Universitas dengan Jurusan Teknik dan Teknologi yang Terbaik di Jerman

Jerman sebagai salah satu negara di kawasan Eropa sudah tidak perlu diragukan lagi dalam berbagai hal yang salah satunya adalah kualitas pendidikan khususnya pada bidang teknologi dan teknik. Bahkan jika menoleh kembali pada masa kelam Perang Dunia II sebenarnya banyak ide brilian dalam hal teknologi dan teknik yang ditemukan oleh orang-orang Jerman namun layu sebelum berkembang karena pihak Jerman berhasil dikalahkan.
Meninggalkan masa lalu tersebut dan kemudian beranjak pada masa kini ternyata Jerman masih unggul dalam bidang teknik dan juga teknologi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa universitas di Jerman yang dijadikan pilihan utama oleh mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia yang ingin melanjutkan studi khususnya pada bidang teknik atau teknologi. Sudah tentu mahasiswa dari Indonesia juga bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas berikut ini jika memang sangat tertarik untuk menekuni bidang teknik dan teknologi.

5. Karlsruher Institut fur Technologie (link)
Institut teknologi ini berada dalam peringkat 10 besar universitas di kawasan Eropa pada program Teknik dan Sains. Kualitas pengajaran dari Karlsruher Institut fur Technologie sejalan dengan kualitas penelitian disana yaitu dalam tingkatan yang tinggi. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang menjadikannya terkenal di dunia dalam sains dan teknik. Selain berbagai jurusan pada bidang sains dan teknik yang berkualitas, di KIT juga tersedia penelitian ekstensif kelas dunia dalam bidang teknologi nuklir. Universitas ini juga menyediakan pilihan program dalam bahasa Inggris yang lagi-lagi menambah daya tarik mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di KIT. Jadi tunggu apa lagi? Segera kembangkan kemampuan sains dan teknik di KIT.


4. Technische Universitat Munchen (link)
Universitas yang berlokasi di kota Munchen ini adalah sebuah universitas bergengsi dengan berbagai program pelatihan yang ditawarkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Satu hal menarik dari universitas ini adalah bahwa universitas ini sanggup menarik minat penyandang dana dalam jumlah besar untuk keperluan riset dan proyek. Salah satu investor terbesar di universitas ini adalah Dewan Riset Eropa (European Research Council) yang sangat dermawan dalam menjamin berbagai kegiatan berbau sains dan teknologi untuk menciptakan banyak peluang di kemudian hari. Ada juga kerja sama dengan Cambridge University, National University of Singapore, Nanyang Technological University, University of California at Berkeley, MIT, dan sebagainya guna menjamin tersedianya dan terbukanya kesempatan untuk lebih mengembangkan diri dan juga bidang ilmu yang terkait dengan sains dan teknologi.


3. Technische Universitat Berlin (link)
Universitas selanjutnya dalam daftar universitas teraik di Jerman pada jurusan sains dan teknik serta teknologi adalah Technische Universitat Berlin. Universitas ini menganut dan mengikuti semua tren modern dalam hal atau bidang pendidikan ilmu teknik. Mahasiswa baru di universitas ini akan sangat didukung secara aktif dan intensif oleh pihak universitas agar mampu lebih mengembangkan teknologi tinggi sesuai bidang dan minat khusus masing-masing. Satu hal yang menarik dari universitas ini adalah ada total 10 penerima Nobel Prize dari universitas ini. Dalam hal peringkat di dunia pada bidang Teknik dan Teknologi, universitas ini berada pada peringkat 44. Universitas ini menjadi salah satu anggota dari the Association of European Engineering Universities yang hal ini sangat memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar ganda.


2. Technische Universitat Dresden (link)
Peringkat kedua dari 5 besar universitas terbaik di Jerman dalam bidang sains dan teknologi adalah Technische Universitat Dresden. Reputasi dari perguruan tinggi ini sudah terdengar luas di Jerman dan Eropa. Universitas ini menjadi pendidik mahasiswa teknik terbesar di Jerman yang mayorita dari mahasiswanya adalah mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut disebabkan karena universitas ini memberikan peluang luar biasa dalam hal penelitian dengan kurikulum interdisipliner. Jurusan nanoteknologi dan mikroeletronika adalah 2 jurusan di universitas ini yang juga memang dipelopori oleh Technisch Universitat Dresden. Luar biasanya di universitas ini tersedia 10 pusat penelitian untuk jurusan-jurusan seperti teknik informatika, logistik & transportasi, mesin, teknik elektro, dan tentu saja pada nanoteknologi dan mikroelektronika.


1. RWTH Aachen (link)
Universitas dengan nama Rhine-Westphalian Technical University in Aachen ini merupakan salah satu institusi penelitian ternama di Eropa. BJ Habibie yang pernah menjabat sebagai presiden Indonesia dulunya menempuh pendidikan disana. Usianya sudah lebih dari 100 tahun dari awal didirikan sehingga membuat RWTH Aachen tidak perlu diragukan lagi dalam hal kualitas pendidikannya. Spesialisasinya memang adalah sains dan teknik yang memberikan berbagai program pelatihan serta praktek guna mempersiapkan mahasiswanya agar siap bekerja setelah lulus nanti. Alumni dari universitas ini banyak dicari oleh berbagai pihak karena jaminan kemampuan dan ilmunya dalam bidang sains dan teknik baik itu di kawasan Eropa maupun secara internasional di dunia.


Jadi, sudah ditentukan mana pilihan utama untuk melanjutkan studi pada bidang sains dan teknik di Jerman?



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.