Artikel Terbaru

Program Beasiswa Stipendium Hungaricum untuk Kuliah di Hungaria

Mungkin nama Hungaria bukanlah sebuah nama yang populer sebagai tujuan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi, namun tidak berarti bahwa tidak ada beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk kuliah disana. Program Beasiswa Stipendium Hungaricum adalah sebuah program beasiswa dari Pemerintah Hungaria yang ditawarkan bagi mahasiswa internasional untuk bisa menempuh studi di Hungaria.

Program beasiswa ini dimulai pada tahun 2013 oleh Pemerintah Hungaria yang menugaskan Tempus Public Foundation sebagai organisasi pengelolanya. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional yang menempuh studi di Hungaria dan sekaligus mendorong pihak penyedia pendidikan tinggi di Hungaria untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa internasional. Sampai saat ini ada sekitar 50 pihak sebagai sending partners dari program ini dari seluruh penjuru dunia.

Program Stipendium Hungaricum ini tersedia untuk berbagai jenjang studi mulai dari bachelor, one-tier master, master, doctoral, dan non-degree programmes. Beberapa dari program tersebut ada yang tersedia dalam pilihan full-time dan part-time yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pada operiode 2016/2017 sekitar 3000 mahasiswa baru bisa mulai menempuh studi masing-masing di Hungaria melalui program Stipendium Hungaricum ini.


Rincian Beasiswa
Sebelum memutuskan untuk menggunakan bantuan dari sebuah beasiswa akan lebih baik untuk mengetahui cakupan dari pembiayaan yang didukung sepenuhnya oleh beasiswa tersebut. Dalam hal cakupan pembiayaan, Stipendium Hungaricum ini akan menanggung biaya-biaya berikut ini:

   • Biaya kuliah penuh 
   • Tunjangan bulanan yang terbagi menjadi:
     o   Program non-degree, master, one-tier master, dan bachelor akan mendapatan tunjangan sebesar HUF 40.460 per bulan sampai masa studi selesai
     o   Program doctoral akan mendapatkan tunjangan sebesar HUF 100.000 per bulan sampai masa studi selesai dengan adanya kemungkinan penambahan jumlah yang diberikan
   • Tunjangan akomodasi sebesar HUF 30.000 per bulan selama masa pemberian beasiswa
   • Asuransi kesehatan dan berbagai biaya terkait kesehatan penerima beasiswa secara penuh

Syarat dan Kriteria Beasiswa
Program ini tidak diperbolehkan bagi warga negara Hungaria termasuk bagi yang memiliki kewarganegaraan ganda dimana 1 diantaranya adalah Hungaria. Selain itu jika pemohon adalah penerima Stipendium Hungaricum dan berniat untuk menempuh studi pada jenjang atau program yang sama maka tidak bisa mengajukan permohonan beasiswa ini.

Program Stipendium Hungaricum ini merupakan sebuah kerja sama antara Ministry of Human Capacities of Hungary dengan Kementerian yang terkait dengan pendidikan tinggi dari sending partners atau negara-negara yang mendukung program ini. Sebutan sending partners mengacu pada fakta bahwa pemohon akan diizinkan untuk mengikuti seleksi program beasiswa ini hanya jika dinominasikan oleh pihak yang berwenang dari negara asal pemohon. Jadi misal pemohon berasal dari Indonesia maka harus dinominasikan terlebih dahulu oleh Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena sesuai dengan ketentuan dari Tempus Public Foundation bahwa hanya pihak yang berwenang dalam hal pendidikan tinggi dari negara asal pemohon yang boleh menominasikan pemohon.

Adanya pilihan program full-time dan part-time ternyata menjadikan perbedaan dalam hal sending partners yang boleh menominasikan dan mengirimkan wakilnya untuk mengikuti seleksi program ini. Khusus untuk program full-time peohon dari sending partners berikut ini boleh dinominasikan:

Algeria, Angola, Argentina, Azerbaijan, Belarus, Bosnia Herzegovina, Cambodia, China, Colombia, Ecuador, Egypt, Georgia, Ghana, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Jordan, Kazakhstan, Kenya, Korea, Kosovo, Kurdistan, Laos, Lebanon, Macedonia, Mexico, Moldova, Mongolia, Morocco, Myanmar, Namibia, Nigeria, Pakistan, Palestine, Philippines, Russia, Serbia, Syria, Tunisia, Turkey, Turkmenistan, Ukraine, Uruguay, Vietnam, Yemen.

Selanjutnya untuk program part-time, hanya sending partners berikut ini saja yang boleh menominasikan dan mengirimkan peserta:

Belarus, Cambodia, China, Georgia, India, Iran, Japan, Korea, Laos, Lebanon, Mexico, Mongolia, Myanmar, Turkey, Vietnam


Kontak Beasiswa
Informasi lebih lengkap mengenai program Stipendium Hungaricum ini disediakan oleh unit khusus Stipendium Hungaricum dari Tempus Public Foundation melalui:

Website: link 
Email: stipendiumhungaricum@tpf.hu 
Skype: stipendiumhungaricum
        Phone: +36-1-236-5040

Penjelasan mengenai hal-hal yang sering ditanyakan mengenai program ini tersedia di halaman berikut (link). Selain itu jika memungkinkan bisa mengunjungi langsung kantor dari Tempus Public Foundation di Hungaria dengan rincian alamat sebagai berikut:

H-1077 Budapest, Kethly Anna ter 1
Postal address: H-1438 Budapest 70, PO Box 508
        Phone: +36-1-237-1300
        Fax: +36-1-239-1329
        Infoline: +36-1-237-1320

Pastikan sebelum mengunjungi kantor dari Tempus Public Foundation sudah terlebih dulu mengisi formulir yang disediakan untuk pengunjung di halaman berikut (link). Satu hal lagi yang paling penting adalah pendaftaran dari beasiswa ini yang bisa dilihat di halaman berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top