International Students Academic Merit Scholarship dari East Tennessee State University di Amerika Serikat

Benar adanya jika Amerika Serikat memang menjadi salah satu pilihan favorit mahasiswa internasional termasuk dari Indoesia untuk menempuh studi di luar negeri. Hal tersebut kemudian memunculkan adanya banyak pilihan bagi mahasiswa internasional untuk bisa kuliah di Amerika Serikat dengan bantuan program beasiswa. Salah satu hal yang digunakan oleh berbagai universitas, perguruan tinggi, dan juga institusi pendidikan di Amerika Serikat untuk menarik minat mahasiswa internasional tentu saja memang melalui berbagai macam program beasiswa.

Satu nama universitas di Amerika Serikat yang mungkin tidak sepopuler nama-nama seperti MIT, Caltech, Cambridge, atau juga Harvard adalah ETSU yang merupakan singkatan dari East Tennessee State University. Terlepas dari masalah nama yang mungkin bagi sebagian mahasiswa internasional khususnya dari Indonesia masih terdengar asing, ETSU menawarkan sebuah program beasiswa untuk berbagai jenjang studi mulai dari S1, S2, dan juga S3 bagi mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia.

Terletak di Johnson City, Tennessee, Amerika Serikat, ternyata ETSU adalah institusi pendidikan terbesar keempat di Amerika Serikat. ETSU sendiri juga merupakan bagian dari Tennessee Board of Regents dengan berbagai pilihan program studi untuk diambil pada jenjang-jenjang yang ditawarkan. Daftar lengkap program studi yang bisa diambil di ETSU bisa dilihat pada tautan berikut ini (link).


Rincian Beasiswa
Program yang bernama International Students Academic Merit Scholarship ini akan memberikan bantuan pembiayana bagi mahasiswa internasional yang menempuh studi pada jenjang S1, S2, atau S3 di ETSU sebanyak 50% dari total biaya kuliah yang harus dibayar. Karena memang beasiswa ini adalah beasiswa parsial atau sebagian, maka sudah menjadi kewajiban bagi penerima beasiswa ini untuk juga mencari tambahan pembiayaan lainnya yang dibutuhkan selama masa studi di ETSU.

Program beasiswa ini mewajibkan siapapun yang ingin mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa untuk terlebih dahulu lolos seleksi mahasiswa ETSU. Jadi pemohon harus mendaftarkan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa ETSU terlebih dahulu untuk bisa mengajukan permohonan beasiswa ini. Nantinya jika sudah terdaftar menjadi mahasiswa ETSU pemohon akan bisa mengisi formulir pendaftaran beasiswa ini pada tahap selanjutnya.


Persyaratan Beasiswa
Hal-hal yang menjadi persyaratan dari beasiswa ini mencakup beberapa hal. Perhatikan dan pahami persyaratannya berikut ini:
Pemohon terlebih dulu mendaftar sebagai mahasiswa ETSU yang bisa dilakukan melalui tautan berikut ini (link) untuk jenjang S1 dan pada tautan berikut ini (link) untuk jenjang S2 dan S3
Sudah memiliki atau berencana untuk menggunakan Student Visa F-1 atau J-1
Mempunyai prestasi akademik
Memiliki skor kecakapan bahasa Inggris yang bisa salah satu dari TOEFL PBT 500, TOEFL CBT 173, TOEFL IBT 61, atau IELTS 5,5
Pemohon yang mendaftarkan diri untuk program M.D. atau Pharm.D tidak diperbolehkan mengajukan permohonan untuk program beasiswa ini

Selain hal-hal yang menjadi persyaratan tersebut perlu diperhatikan juga bahwa penerima beasiswa harus mempertahankan GPA atau IPK minimal 2,75 untuk jenjang S1 dan 3,00 untuk jenjang S2 dan S3 selama masa studi jika ingin terus mendapatkan beasiswa ini.

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dilakukan secara online setelah resmi terdaftar sebagai mahasiswa di ETSU. Pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut ini (link). Batas pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai pada Musim Semi adalah pada pertengahan bulan Oktober. Informasi yang lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke alamat shupej@etsu.edu atau dengan mengunjungi halaman resminya di tautan berikut ini (link).



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.