Artikel Terbaru

MARISSA HALIM: "Do Your Research" Sebelum Kamu Kuliah ke Kanada!

Marissa Halim awalnya tidak memilih Kanada sebagai negara tujuan studi. Australia menjadi tujuan awalnya namun takdir membawa ia untuk terbang ke Kanada. Sejak tahun 2012 Marissa telah terdaftar sebagai mahasiswi di York University. Ingin tahu bagaimana Marissa menjalani hari-harinya di Kanada? Inilah dia sepenggal kisah Marissa Halim yang ia bagikan kepada tim berkuliah.com.


Perkenalan Singkat

Halo…namaku Marissa Halim berasal dari Pekanbaru. Aku berkuliah di York University mengambil jurusan Administrative Studies ( Finance). Aku masuk kuliah di sini pada tahun 2012 – 2016. Programnya selama empat tahun karena with Bachelor of Commerce with Honors. Baru saja aku berhasil lulus dan wisuda.

Why Canada?

Awalnya sih aku ingin kuliah di Melbourne, Australia. Tapi yang menarik minat aku untuk kuliah di Kanada itu karena international students diberikan waktu untuk mencari kerja jadi tidak perlu langsung kembali ke Indonesia kalau sudah tamat sekolah. Kalau di Kanada sendiri diberi maksimal tiga tahun depending juga sama berapa lama program di kampus.


Alasan Mengambil Jurusan Administrative Studies

Alasan aku memilih jurusan ini soalnya aku suka sama finance, penasaran apa saja yang harus dipertimbangkan oleh negara dan how they actually control and make financial decisions. Yang dipelajari di jurusan ini ya awalnya basic finance, terus makin mendalam seperti stocks, options, bonds, fixed income dan currency exchange. In addition, juga ada belajar portfolio management, dan financial planning.

Dosen di York University

Dosen di sini semua helpful banget dan mereka open banget for ideas. Malahan dosen di sini yang trying to encourage kita buat approach mereka untuk memberikan pertanyaan kalau ada yang tidak dimengerti dan mereka juga asyik kalau diajak mengobrol.

Fasilitas Universitas

Library dimana kita boleh meminjam buku dan juga tempat belajar. Ada juga tersedia komputer kalau lagi tidak bawa laptop. Selain fasilitas belajar juga ada tempat gym yang tersedia, bisa main basket, badminton dan ada juga indoor swimming pool.

Festival di Kanada

Festival cuma diadakan waktu summer. Aku paling sering ke acara food festival, di sana bisa mencoba banyak makanan. Ada juga music festival kalau suka music edm ada juga disini. Terus ada juga Canadian National Exhibition dimana banyak jual jenis makanan dan ada juga games yang seru-seru!


Tempat Tinggal Selama Kuliah

Aku sih tinggal di apartment selama kuliah dan sampai sekarang bareng teman-teman dari Indonesia yang lain. Aku tinggal di Toronto. Aku suka dengan apartment tempat aku tinggal ini soalnya convenient banget. Di sekitaran apartment banyak tempat makan, terus dekat sama supermarket dan juga subway.

Shopping in Canada

Pastinya hampir semua perempuan hobi shopping. Disini kalau shopping menurut aku rada mahal sih, soalnya tax nya lumayan tinggi bisa sampai 13%. Kalau mau mencari barang- barang diskonan ada juga kok di Factory Outlet, tapi agak jauh dari kota.

Traveling in Canada

Aku sudah pernah ke Ottawa, Montreal and Quebec pas both winter and summer, Vancouver and Alberta pas winter. Kalau ke luar Kanada, aku pernah ke US juga mumpung dekat sih dibandingkan dari Indonesia. Menurut aku sih lebih enak jalan-jalan pas lagi summer, soalnya kalau winter kan dingin banget jadi banyak banget yang beku. Jadi pemandangan pas winter dan summer itu beda banget. Alberta bagus banget pas summer, banyak lake yang bagus soalnya air nya bersih dan jernih banget. Dan pas summer juga ada Tulip festival di Ottawa. Sedangkan Montreal dan Quebec itu seperti Old cities.

Mengisi Waktu Luang

Kalau weekend ya paling aku hangout bareng teman-teman seperti pergi makan dan nonton. Kalau waktu luang (pas winter), aku sih males keluar soalnya dingin, jadi ya aku di rumah nonton tv shows. Kalau ada liburan cukup panjang, aku rencana buat jalan-jalan keluar Kanada, seperti ke US bareng teman-teman.


PPI Kanada [PERMIKA]

Di Kanada, PPI itu nama nya PERMIKA (Perkumpulan Mahasiswa/i Indonesia Kanada). Ya aku bisa terbilang aktif, sudah dua tahun ikut dalam organisasi ini. Sekarang aku sebagai Internal Vice President-nya Permika. Kita punya annual welcoming party yang diadakan setiap bulan September, kita juga pernah ada Cultural event gabungan Permika x Godhong Maple, tarian Ramayana. Selain itu juga ada annual Networking Event, dimana kita menjadi sarana buat murid-murid mendapatkan lebih banyak ilmu dan tips tentang bagaimana mencari kerja di Kanada yang bisa didapatkan dari orang Indonesia yang sudah mempunyai pengalaman kerja di Kanada.


Motviasi Untuk Teman-Teman Indonesia yang Akan Kuliah di Kanada

Tips kalau mau ke Kanada, harus bawa jaket yang tebal, bawa long johns perlu banget soalnya dingin banget di sini. Terus sebelum kesini harus do your research tentang university mana yang suit kalian the best dan terlebih penting harus percaya diri buat ngomong di kelas biar diingat sama Professor-nya! Last but not least, juga harus kuat dan mandiri soalnya jauh banget dari rumah (Indonesia).

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top