Artikel Terbaru

Tips Belajar dan Latihan IELTS Secara Mandiri

Hingga saat ini bahasa Inggris masih menjadi satu hal yang menakutkan bagi banyak orang di Indonesia khususnya mahasiswa dan pelajar. Padahal jika ditelaah, saat ini bahasa Inggris sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dalam berbagai aspek apalagi dalam lingkup dunia pendidikan. Kemasan-kemasan makanan saja sudah pasti menggunakan bahasa Inggris apalagi buku-buku sebagai referensi kuliah. Hal ini akan semakin parah jika ternyata ada keinginan untuk kuliah ke luar negeri khususnya ke negara-negara dengan perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Dalam seleksi untuk beasiswa kuliah ke luar negeri biasanya ada tes kemampuan menggunakan bahasa Inggris yang bisa berupa TOEFL atau IELTS. Bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah ke luar negeri seringkali dalam hal TOEFL atau IELTS ini sudah minder dan takut padahal belum mencoba dan menjalaninya sendiri. Semakin banyaknya peminat kuliah ke luar negeri tentu kemudian memunculkan juga banyak buku panduan, paket latihan, dan juga berbagai kursus yang fungsinya adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes-test tersebut dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Namun tentu saja dari segi biaya akan dibutuhkan jumlah yang tidak sedikit untuk hal-hal seperti itu. Lalu, bagaimana solusinya?

Satu solusi paling mudah adalah tentu dengan belajar secara mandiri atau otodidak. Apakah hal itu mungkin? Sebenarnya mengenai mungkin atau tidak itu hanya pemikiran saja. Jika sedari awal sudah berpikir bahwa itu tidak mungkin maka nantinya akan benar-benar tidak terjadi. Namun jika dari awal sudah yakin bahwa itu pasti bisa ya pasti akan bisa atau mungkin terjadi. Jadi, bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mempersiapkan diri untuk tes kemampuan bahasa Inggris khususnya IELTS secara maksimal?


Listening
Bagian ini sering dianggap sebagai bagian paling susah dalam IELTS karena sudah tentu aksen berbicara penutur asli bahas Inggris akan sangat luwes sehingga sulit memisahkan kata-kata yang diucapkan. Penting untuk latihan sesering mungkin dan berkelanjutan dalam meningkatkan kemampuan listening untuk tes IELTS. Dalam tes nantinya yang harus diingat adalah konteks jadi baca dahulu materi tulisan yang disediakan sebelum rekaman audio diputar dan diperdengarkan. Hal ini akan memberikan gambaran awal mengenai konteks dari materi audio tersebut nantinya sehingga pada saat mendengarkan akan menjadi listening for purpose yang sudah pasti akan lebih efektif hasilnya. Intinya ketika sudah tahu apa yang dicari maka akan lebih mudah untuk fokus daripada tidak tahu harus mencari apa dan malah tidak sepenuhnya fokus dalam mendengarkan.

Reading
Selanjutnya bagian ini adalah bagian yang sering dianggap tidak memberikan waktu yang sesuai dengan materi dan soal yang diberikan. Memang benar bahwa waktunya sangat terbatas untuk menyelesaikan 13 pertanyaan dalam 3 sesi berbeda. Namun hal tersebut tidak menjadikannya tidak mungkin. Dalam memaksimalkan bagian reading di tes IELTS bisa dimulai dengan membaca kalimat pertama dari masing-masing paragraf pada bacaan yang disediakan. Hal ini akan memberikan gambaran umum akan paragraf-paragraf tersebut. Selanjutnya bisa membaca dulu semua soalnya dimana hal ini akan memberikan gambaran akan apa yang harus dicari untuk menjawab soal-soal yang tersedia. Selanjutnya setelah mengetahui apa yang harus dicari dan juga sudah mengetahui garis besar dari setiap paragrfa maka tinggal mencari saja jawan dari pertanyaan yang ada sesuai paragraf dengan materi masing-masing. Misalkan pertanyaan pertama dirasa sesuai dengan garis besar pada paragraf kedua maka lanjutkan dengan membaca paragraf kedua hingga menemukan jawabannya. Satu hal yang wajib diingat adalah jangan pernah membaca semua bacaannya terlebih dahulu sebelum memahami soal yang tersedia karena akan percuma saja.


