Artikel Terbaru

Panduan Pendaftaran Universities and Colleges Admissions Service (UCAS) untuk Kuliah di Inggris

Inggris memang menjadi salah satu negara favorit pilihan pelajar dan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi masing-masnig pada jenjang pendidikan tinggi. Jika ingin melanjutkan studi di Inggris pada jenjang pendidikan tinggi, satu istilah yang sering terdengar adalah sistem UCAS. Namanya jika tidak disingkat adalah Universities and Colleges Admissions Service yang merupakan sebuah sistem pendaftaran calon mahasiswa baru di Inggris.

Sistem UCAS ini diadakan untuk mempermudah proses pendaftaran mahasiswa baru yang berniat untuk kuliah di Inggris. Sistem ini melayani pendaftaran untuk hampir semua program sarjana penuh waktu yang ditawarkan oleh berbagai universitas atau perguruan tinggi di Inggris. Sistem atau program ini pada dasarnya mirip dengan SNMPTN jika di Indonesia yang menampung semua calon mahasiswa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana sistem ini berjalan jika ingin melanjutkan pendidikan di Inggris.

Sistem UCAS dibentuk pada tahun 1993 yang berawal dari penggabungan Universities Central Council on Admissions (UCCA), Polytechnics Central Admissions Service (PCAS), dan juga Standing Conference on University (SCUE). Saat ini hampir semua universitas atau perguruan tinggi di Inggris sudah tergabung dalam sistem UCAS sehingga benar jika memang pendaftaran kuliah di Inggris saat ini dilakukan melalui UCAS itu sendiri.


Sebagian  besar program studi di Inggris memiliki batas waktu pendaftarannya sebelum tanggal 15 Januari secara umum. Namun tentu ada banyak faktor lain juga yang mempengaruhi perbedaan batas waktu dari program yang berbeda-beda. Perkuliahan S1 di Inggris biasanya dimulai pada bulan September atau Oktober jadi memang benar jika batas akhir pendaftaran yang harus diingat adalah sebelum 15 Januari. Namun juga perlu diperhatikan bahwa untuk jurusan Kedokteran Gigi, Kedokteran, serta pendaftaran untuk kuliah di Oxford dan juga Cambridge wajib dilakukan atau dilengkapi 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai jadi pada bulan September atau Oktober juga.

Jika terpaksa sebenarnya pendaftaran bisa juga dilakukan setelah tanggal 15 Januari namun persaingan akan jauh lebih sulit karena bisa saja kuota satu program di sebuah universitas sudah penuh atau hampir penuh padahal itu program dan universitas yang diinginkan. Jadi memang benar jika semua hal terkait pendaftaran untuk kuliah di Inggris melalui UCAS ini harus benar-benar dipahami jauh-jauh hari sehingga persiapannya juga bisa dilakukan agar hasilnya nanti juga maksimal.

Selain harus memahami semua hal terkait dengan pendaftaran melalui UCAS, segala persyaratan dari masing-masing program yang dituju juga harus diperhatikan dan dipenuhi. Bukti kemampuan bahasa Inggris pada tingkatan tertentu biasanya akan dibutuhkan dan bisa jadi pada program berbeda tingkatannya juga akan berbeda. Informasi lebih lengkap mengenai hal ini bisa dilihat di halaman berikut ini (link).

Selebihnya jika ternyata dirasa ada informasi yang masih kurang jelas maka bisa mencoba untuk menghubungi pihak universitas atau perguruan tinggi yang dituju dengan terlebih dahulu membuka website resmi masing-masing. Ikuti dan lakukan prosedur yang sesuai untuk mendapatkan informasi langsung dari mereka kaitannya degan pendaftaran kuliah di Inggris. Asalkan memang dilakukan sesuai cara yang berlaku sudah pasti mereka akan membantu.


