KULIAH DI SINGAPURA: Jumlah Mahasiswa Indonesia di Singapura Meningkat, Kenapa?

Apa Alasan Banyak Mahasiswa Indonesia Memilih Kuliah di Singapura? PPI SINGAPURA Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Singapura...

Apa Alasan Banyak Mahasiswa Indonesia Memilih Kuliah di Singapura?


PPI SINGAPURA
Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Singapura semakin tahun semakin bertambah. Baiknya kualitas pendidikan tinggi di Singapura menjadikan besarnya minat mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di sana. Ada beberapa universitas negeri di Singapura berperingkat lebih tinggi dalam daftar peringkat Universitas di dunia dibandingkan dengan UI, ITB dan UGM yang ada di Indonesia. Oleh karena itu tidak heran apabila ada mahasiswa Indonesia dari jenjang S1, S2 dan S3, berbondong-bondong untuk bisa kuliah di Singapura.

Selain karena kualitas pendidikan di singapura, berikut ada beberapa  hal yang menjadikan Singapura sebagai negara tujuan pendidikan favorit bagi meraka :

1. Kedekatan geografis

Jarak Indonesia dengan Singapura yang dekat itu bisa menguntungkan. Kamu bisa melakukan perjalanan ke Singapura atau sebaliknya dengan hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan pesawat terbang. Dan ketika kamu merasa homesick kamu bisa pulang kapan aja.

Untuk harga tiket juga relatif murah hanya berkisar dibawah  juta rupiah. Jarak tempatnya juga berdekatan sehingga kemunginan kebudayaan serta jenis makanannya disana juga tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Oleh karena itu bisa mengurangi dampak culture shock dan  jika kita ingin mencari makanan yang sesuai selera dengan masakan Indonesia juga lebih mudah.

2. Biaya hidup lebih murah

Walaupun negara Singapura termasuk negara paling maju di Asia Tenggara dan juga di seluruh negara di kawasan Asia namun tingkat biaya hidup di negara tidak semahal negara-negara di Eropa seperti negara Amerika Serikat dan Australia. Coba bandingkan apabila hidup di negara Amerika Serikat , berapa biaya hidup yang harus dikeluarkan per bulan di sana? Kurang lebih sekitar Rp. 60 juta. Kemudian kalau biaya hidup di Australia sekitar Rp. 35 juta dan di Belanda sekitar Rp. 20 juta’an. Jauh berbeda dengan bdi Singapura, biaya hidup disana kurang lebih hanya membutuhkan dana sekitar kurang dari Rp. 10 juta per bulan untuk bisa hidup yang layak dan nyaman.

3. Bantuan dana kuliah

Banyak bantuan  biaya kuliah untuk wargaya yang disediakan oleh pemerintah Singapura. Bagi oreng pemilik iijin ingin  tinggal permanen di Singapura serta bagi mahasiswa internasional dengan sistem ikatan kerja. Untuk bantuan atau Tuition Grant adalah subsidi sebesar 70% dari pemerintah dan sebagai gantinya setelah lulus mahasiswa harus menjalani ikatan kerja selama tiga tahun di Singapura.

4. Multikultural

Dengan keberagaman suku bangsa dan bahasa di singapura menjadikan kita lebih mudah menemui warga negara lain dengan budaya yang berbeda di sana.di kampus-kampus banyak kita jumpai orang-orang dari beberapa negara dari benua lain di dunia. Buka hanya dosen-dosen saja bahkan mahasiswa dari orang-orang asing kita bisa temui di sana. Kita dapat membantu mengenal dan mempelajari bahasa serta budaya asing kareaa keberagaman budaya tersebut. Bahasa yang banyak dipakai sehari-hari di Singapura adalah bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Jadi ada keuntungan tambahan setelah lulus kuliah di Singapura karena bisa lancar berbahasa mandarin dan juga bahasa Inggris.

Biaya Kuliah di Singapura

Sistem pendidikan suatu negara sangat berpengaruh terhadap perkembangan diri dan wawasan serta ilmu yang didapat oleh kita. Kuliah di luar negeri tujuannya bukan untuk gaya-gayaan, bukan harus di US, Aussie, bahkan di UK dengan harga yang mahal dan memberatkan kantong sendiri atau juga kantong orangtua.Di Singapura terdapat banyak kampus yang menyelenggarakan jurusan-jurusan yang banyak diminati namun juga jangan salah memilih kampus, hanya beberapa kampus saja yang memiliki sertifikasi edutrust, seperti MDIS (Management Development Institute of Singapore). Maksud dari edutrust adalah sertifikasi bermutu yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kampus swasta di berbagai aspek yang ada di suatu kampus. Selain edutrust, kita pasti pernah mendengar bahwa Singapura sekarang sudah menjadi sebuah negara maju khususnya dalam dunia pendidikan yang tidak kalah hebatnya dengan negara-negara di Amerika dan Eropa.