Writing
Bagian ini ternyata juga dianggap sulit oleh kebanyakkan pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang mungkin sebagian besar belum terbiasa dalam menulis essay. Akan tetapi jika berniat untuk kuliah di Inggris misalnya, essay adala santapan sehari-hari dari mhasiswa di Inggris. Selain itu memang benar juga bahwa pada akhirnya essay adalah dasar dan awal dari tugas-tugas akhir dari kuliah di Inggris tadi khususnya pada jenjang S2 dan juga S3. Sebuah keharusan dalam menulis essay dengan tata bahasa yang benar disertai data yang akurat serta jumlah kata yang sesuai karna hal tersebut saja hanya akan memberikan nilai 6.0 biasanya. Selebihnya jika ingin meningkatkan nilai dari bagian writing harus bisa dengan mengungkapkan ide dalm struktur kalimat yang beragam lalu menggunakan berbagai pilihan kata yang beragam juga. Selain it akan menjadi nilai lebih juga jika ada penggunaan kata-kata yang jarang dipakai serta memang hanya bisa sesuai jika digunakan pada materi tertentu. Selanjutnya bagian kedua dari tes writing adalah mengenai critical thinking yang juga tidak biasa ada di Indonesia. Jadi memang intinya ya harus sering-sering dicoba dengan menggunakan berbagai sumber sebagai referensi.

Speaking
Bagian speaking yang perlu diperhatikan adalah adanya kesalahan yang dibuat tanpa disadari. Hal ini sangat wajar karena memang pada dasarnya susunan kalimat dalam bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia tidak ada v1, v2, dan v3 padahal dalam bahasa Inggris ada hal tersebut. Selain itu ada juga penggunaan article the, an, dan a yang bisa cukup membingungkan jika belum terbiasa. Ya, jika belum terbiasa. Jadi memang benar bahwa kuncinya adalah untuk membiasakan diri dengan bahasa Inggris khususnya dalam bahasa percakapan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam hal ini adalah dengan merekam ketika sedang berlatih untuk kemudian menelaah sendiri rekaman tersebut. Seharusnya akan bisa diketahui bagian mana yang salah atau kurang dan kemudian akan bisa diperbaiki untuk selanjutnya.

Itu tadi adalah berapa hal yang merupakan tips-tips kaitannya dengan IELTS. Namun perlu diingat bahwa bisa saja setiap orang membutuhkan tips yang berbeda-beda tergantung dari kebiasaan dan cara belajar masing-masing. Well, tetap saja hal-hal yang sudah disebutkan tadi layak dilakukan.


====================================================================


Mau tahu cara dapat skor IELTS 7.0 dengan metode yang asyik, mudah, dan murah?

Kamu ingin belajar IELTS tapi takut mahal? Ingin cepat menguasai IELTS? Ingin tahu strategi jitu di tiap sectionnya? Atau… kamu butuh IELTS 7.0 tapi nggak lulus-lulus?

Lalu, apa solusinya?

Daripada rugi umur & uang berjuta-juta, kamu cukup BACA IELTS KILLER: PANDUANMU UNTUK TAKLUKKAN SKOR 7.0 



Apa saja yang ada dalam buku ini?

Paket IELTS Killer ini berisi:
1.Buku setebal 295 halaman yang akan menjaga mimpimu meraih skor IELTS tinggi.
2.Workbook lengkap: Listening, Reading, Speaking, Writing
3.Video tutorial durasi 20 jam+!
4.Video sharing pengalaman IELTS Test takers dengan skor 7.0- 8.5

Harga spesial paket IELTS KILLER (Buku + DVD) adalah Rp. 157.000 yang sangat gampang sekali didapatkan cukup dengan KLIK tombol dibawah ini.


Dengan skor IELTS tinggi, pasti jalanmu akan lebih mudah. Mau cari beasiswa ke luar negeri? Bisa! Mau bekerja di perusahaan multinasional? Bisa! Mau melamar ke universitas top yang jadi impianmu? Bisa!


Buku ini dicetak terbatas. Amankan jatahmu sebelum stoknya habis. Untuk pemesanan sekarang, bonus spesial FREE ONGKIR ke seluruh Indonesia serta JAMINAN KEPUASAN 100% uang kembali.

PIN BBM: 5D500159
SMS/WA : 0823-0016-6669
LINE: @inspirabook
official.inspirabook@gmail.com
www.inspirabook.com
Jl. Pasir no. 35 Patuk Gamping Sleman Yogyakarta

Telp: (0274) 5305734




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top