Langkah-Langkah Pendaftaran UCAS
Selajutnya berikut ini adalah langkah-langkah yang lengkap untuk melakukan pendaftaran melalui sistem UCAS guna melanjutkan studi di Inggris pada jenjang S1. Simak baik-baik dan jangan sampai ada yang tidak dipahami.

Pendaftaran Awal
Buka website resmi UCAS pada bagian pendaftaran (link) kemudian pilh bidang studi yang diinginkan untuk kuliah S1 di Inggris dan lengkapi data-data yang diminta disana.

Pemilihan Program Studi
Bagian selanjutnya adalah pemilihan program studi yang akan ditempuh ketika studi S1 di Inggris. Dalam memberikan pilihan program studi ini maksimal seorang pemohon hanya bisa memilih maksimal 5 program studi. Namun untuk bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan hanya bisa memilih hingga 4 program studi. Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa jika ingin mendaftarkan diri di Cambridge atau Oxford maka hanya bisa memilih salah satu saja. Pastikan dalam hal program studi ini sudah dipilih jauh-jauh hari dengan selalu memantau website resmi dari universitas-universitas yang menjadi target.

Penjelasan Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan
Pada bagian ini harus diisikan dengan lengkap mengenai jenjang-jenjang pendidikan yang sudah diselesaikan sebelumnya. Lengkapi juga dengan berbagai berbagai kualifikasi dan pencapaian yang sudah diraih selama menempuh pendidikan yang sudah selesai tersebut. Selain itu juga harus dicantumkan riwayat pekerjaan yang sudah pernah dilakukan baik itu full-time atau part-time.

Pernyataan Pribadi
Bagian ini adalah satu bagian penting dimana seorang pemohon harus bisa mendeskripsikan diri masing-masing sejelas mungkin dan dibuat sedemikian rupa agar bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Inggris. Alasan memilih Inggris, minat studi, dan kemampuan diri yang sesuai dengan bidang yang diinginkan termasuk dalam hal-hal yang harus ada dalam bagian ini.

Pendaftaran Akhir
Akhirnya ketika sudah lengkap semua data yang diminta dalam proses pendaftaran UCAS ini maka bisa pilih tanda “complete” lalu simpan dan pastikan untuk menyetujui persyaratan yang diberikan oleh UCAS. Selanjutnya isikan alamat email dan nomer telepon dari target yang bisa memberikan referensi mengenai pemohon pada halaman referensi yang disediakan UCAS. Pendaftaran melalui UCAS ini tidak gratis dan dikenakan biaya sebesar GBP12 untuk 1 program studi dan GBP23 jika lebih dari 1 program studi.

Pantau Perkembangan Pendaftaran
Selanjutnya gunakan profil UCAS yang sudah dibuat dalam proses pendaftaran tadi untuk selalu memantau perkembangan pendaftaran yang sudah dilakukan. Nantinya jika diterima maka pemohon akan mendapatkan Letter of Acceptance baik itu yang unconditional atau conditional.

Penentuan Pilihan Terakhir
Tahapan ini adalah sebuah tahapan yang penting untuk benar-benar memastikan bahwa pilihan yang terbuka adalah yang sesuai dengan minat serta keinginan untuk melanjutkan studi di Inggris. Pastikan benar-benar bahwa memang Letter of Acceptance yang diterima memang dari program dan universitas yang diinginkan. Dalam hal ini pemohon dapat membuat 1 pilihan pasti dan 1 pilihan cadangan mengenai studi yang akan diambil. Jika sudah dipastikan pilihannya maka nantinya pihak UCAS akan mengirimkan surat konfirmasi mengenai apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Permulaan Studi
Selanjutnya tentu adalah awal dari studi di Inggris setelah semua prosedur pendaftaran di UCAS selesai. Pastikan bahwa segala sesuatu terkait dengan kuliah di Inggris sudah disiapkan sebelumnya jadi tidak akan ada gangguan pada awal masa studi tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai UCAS dan berbagai syarat serta ketentuannya bisa didapatkan dengan mengunjungi halaman resmi dari UCAS (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top