Untuk bisa menikmati pesona di luar negeri tidaklah murah dan biaya hidup juga lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya hidup untuk di negeri kita indoesia. Hal itu jangan khawatir untuk menghadapi hal tersebut karena ada beragam pilihan beragam pilihan beasiswa dan subsidi bagi mahasiswa yang dapat diusahakan demi pembiayaan masa kuliah anda di Singapura. Di harapkan dengan petnjuk ini maka Anda dapat menikmati hidup metropolitan di Singapura dan peristiwa-peristiwa besar dunia di sana. Seluruh mahasiswa diwajibkan mengajukan aplikasi izin mahasiswa kepada Immigration and Checkpoints Authority (ICA) dalam waktu 2 minggu setelah menerima pemberitahuan penerimaan masuk universitas. Untuk surat izin ini berbiaya SGD 90 (US$ 71.50).
Ada petunjuk mengenai besaran biaya yang dibutuhkan dan dianjurkan untuk memeriksa kembali dengan institusi atau universitas bersangkutan mengenai biaya yang sebenarnya dari jurusan yang Anda pilih.

Program Sarjana

Biaya kuliah bagi mahasiswa internasional cukup mahal daripada di negeri sendiri Indonesia.Biaya kuliah itu beragam tergantung dari universitas dan jurusan mereka yang telah dipilih. Ada beberapa biaya tambahan yang dibutuhkan mahasiswa internasional tergantung dari universitas mereka contohnya biaya layanan mahasiswa, administrasi dan asuransi kesehatan. Biaya kuliah tingkat sarjana rata-rata berkisar antara SGD 13,730-SGD 40,010 (US$ 10,885-US$ 31,719) setiap tahunnya.
Di bawah ini adalah sebagi contoh bahwa mahasiswa internasional di National University of Singapore membutuhkan biaya per jurusan tahun akademik 2013/2014 sebagai berikut :

- Seni dan ilmu sosial...SGD 15,300 (US$ 12,130)
- Ilmu Bisnis...SGD 17,900 (US$ 14,191)
- Tehnik...SGD 15,300 (US$ 12,130)
- Hukum...SGD 21,600 (US$ 17,124)
- Medis (kecuali keperawatan)...SGD 46,100 (US$ 36,547)

Untuk bantuan pembiayaan perkuliahan mahasiswa internasional dapat mengajukan aplikasi beasiswa yang didanai oleh Kementrian Pendidikan.Sebagai gantinya mahasiswa tersebut tidak perlu mengembalikan dana beasiswa tetapi mereka berkewajiban bekerja di Singapura selama berkuliah. Periode waktu bekerja mahasiswa internasional lebih lama bila dibandingkan dengan warga negara Singapura itu sendiri.

Program Pascasarjana

Untuk biaya kuliah program pascasarjana tidaklah lebih murah dan seringkali disusun atas beberapa komponen biaya dasar yang berbeda dari satu universitas dengan universitas-universitas lain. Contohnya biaya pendaftaran umumnya dikenakan sebesar SGD 150 (US$ 119) namun tidak sama.Mahasiswa juga cenderung harus membayar biaya matrikulasi awal sebesar SGD 50 (US$ 40) dan biaya ujian dengan kisaran SGD 200- SGD 500 (US$ 159- US$ 397), fasilitas tahunan SGD 10- SGD 20 (US$ 8- US$ 15.90), biaya komputer SGD 10- SGD 20 (US$ 8- US$ 15.90), dan biaya asuransi kesehatan yang tidak menetap. Sedangkan utnuk biaya perkuliahan per tahun membutuhkan kurang lebih SGD 20,000- SGD 54,000 (US$ 15,855- US$ 42,810) tergantungdari jurusan dan universitas pilihan.

Pada tahun akademik 2013/2014 per jurusannya National University of Singapore mengenakan biaya sebagai berikut :

Mahasiswa internasional yang tidak mendapatkan penawaran beasiswa bisa mengajukan aplikasi dana subsidi pemerintah seperti yang ditawarkan pada program sarjana. Mereka berkewajiban dalam persetujuan layanan dengan Kementrian Pendidikan dimana kamu akan bekerja di perusahaan yang berlokasi di Singapura selama 3 tahun masa study.

