka ia akan secara otomatis dipertimbangkan menjadi peserta dalam seleksi program beasiswa IMES. Nantinya setelah mendapatkan LoA maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa IMES akan lebih besar. Pemberitahuan mengenai beasiswa akan dikirimkan maksimal dalam waktu 3 minggu setelah pemohon mendapatkan LoA untuk menempuh studi di UBC. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa IMES bisa dilihat di tautan berikut ini (link). Sementara itu untuk informasi mengenai UBC bisa dilihat di halaman berikut (link). Informasi pendaftaran ke UBC ada di halaman berikut (link atau link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top