Artikel Terbaru

Minat Mendalami Dunia Fashion? Ini Dia Daftar 8 Sekolah Fashion Terbaik di Dunia

Bidang fashion atau mode memang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Oleh karena itu memang benar jika dibilang bahwa dunia fashion atau mode tidak akan pernah mati dan selalu berkembang. Hal ini kemudian memunculkan fakta bahwa mendalami dunia fashion bisa sangat menguntungkan nantinya jika benar-benar serius dan bahkan dijadikan sebagai bidang pekerjaan untuk ditekuni.

Jika ingin melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi khususnya bidang fashion, tentu ada banyak hal yang bisa didapatkan dan akan sangat menunjang produktivitas dalam karir di dunia fashion nantinya. Kemampuan menggambar desain, proses penjahitan dan pembuatan, macam-macam pola potongan, teknik pemilihan bahan, dan berbagai hal lain seputar fashion akan bisa dipelajari dengan lebih komprehensif jika mengambil studi pada bidang fashion.

Selain kaitannya dengan kemampuan-kemampuan praktek dalam dunia fashion, pengetahuan seputar industri fashion itu sendiri juga akan bisa dipelajari lebih dalam seperti misalnya trend fashion, perkembangan industri fashion, distribusi, sumber daya, manufacturing, dan lain sebagainya. Intinya adalah jika ingin benar-benar terjun dalam dunia bisnis fashion, menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi di bidang fashion itu sangat penting.

Saat ini di dunia tentunya ada banyak sekolah khusus fashion yang menawarkan fasilitas masing-masing demi menarik minat para calon penguasa dunia fashion di masa depan. Nah, berikut ini adalah daftar sekolah fashion yang bisa dikategorikan sebagai yang terbaik untuk saat ini.

Parsons, The New School

1. Parsons, The New School (Amerika Serikat)
Program fashion marketing, fashion studies, dan fashion design adalah program-program yang ditawarkan oleh sekoah fashion terkemuka di Amerika Serikat ini. Beberapa tokoh ternama yang ternyata adalah lulusan sekolah ini misalnya Marc Jacobs, Alexander Wang, Donna Karen, Jason Wu, dan Tom Ford. Biaya untuk kuliah di sekolah ini dalam 1 tahun bisa mencapai 39.280 USD. Hubungan dengan lulusan dari sekolah ini selalu dijaga oleh pihak kampus agar jaringan dari kampus ini semakin luas. Informasi mengenai kampus ini ada di website resminya (link).

2. The Fashion Institute of Technology (Amerika Serikat)
Kampus fashion yang satu ini dikenal juga dengan sebutan MIT-nya dunia fashion. Styling, fashion design, marketing, dan juga bisnis merupakan program-program yang ditawarkan oleh sekolah fashion yang didirikan pada tahun 1944 ini. Saat ini sekitar 10.000 siswa menempuh studi di kampus ini yang nantinya akan mengikuti jejak lulusan ternamanya seperti Calvin Klein, Michael Kors, dan Carolina Herrera. Informasi lengkap mengenai kampus ini bis adilihat di website resminya (link)

3. Central Saint Martins (Inggris)
Sekolah fashion satu ini berlokasi di London, Inggris dan merupakan satu bagian dari University of the Arts London atau UAL yang khusus menawarkan program-program fashion. Christopher Kane, Alexander McQueen, Paul Smith, dan Stella McCartney merupakan beberapa lulusan ternama dari sekolah fashion satu ini. Gambaran biaya kuliah untuk jenjang S1 di kampus ini pada tahun 2014 – 2015 mencapai 25.000 USD untuk satu tahunnya. Informasi dari sekolah fashion ini bisa dilihat di website resminya (link

Royal College of Art

4. London College of Fashion (Inggris)
Sekolah ini ternyata juga masih bagian dari University of the Arts London. Selain fashion design sekolah ini juga menawarkan program fashion marketing, beauty, dan juga jurnalisme. Gambaran biaya kuliah dari sekoah ini tentu tidak jauh berbeda dengan Central Saint Martins karena memang masih satu bagian di UAL. Rupert Sanderson dan Jimmy Choo merupakan 2 nama populer yang dulunya menuntut ilmu di sekolah fashion satu ini. Jika ingin mendapatkan lebih banyak informasi dari sekolah ini bisa mengujungi website resminya (link).

5. Royal College of Art (Inggris)
Sekolah fasion satu ini juga berlokasi di London. Satu hal menarik dari sekolah fashion ini adalah bahwa sekolah ini menawarkan pengalaman kerja yang luar biasa di Burberry, Louis Vuitton, Givenchy, dan juga Prada. Biaya kuliahnya diperkirakan mencapai kisaran 42.000 USD untuk setiap tahunnya. Nama-nama populer yang merupakan lulusan dari sekolah ini antara lain Zandra Rhodes, Ossie Clark, dan juga Philip Treacy. Website resmi dari sekolah ini menampilkan segala informasi mengenai sekolah fashion ini (link).

6. Instituto Marangoni (Italia)
Sekolah fashion ini pusatnya di Italia yaitu di kota Milan. Akan tetapi sekolah ini juga memiliki cabang di kota Paris dan London. Fashion business, fashion design, brand management, fashion buying, serta fashion promotion adalah program-program yang ditawarkan selokah fashion ini. Kisaran biaya untuk menempuh studi di sekolah ini antara 17.670 USD hingga 25.550 USD. Nama-nama yang populer lulusan sekolah fashion ini meliputi Franco Moschino dan Domenico Dolce. Selengkapnya mengenai sekolah fashion ini bisa dilihat di website resminya (link)

Politecnico di Milano

7. Politecnico di Milano (Italia)
Sekolah fashion yang terletak di kota Milan ini didirikan pada tahun 1863 dan menjadi sekolah terbesar untuk bidang design, arsitektur, dan engineering. Saat ini kisarannya ada 40.000 siswa yang menempuh studi di sekolah fashion ini. Program-program yang ditawarkan oleh sekolah fashion ini adalah fashion design untuk S1 dan Design for the Fashion System untuk S2. Kunjungi website resminya untuk informasi lebih lanjut (link).

8. Ecole de la Chambre Syndicale de la Couture Parisienne (Perancis)
Fashion design and technique, baccalaureate, dan world-renowned coutoure adalah rogram-program yang ditawarkan oleh sekolah fashion ini. Perkiraan biaya kuliahya mencapai 13.230 USD untuk satu tahun studi di sekolah fashion ini. Lulusan ternama dari sekolah fashion ini antara lain adalah Yves Saint Laurent, Valentino, dan Andre Courreges. Website resmi dari sekolah fashion ini menyediakan berbagai informasi lengkap (link).

Sudah pasti dalam menentukan pilihan sekolah untuk melanjutkan studi akan ada pertimbangan masing-masing. Paling tidak, nama-nama sekolah fashion yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi acuan untuk mempermudah pertimbangan ketika memutuskan untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi di bidang fashion.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top