Pemerintah memberikan subsidi umumnya berkisar antara SGD 5,000-SGD 40,000 (US$ 3964-US$ 31,711) tergantung dari jurusan yang mereka pilih. Singapore University of Technology and Design contohnya menawarkan beasiswa penuh untuk program master yang mencakup gaji bulanan dan asuransi medis.

Keuntungan Kuliah di Singapura

1. Bisa menggali langsung dari referensi induknya dengan bahasa asli penulisnya. Dengan hal ini dapat membuka peluang untuk memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajaman mereka.
2. Dengan berkuliah di Singapura bisa mendapatkan banyak buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru guna untuk untuk mengembangkan ilmu kita.
3. Banyak sekali diadakan seminar keilmuan ataupun kajian dan diskusi gratis dengan fasilitas lengkap.
4. Lebih terbuka untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia karena ada peluang-peluangnya. Sedangkan di Indonesia cukup jarang ada tamu tingkat dunia.
5. Karena di Singapura memakai bahasa Inggris kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengasah bahasa asing.
6. Kuliah di singapura dan atau di luar negeri kita bisa mempunyai banyak jaringan, bisa jadi teman sesama mahasiswa di Indonesia dan mungkin dapat bertemu banyak mahasiswa-mahasiswa dari Amerika dan Negara-negara eropa lainnya.
7. Kuliah di Singapura bisa mempunyai konsentrasi belajar sangat tinggi. Singapura adalah negara kecil, tetapi semangat untuk menuntut ilmunya sangat tinggi. Ini yang perlu diaplikasikan oleh kita.
8. Dilihat dari segi finansial Singapura yang tergolong Negara maju di dunia bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negara-negara maju lainnya.
9. Apabila kita sukses kuliah sambil kerja maka gaji yang didapat sudah pasti mencukupi biaya hidup yang semestinya. Bahkan tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedung-gedung ibukota kita.


PPI SINGAPURA
Pendaftaran Kuliah di Singapura

Dari setiap tahun negara Singapura secara konsisten terus membuktikan peningkatan baik pada grafik global yakni mengenai keunggulan dan inovasi akademis.Dalam hal ini menjadikan Singapura sebagai negara tujuan mahasiswa internasional. Ada diantaranya peringkat 10 terbaik adalah menjadi yang terbaik pada jurusan hukum, tehnik mekanik, ilmu komputer, akuntansi dan keuangan, berkuliah di salah satu universitas Singapura merupakan pengalaman akademis yang tak ternilai harganya. Sangat penting bagi kamu untuk mengerti bagaimana proses pendaftaran untuk berkuliah di Singapura sebelum kamu berencana memesan tiket pesawat . Persiapan apa yang kita lakukan sebelum kita melakukan pendaftaran kuliah di Singapura, berikut adalah tipsnya :

1. Mencari Informasi

Sebelum mengatakan “siap”.Maka sebaiknya kita mencari segala informasi mengenai universitas potensial yang akan menjadi tempat kamu menuntut ilmu, dan dibutuhkan waktu dalam mendapatkan izin dari pihak-pihak yang berwenang, mahasiswa disarankan untuk memulai proses pendaftaran perizinan setidaknya satu tahun akademik sebelum tanggal perkuliahan mulai diadakan. Sektor pendidikan Singapura dikenal akan tingkat internasionalnya, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk menemukan segala sumber mengenai mata kuliah yang setara dan pilihan jurusan yang tepat.
Negara Singapura memiliki proporsi jumlah mahasiswa internasional yang tinggi  yang tentu saja melewati proses pendaftaran penerimaan serupa dengan yang akan kamu lakukan di sana. Selain mencari informasi pada prospektus universitas, kamu juga disarankan untuk mencari resensi mahasiswa, video testimoni, serta forum-forum yang berisikan tips orang dalam dan saran mengenai apa yang diharapkan. Sebagai contoh, diskusi-diskusi online mengenai pilihan jurusan dan cakupannya yang mungkin dapat membantu kamu.

2. Penerimaan dan Batas Waktu Akhir

Pada proses penerimaan ditangani langsung oleh masing-masing universitas di Singapura sehingga cenderung berbeda-beda tergantung dari persyaratan universitas yang bersangkutan. Secara umum terdapat tiga periode penerimaan utama di Singapura yaitu pada bulan Februari/Maret, Juli/Agustus, dan Oktober/November. Untuk tahun akademik Singapura dimulai pada bulan Agustus dan berjalan hingga sekitar bulan Mei.

Pada bulan Agustus adalah periode penerimaan utama bagi universitas yang didanai pemerintah, sedangka penerimaan tengah tahun akan diadakan pada bulan Februari. Kemudian untuk politeknik ada periode penerimaan sendiri yakni pada bulan April dan bulan September. Serta untuk universitas swasta memiliki beberapa tanggal penerimaan tergantung dari jurusan yang dipilih. Untuk rata-rata pendaftaran membutuhkan waktu dua sampai empat minggu untuk kemudian diproses.

Beberapa universitas memiliki batas waktu akhir yang berbeda-beda berdasarkan kriteria tertentu. Contohnya batas waktu akhir pendaftaran program sarjana di Nanyang Technological University berbeda bagi mahasiswa yang memiliki sertifikat International Baccalaureate (IB). Setiap universitas memiliki kantor pendaftaran yang akan menyediakan informasi sepenuhnya mengenai persyaratan lengkap dari pendaftaran kamu.

3. Persyaratan Masuk

Mengawali masuk di dunia perkuliahan adalah dimana Anda pertama kali ditinjau dari segi akademis Anda serta bergantung pada kualifikasi akademis yang Anda miliki sesudahnya. Oleh sebabnya perkuliahan di Singapura dilakukan menggunakan bahasa Inggris maka mahasiswa diwajibkan untuk fasih berbahasa Inggris dengan baik.Pembuktian nilai bahasa Inggis bisa dilakukan dengan nilai ujian IELTS, TOEFL atau PTE. Jika ada Mahasiswa yang memiliki nilai IELTS perlu mengetahui bahwa validitas nilai ujian mereka hanya berlaku selama tiga tahun setelah tanggal ujian dilakukan dan harus diperiksa kembali apakah nilai tersebut masih berlaku pada saat Anda mengajukan pendaftaran kuliah.

Seringkali para Mahasiswa dibutuhkan untuk mengumpulkan surat pengalaman kerja dan surat-surat identifikasi lainnya, seperti fotokopi paspor atau surat izin mengemudi SIM). Sebelumnya bagi mahasiswa diminta untuk mengumpukan surat rekomendasi dari dosen atau atasan mereka. Diantara beberapa universitas seperti National University of Singapore, calon mahasiswa tidak diperkenankan bila merupakan mahasiswa dari universitas lainnya pada saat mengajukan pendaftaran, sementara universitas lainnya memiliki persyaratan yang berbeda-beda tergantung dari asal negara Anda. Sanksi tertentu dapat diganjar maka dari itu Anda perlu memeriksa kembali dan mengkonfirmasi dengan kantor pendaftaran di universitas yang bersangkutan.

Bagi yang berencana mendaftar pada program pascasarjana maka diwajibkan telah menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan yang berhubungan dan seringkali perlu mengumpulkan proposal penelitian jika Anda mendaftar pada jurusan yang berbasiskan penelitian. Para mahasiswa yang akan mendaftar pada jurusan farmasi atau hukum juga wajib mengikuti uji bakat tambahan yang sudah ditentukan.

Setelah kamu menerima jawaban dari universitas, kamu dapat mengajukan aplikasi untuk surat izin kuliah di Singapura.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mendaftar kuliah di Singapura :

Bagi kalian yang ingin kuliah di Singapura perlu kamu ketahui bahwa penerimaan oleh universitas Singapura itu sangat ketat.Para mahasiswa yang mau mendaftar disarankan untuk bener-bener meluangkan banyak waktu untuk proes pedaftaran kuliah tersebut. Kebudayaan akademik di Singapura menggunakan pendekatan umum dan holistik dalam pendidikan dengan perubahan nasional terbaru yakni mengenai pentingnya nilai akhir sebagai indikator perkembangan mahasiswa nantinya. Calon mahasiswa disarankan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai pendalaman ilmu dari jurusan yang mereka minati. Keahlian praktek kerja nyata apa yang kamu harap dapat kamu kuasai melalui perkuliahan nanti? Serta yang lebih utama lagi, bagaimana perkuliahan dapat membantu kamu nantinya?

Pada setiap tahunnya Departemen penerimaan mahasiswa memproses ratusan pendaftaran.Jenis pengalaman kerja ataupun keahlian yang mendukung maka sebaiknya kamu tunjukkan dengan menyebutkannya pada saat awal pendaftaran kuliah agar surat pendaftaran kamu bernilai lebih.

Pencapaian akademik merupakan komponen yang paling didahulukan dari pendaftaran yang kamu ajukan saat mendaftar.Oleh karena itu sebaiknya mahasisa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tambahan sebagai bagian dari proses. Seharusnya anda meluangkan waktu dan usaha semaksimal mungkin demi mendapatkan nilai yang memuaskan. Selain pabrik sebuah surat pernyataan pribadi yang ditulis dengan kurang baik ataupun surat rekomendasi yang biasa-biasa saja juga dapat menghalangi jalan kamu. Oleh karena itu maka dari itu mahasiswa seharusnya memastikan bahwa semua elemen dalam pendaftaran sudah sangat mampu menunjukkan antusiasme kamu untuk berkuliah di universitas tersebut yang kamu tuju.

Beasiswa ASEAN di Singapura untuk SMP/SMA

ASEAN Scholarship for Indonesia. Kini tela hadir beasiswa ASEAN yang ditawarkan Pemerintah Singapura melalui Kementerian Pendidikan setempat bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan setingkat SMP/secondary school dan SMA/pre university dengan bantuan beasiswa full dari Pemerintah Singapura itu sendiri.

Selama  4 tahin beasiswa ini akan diberikan. Pada dua tahun pertama digunakan untuk mengambil atau penyetaraan secondary school dan dua tahun berikutnya untuk pre university di junior college di Singapura. Ada sedikit berbeda untuk sistem pendidikan di Singapura. Untuk masa kuliah Secondary school berlangsung selama 4-5 tahun sedangkan untuk masa kuliah pre university berkisar antara tahun.

Bagi calon penerima  beasiswa ini akan memulai sekolah di tingkat secondary 3 atau atau tingkat SMP kelas 3. Seusai menyelesaikan tingkat empat diikuti dengan ujian GCE O-level. Lalu ujian GCE A-level  menjalani pre university diikuti .selama  tahun.

Untuk Beasiswa Pemerintah Singapura ini meliputi tunjangan sebesar S$ 2.200 untuk secondary dan S$ 2.400 untuk pre university pada setiap tahunnya. Bagi Kandidat yang terpilih nanti juga akan mendapatkan fasilitas asrama  dan tunjangan untuk penyesuaian diri sebesar S$ 400 yang diberikan saat pertama kali kedatangan, serta ada tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura, seluruh tanggungan biaya sekolah, kemudian tanggungan biaya ujian GCE O-level dan A-level, serta asuransi kecelakaan serta subsidi fasilitas kesehatan.


Syarat-syarat  beasiswa :

1. Warganegara Indonesia asli.
2. Lahir di antara 1998 sampai 2000
3. Telah duduk di kelas 3 SMP 2014 dan telah mengikuti ujian akhir nasional atau UAN.
4. Mempunyai prestasi-prestasi cemerlang di sekolah
5. Bahasa Inggris mahir dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

Dokumen yang diperlukan :

1. Backgroun atau latar belakang pendidikan
2. Menunjukan hasil ujian dua tahun terakhir.
3. Background keluarga
4. Prestasi luar biasa yang diperoleh dua tahun terakhir
5. Keterangan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah <dua tahun terakhir)

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Silakan klik DI SINI!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: KULIAH DI SINGAPURA: Jumlah Mahasiswa Indonesia di Singapura Meningkat, Kenapa?
KULIAH DI SINGAPURA: Jumlah Mahasiswa Indonesia di Singapura Meningkat, Kenapa?
https://1.bp.blogspot.com/-ZVRQU4UhnVs/V3YG43gRi3I/AAAAAAAAJ0M/DdB2_XbbAqYNtyEUePW8dDywWSjYrViuQCLcB/s640/Snap%2B2016-07-01%2Bat%2B12.42.51.png
https://1.bp.blogspot.com/-ZVRQU4UhnVs/V3YG43gRi3I/AAAAAAAAJ0M/DdB2_XbbAqYNtyEUePW8dDywWSjYrViuQCLcB/s72-c/Snap%2B2016-07-01%2Bat%2B12.42.51.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/07/kuliah-di-singapura-jumlah-mahasiswa-indonesia-di-singapura-meningkat.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/07/kuliah-di-singapura-jumlah-mahasiswa-indonesia-di-singapura-meningkat.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy